×

Waspada Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Tinggi

Bagikan Artikel :

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa persalinan merupakan salah satu hal yang bisa disebut untuk mempertaruhkan hidup dan mati. Tidak jarang, banyak diantara para wanita mengalami masalah saat proses persalinan seperti kematian ini. Angka kematian ibu saat melahirkan ini memang terus menerus meningkat dan juga mengakibatkan hal hal lainnya. Meskipun saat ini jumlah kematian bayi saat proses dilahirkan ini berkurang, namun memang peningkatan terus terjadi pada persalinan. Memang, banyak faktor yang mengakibatkan kematian seorang ibu saat melahirkan ini, salah satunya akibat adanya keterlambatan proses persalinan ini.Saat ini hampir 90% wanita meninggal setelah persalinan atau bahkan saat proses persalinan ini dilakukan, serta banyak juga jenis faktor penyebab kematian lainnya yang mengakibatkan adanya masalah pada yang satu ini.Memang, saat ini ada tiga risiko yang bisa mengakibatkan keterlambatan proses persalinan ini seperti akibat adanya keterlambatannya proses persalinan dan penanganan oleh pihak medis, terlambat mengetahui tentang tanda bahaya pada kandungan atau bahkan akibat terlambatnya kita datang kebagian fasilitas kesehatan dengan keadaan yang darurat yang bisa membuat semakin tingginya angka kematian.

Related Posts :

    Waspada angka kematian ibu melahirkan masih tinggi ini memang diungkapkan oleh salah satu dokter yang selalu menangani proses persalinan. Berbeda dengan para ibu yang sering meninggal saat proses persalinan, justru angka kematian pada anak ini biasanya terjadi pada 28 hari pertama kehidupan atau yang disebut dengan masa neonatal. Adanya masalah kesehatan pada bayi ini terjadi akibat kelahiran prematur, berat badan bayi yang kurang, adanya masalah infeksi dan kegagalan bernafas spontan serta bisa juga akibat adanya pendarahan disaat masa persalinan ini terjadi. Selain hal di atas, yang juga diyakini bisa menurunkan masalah kesehatan saat proses persalinan juga diakibatkan melakukan proses persalinan dengan menggunakan jasa dukun beranak, dimana dukun beranak ini belum begitu terlatih dan bahkan bisa menimbulkan masalah masalah yang memang kurang baik bagi proses persalinan.

    Hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan oleh pihak pemerintahan untuk mencegah adanya masalah saat proses persalinan ini adalah dengan mengadakan posyandu, guna untuk membuat para ibu hamil selalu mengecek kehamilannya agar tidak ada lagi kenaikan angka kematian saat proses melahirkan ini terjadi. Tidak hanya itu saja, hal yang juga perlu diperhatikan adalah tentang kecepatan dan juga kecerdasan para bidan dalam menangani masalah yang satu ini. Dengan kecepatan bidan ini lah, maka dapat memperlancar proses persalinan para ibu hamil. Hal ini sangat disarankan agar bisa mencegah hal hal yang buruk terjadi saat proses persalinan ini tiba. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan bahwa banyak hal hal yang memang perlu di perhatikan pada tubuh ini. Hal yang diharapkan pemerintah adalah setiap dokter memiliki peralatan yang memang memadai guna untuk mengatasi masalah masalah pada saat proses persalinan ini terjadi dan mencegah adanya masalah saat proses persalinan tiba.

    Informasi Tentang Episiotomi Pada Persalinan | Bidan Online

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 21, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Fitriani Ani
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ,,nama saya fitriani usia 24 thn suami 25 thn ,saya menikah sudah 11 bulan tapi blm juga hamil ,semenjak saya nukah haid saya tidak teratur sampe 3 bln sekali haid nya ,,saya pingin sekali punya momongan kmrin saya cek ke dokter kandungan hasil nya rahim saya kecil 😢 apa saya bisa hamil bu bidan mohon untuk penjelasan nya
    Trimakasih
    Wassalamualikum

    Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

    Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Rennym
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    Haid yang sebentar

  • Oleh : Eka putri Komalasari
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore bidan ,
    Saya ingin bertanya ,saya mengalami flek menstruasi di tgl 22 jan 2020 pada mlm hari .
    Dan keluar darah mens seperti biasa nya tp pd saat besok hari nya di tgl 23 pagi nya darah nya berhenti , dan sore hari nya darah mens sedikit .
    Apakah itu normal bu bidan ?
    Terimakasih.

    Tanya Bidan