Pilihan Makanan Sehat Untuk Anak Di Musim Hujan

Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan anak, terlebih saat musim hujan menjelang seperti sekarang. Sebab berbagai jenis penyakit sering kali berdatangan, akibat infeksi mikroorganisme serta perkembangan virus dan bakteri yang lebih cepat, yang sangat mudah menyerang imunitas tubuh anak khususnya.

Imunitas adalah salah satu sistem mekanisme pada organisme tubuh anak yang dapat melindungi tubuh anak dari berbagai pengaruh lingkungan terutama dalam mengidentifikasi berbagai sel-sel jahat yang dapat membahayakan tubuh. dalam tubuh, seperti sel tumor, infeksi bakteri, jamur, cacing dan virus. Dan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi sistem imunitas adalah makanan.

Pilihan makanan sehat untuk anak di musim hujan

Berikut tim bidan online akan paparkan asupan nutrisi atau makanan sehat untuk anak ketika pada hujan, sehingga dapat mencegah anak mengurangi resiko terkena penyakit.

  • Susu Kedelai

Menurut penelitian yang di lakukan, bahwasannya susu kedelai mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, tentunya khasiat dan manfaat yang dimilikinya juga sangatlah tinggi terlebih untuk anak. Beberapa manfaatnya adalah dapat melancarkan metabolisme tubuh, perbaikan sel-sel yang rusak, menjadikan sumber energi dan penambah imunitas. Hal ini berhubungan dengan kandungan flavonoids yang terkandung dalam susu kedelai, yang terbentuk dari kandungan asam amino dan vitamin, sehingga dapat mencegah penyakit di musim penghujan.

  • Makanan yang mengandung zink

Mengonsumsi makanan yang mengandung zink yang tinggi juga dapat menjadi suatu awal yang baik untuk mengingkatkan imunitas anak. Zink sendiri merupakan salah satu unsur kehidupan yang sangat baik, dan salah satunya terdapat dalam daging berwarna merah. Tiga ons daging merah dapat dapat memenuhi kebutuhan 40% dari dosis harian. Manfaat mencukupi kebutuhan seng diantaranya dapat meningkatkan perkembangan anak secara cepat, meningkatkan kesehatan mata, menambah intelegensi dan meningkatkan imunitas. Meski seng kini telah banyak tersedia dalam banyak jenis seuplemen, namun anda juga dapat menemukan kandungan yang satu ini dalam berbagai jenis makanan seperti daging merah, udang, telur, ikan dan produk hewani.

  • Madu

Madu merupakan salah satu sumber protein yang dapat membantu dan menjaga dalam meningkatkan sistem kekebalan anak di musim hujan. Kandungan protein yang terdapat di dalam madu dapat membangun imunitas dan menjaga stamina tubuh anak anda. Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Departement of Biological Science, University of waikoto, di Hamilton, Selandia Baru, menghasilkan pernyataan bahwa zat antibiotik yang terkandung di dalam madu mampu melawan serangan penyakit yang dapat di sebabkan oleh musim hujan. Seperti kondisi infeksi yaitu, lambung, demam, batuk, dan infeksi saluran pernapasan akut yang sering kali mengancam anak-anak.

  • Minyak ikan

Anda juga dapat memberikan minyak ikan pada si kecil untuk memnuhi sitem kekebalan tubuhnya. Di dalam minyak ikan sendiri terkandung asam lemak omega 3 yang dapat menjaga kestabilan sisitem kekebalan tubuh anak sehingga mereka dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang di sebabkan pada musim hujan.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya, menjadikan jeruk juga salah satu makanan yang wajib di konsumsi oleh anak-anak, terlebih pada saat musim hujan menjelang. Kandungan vitamin C tersebutlah yang memadai akan membuat kekebalan tubuh untuk menangkal segala jenis penyakit yang berdampak dari lingkungan.

Citra Dewi Amd.Keb - September 27, 2016
Diskusi Dari:
debbyaprilyulia

selamat siang bu bidan, saya mau menanyakan tentang keputihan yang terkadang menggumpal, saya belum menikah, apakah ini berbahaya? dan bagaimana cara mengatasinya, ditunggu jawabannya ya bu

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Gek Anik

Siang bu bidan.

2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Nurfah Putriie Sopiant

Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

Perlu Jawaban