×

Tips Rahasia Agar Proses Persalinan Tanpa Stres

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Berbagai jenis hal pasti terjadi saat proses persalinan ini tiba. Stres, takut, cemas dan deg degan pasti menjadi hal yang dirsakan oleh para orang tua terutama ibu yang akan melahirkan. Perlu diketahui bahwa stres mejadi salah sau penghambat proses persalinan. Proses persalinan yang lancar dan mudah ini dapat anda rasakan saat anda terhindar dari masalah stres. Sebenarnya, ada beberapa tips rahasia agar proses persalinan tanpa stres, hal ini di antaranya adalah :

  • Mandi Dengan Menggunakan Air Hangat
    Sakit yang tak tertahan sering kali terjadi saat para ibu sedang dalam masa persalinan. Menurut salah satu penelitian menyebutkan bahwa mandi dengan menggunakan air hangat sangat disarankan bagi anda yang sedang menunggu waktu persalinan. Hal ini dapat membuat sensai seperti pemijatan.
  • Memastikan Kesehatan Tubuh Anda
    Resiko memiliki proses persalinan stres ini akan berkurang ketika anda memastikan kesehatan tubuh anda. Memastikan kesehatan tubuh anda dengan baik dan sehat ini memang perlu karena ini merupakan salah satu hal yang dapat mengurangi stres pada proses persalinan.
  • Pijatan Suami
    Tips rahasia agar proses persalinan tanpa stres ini adalah dengan pijatan suami. Jika suami memijat istri saat proses persalinan tiba, hal ini bisa mengurangi rasa sakit dan telah terbukti. Hal ini dilakukan penelitian oleh Touch Research Institute pada University of Miami School of Medicine. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dengan pijatan suami ini, anda akan terhindar dari masalah nyeri pada tubuh saat proses persalinan tiba.
  • Dukungan Keluarga Dan Suami
    Jika anda mendapatkan dukungan dari suami dan keluarga, hal ini dapat mencegah berbagai jenis hal yang terjadi dan juga mampu membuat tubuh kita menjdi rileks. Waktu proses kelahiran yang lebih singkat juga bisa dirakan oleh anda yang memiliki dukunagn penuh dari suami dan pihak keluarga.
  • Mengatur Nafas
    Saat anda ingin mendapatkan proses kontraksi yang benar, sebaiknya anda mengatur napas anda agar fokus. Nafas yang teratur ini akan membuat anda menjadi nyaman dan akan mempbuat posisi anda semakin enak sehingga proses persalinan pun akan berjalan dengan lancar.
  • Melakukan Kegiatan Yang Asik
    Biasanya proses persalinan yang lama bisa terjadi 12-14 jam. Hal yang perlu dilakukan saat kontraksi mulai datang pada bagian perut bagian bawah atau bahkan punggung belakang, sebaiknya anda tetap tenang. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa apabila dalam proses persalinan anda tidak tenang, hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri kontraksi yang begitu sangat terasa. Jika kontaksi mulai datang, sebaiknya anda melakukan kegiatan yang asik seperti berjalan kaki untuk mengalihkan perhatian rasa sakit ini. Selain itu, mempercepat  persalinan dengan memijat puting payudara juga perlu anda lakukan agar mendapatkan proses persalinan dengan segera.
  • Mengubah Posisi Tubuh
    Banyak para calon ibu yang sering kali males berbalik badan ketika mendapatkan kontraksi karena takut akan ada rasa sakit. Sebenarnya hal ini tidak seutuhnya benar. Banyak para calon ibu yang merasakan dengan bergeser unuk posisi yang nyaman justru akan mengurangi rasa sakit yang terjadi ini. Ini menjdai salah satu cara untuk anda, seperti dengan berjongkok, berlutut dan bahkan berdiri. Cara ini menjadi salah satu cara yang memang bisa dilakukan.

Itulah tips rahasia agar proses persalinan tanpa stres. Masih banyak lagi cara cara lainnya yang memang perlu dilakukan agar mendapatkan proses persalinan yang sempurna dan terhindar dari rasa sakit ini.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 16, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

  • Oleh : Ai Ni
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

  • Oleh : Ai Ni
  • Haid tidak teratur

  • Oleh : Fitriani Ani
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ,,nama saya fitriani usia 24 thn suami 25 thn ,saya menikah sudah 11 bulan tapi blm juga hamil ,semenjak saya nukah haid saya tidak teratur sampe 3 bln sekali haid nya ,,saya pingin sekali punya momongan kmrin saya cek ke dokter kandungan hasil nya rahim saya kecil 😢 apa saya bisa hamil bu bidan mohon untuk penjelasan nya
    Trimakasih
    Wassalamualikum

    curhat

  • Oleh : Aini Muti
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

    Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan berlebih selama kehamilan

  • Oleh : Nita Mustika
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat Pagi,
    Saya Nina saya mau bertanya, bagaimana Cara Pencegahan Pregobesity/kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan pada Ibu Hamil ?

    Tentang KB

  • Oleh : rika meirina
  • 10 bulan yang lalu

    hallo bu dok saya mau nanya
    kemaren saya suntik kb 1 bulan umur saya 21 tahun apakah itu aman?
    dan di bulan selanjutnya saya tidak lagi suntik apakah saya masih bisa hamil? karna saya sudah menikah 1 tahun lebih tapi tidak ada tanda2 kehamilan , apakah saya harus mancing kehamilan dengan pil kb? Terimakasih bu dok🙏🏻

    Tanya Bidan