Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan TuaBidan Online,- Siapa yang tidak bahagia saat memasuki masa hamil apalagi untuk pasangan yang sudah sejak lama menunggu kedatangan buah hati. Banyak faktor yang harus di persiapkan untuk menjaga kondisi ibu hamil dan janin, karena memang kondisi wanita hamil akan berbeda dengan wanita lainnya. Mulai dari kondisi kesehatan, asupan makanan, hingga faktor psikologis ibu hamil harus di jaga karena jika tidak akan berimbas buruk pada perkembangan janin dalam kandungan. Istirahat yang cukup dengan mengurangi kegiatan berat pun sangat di sarankan bagi ibu hamil. Duduk santai sambil mengkonsumsi camilan sehat sangat bagus untuk ibu hamil, namun terkadang ibu hamil tidak memperhatikan posisi duduk yang benar. Faktanya ada beberapa posisi duduk berbahaya bagi ibu hamil yang harus dihindari apa saja? simak ulasannya berikut ini.

Banyak ibu hamil yang tidak sadar jika posisi duduknya bisa berbahaya bagi kehamilan, tidak jarang ibu hamil duduk membungkuk. Tahukah anda jika posisi duduk ini tidak bagi kesehatan dapat menyebabkan ketegangan serta penurunan fungsi pada sumsum tulang belakang. Lalu apa pengaruhnya bagi kehamilan? posisi duduk membungkuk dapat menyebabkan penekanan pada rahim sehingga akan sangat berpengaruh pada janin di dalam kandungan.

Selain posisi duduk membungkuk, ibu hamil juga sering duduk dengan posisi kaki menggantung. Bukan tanpa alasan nyatanya posisi duduk tersebut dapat menyebabkan meningkatkan sirkulasi darah di kaki yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil. Posisi duduk berbahaya selanjutnya yaitu duduk setengah duduk dan setengah tidur biasanya sering di lakukan saat menonton TV. Nyatanya posisi duduk tersebut dapat menyebabkan penekanan pada rahim, tulang punggung, juga tidak baik bagi kesehatan tulang punggung. Jika terus dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan sering ibu hamil dapat merasakan dampaknya seperti pegal-pegal, nyeri, juga kebas di area punggung.

Nah ada lagi ibu hamil yang sering kali duduk tanpa menggunakan sandaran. Sandaran kursi yang empuk tentunya dapat memberikan kenyamanan di tulang punggung ibu hamil. Bayangkan saja jika ibu hamil duduk dengan posisi tanpa menggunakan sandaran maka bisa menyebabkan ketegangan di tulang punggung semakin buruk.

Posisi duduk mendongak kedepan pun nyatanya berbahaya bagi ibu hamil. Jika dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan sering maka bisa menyebabkan tekanan pada janin akibat tulang rusuk ibu sekaligus berbahaya bagi kehamilan. Bahkan para ahli menyebutkan jika posisi duduk mendongkak kedepan dapat menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah yang tentunya berakibat fatal pada asupan nutrisi juga oksigen ke janin.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Citra Dewi Amd.Keb - July 26, 2017
Diskusi Dari:
Rhiyad Suhpriatin

Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Cherma

Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Tivaa Rachmawati Putri

Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Nelly Tampubolon

Assalamualaikum bu bidan …

Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

Terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dah Wisnugaduh

Hallo bu bidan, saya ini termasuk wanita yang suka mengalami PMS ketika menstruasi, yang ingin saya tanyakan ketika PMS makanan dan minuman apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari agar PMS tidak mengganggu aktivitas saya. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya.

Perlu Jawaban