×

Waktu Yang Tepat Untuk Mengejan Saat Proses Persalinan

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Mengejan merupakan salah satu hal yang memang perlu dilakukan bagi anda yang sedang ingin melahirkan dengan cara yang normal. Namun perlu diketahui, bahwa tidak sembarangan waktu untuk ibu hamil mengejan saat proses persalinan karena hal ini justru bisa menimbulkan bahaya bahaya bagi kesehatan tubuh anda ini. Jika anda melakukan proses mengejan dengan cara dan waktu yang kurang tepat, ini justru bisa membahayakan keselamatan anda dan janin anda. Perlu diketahui bahwa ada beberapa waktu atau titik untuk mengedan dengan tepat agar mendapatkan proses persalinan yang lancar dan anak yang sehat.

Sebenarnya, ada 3 waktu yang tepat untuk mengejan saat proses persalinan tiba diantaranya adalah apabila pasien telah merasakan dorongan perineum menonjol,kepala bayi sudah ada di dasar panggul dan apabila pembukaan sudah lengkap. Apabila anda telah merasakan hal tersebut, berarti anda sudah memasuki waktu yang memang tepat untuk mengedan. Jika memang belum waktu nya namun ibu memaksakan untuk mengedan, hal ini bisa membahayakan kesehatan ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan anda. Kondisi ibu yang tenang dan kehadiran pihak keluarga ini memang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil karena ini bisa menjadi salah satu hal yang mampu mengurangi kecemasan dan rasa sakit yang dirsakan oleh para ibu yang akan melahirkan ini.

Sebelum memasuki proses persalinan, sebaiknya anda mengetahui bagau mana tehnik yang tepat dalam mengambil pernafasan ini seperti hal nya dengan melakukan latihan senam ibu hamil. Kondisi ini menjadi salah satu kondisi yang bisa membuat anda menjadi lebih sehat dan bahkan anda akan terhindar dari berbagai jenis masalah yang membahayakan kesehatan tubuh anda ini. Perlu diketahui bahwa mengejan dengan cara yang salah ini merupakan salah satu kondisi yang justru bisa membahayakan kesehatan bayi dan tidak lantas bisa mempercepat masuknya keluarnya bayi. Kondisi ini merupakan salah satu kondisi yang memang perlu diperhatikan oleh kita agar mendapatkan persalinan yang sempurna.

Yang disebut dengan mengejan dengan salah ini merupakan salah satu kondisi dimana kita mengejan namun mengeluarkan tenaga yang justru mengumpul dibagian tenggoroak sehingga membuat muka dan mata kita justru menjadi merah. Ini merupakan salah satu kondisi yang memang salah dimana hal ini justru bisa menimbulkan hal hal yang memang sangat kurang baik bagi kesehatan janin yang ada di dalam tubuh anda ini. Jika kita melakukan mengejan dengan cara yang salah, justru janin yang ada di dalam tubuh kita ini tidak akan turun turun dan bahkan akan terjadi persalinan yang lambat. Jika hal ini terjadi, biasanya dokter justru akan melakukan tindakan vakum untuk membantu mengeluarkan janin yang ada didalam rahim yang terlalu lama ini.

Perlu diketahui, bahwa cara mengejan yang benar adalah dengan mengeluarkan seperti saat kita ingin buang air besar. Kondisi ini merupakan kondisi yang sangat wajar dirasakan karena hal ini terjadi akibat saat proses persalinan rasa ingin buang air besar ini terjadi akibat saraf di bagian bawah saat kepala bayi menurun mengenai saraf dan timbul rasa ingin buang air besar ini. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah, saat ibu sedang mengedan sangat tidak disarankan untuk mengangkat pantat, karena ini merupakan salah satu hal yang justru bisa menimbulkan masalah masalah seperti mampu memperluas robekan yang akhirnya perlu untuk dilakukan nya jaitan pada bagian vagina.

                     Baca Juga : Jenis Anggaran Yang Perlu Diperhatikan

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 2, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    hamil tapi masih perawan

  • Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

    Persalinan Caesar

  • Oleh : Day
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Persalinan pertama saya mengalami gangguan medis yang mengharuskan saya operasi caesar, dan yang mau saya tanyakan adakah resiko bagi saya yang sebelumnya melakukan operasi caesar, dan lantas dikehamilan kedua saya ingin memlih jalan persalinan normal ? Mohon penjelasannya bu bidan

    Aisyah Putri Setiawan

  • Oleh : Bunga Handayani
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    cara menjaga kehamilan

  • Oleh : nana sutyana
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    bu bidan, bagaimana cara menjaga kehamilan supaya baik dan tetap sehat hingga tiba waktu kelahiran?

    Anak Batuk

  • Oleh : Lutfi Maharani
  • 6 bulan yang lalu

    Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan