Posisi Duduk Ibu Hamil Yang Baik Perlu Diketahui Sejak Dini

Bagaimana cara posisi duduk ibu hamil yang aman dan yang dilarang selama kehamilan?

Bagi wanita yang dalam masa kehamilan harus selalu memperhatikan posisi tubuh yang baik saat tidur maupun sedang duduk. Hal biasa seperti posisi duduk kalau tidak hari-hati pada saat hamil bisa membahayakan janin dalam kandungan. Memang sangat dianjurkan untuk ibu hamil dengan posisi duduk yang baik dan aman.

Berikut ini posisi duduk yang baik dan aman untuk ibu hamil:

1. Tubuh bersandar sepenuhnya dikurisi maupun sofa

Dapat mencegah dan meminimalisir resiko terjadinya sakit punggung saat hamil dan dapat menambahkan bantal yang nyaman untuk sandaran yang berfungsi untuk meredakan rasa pegal pada punggung.

2. Posisi duduk yang ideal

Posisi punggung harus lurus dengan bahu tertarik kebelakang. Duduk dengan posisi tegak dapat membuat ibu hamil lebih nyaman dan dapat mengurangi resiko terjadinya sakit punggung atau nyeri perut.

3. Mengatur waktu duduk

Apabila anda sering berubah-ubah posisi pada saat duduk yang benar ini dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh serta menghindari gangguan rasa pegal dan nyeri. Pada ibu hamil biasanya dilarang duduk selama 30 menit dengan posisi yang sama.

4. Menyeimbangkan berat badan selama duduk

Ada baiknya ibu hamil menyeimbangkan pinggul kiri dan pinggul kanan pada saat posisi duduk yang bertujuan untuk menghindari rasa nyeri pada kaki.

5. Dilarang memakai sepatu atau sandal hak tinggi

Apabila anda sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk memakai sepatu maupun sandal hak tinggi karena untuk menghindari resiko jatuh maupun berjalan dan dapat memicu terjadinya penurunan keseimbangan tubuh.

6. Istirahat

Apabila tubuh dan pikiran sudah mulai lelah pada saat posisi duduk selama kurang lebih 30 menit. Sebaiknya istirahat sejenak bisa dengan lakukan jalan-jalan kecil untuk meregangkan otot kaki yang tegang.

Selain posisi duduk yang baik dan aman, anda juga harus memperhatikan posisi duduk yang dilarang dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil diantaranya:

1. Posisi setengah duduk

Apabila anda sering melakukan duduk seperti ini dalam waktu lama kemungkinan anda akan merasakan nyeri dibagian punggung karena posisi duduk seperti ini memberikan banyak tekanan pada sumsum tulang belakang. Biasanya ibu hamil sering melakukan duduk ditempat tidur dengan posisi setengah.

2. Posisi duduk dengan kaki bergantung

Akan menyebabkan peningkatan tekanan aliran darah ke kaki. Setiap ibu hamil untuk normalnya akan mengalami pembengkakan pada kaki dan bila posisi duduk tersebut terus dilakukan akan semakin memperparah kaki yang bengkak.

3. Posisi duduk tanpa menggunakan sandaran

Pada saat hamil dengan posisi duduk tanpa menggunakan sandaran dapat membuat ketegangan ditulang punggung akan semakin memburuk. Oleh sebab itu, usahakan selalu untuk menggunakan sandaran yang empuk dengan posisi punggung yang lurus.

4. Posisi duduk membungkuk

Posisi duduk dengan membungkuk ternyata cukup membahayakan bagi ibu hamil karena punggung menjadi tidak lurus. Meningkatnya bobot ibu hamil sudah cukup memberikan rasa yang tidak nyaman pada bagian sumsum tulang belakang dan semakin memperparah kondisi tulang sumsum anda.

5. Posisi duduk mendongak kedepan

Apabila anda melakukan posisi duduk dengan mendongak kedepan secara terus menerus maka dalam jangka panjang akan membuat anda tidak nyaman dan dapat membahayakan janin karena diusia kehamilan yang sudah besar tulang rusuk anda dapat menekan tubuh janin dan dapat menimbulkan bekas permanen nantinya.

Dengan memperhatikan dan melakukan hal diatas maka anda secara tidak langsung akan menjaga kesehatan anda juga janin.

Citra Dewi Amd.Keb - December 12, 2016
Diskusi Dari:
ALif AL Maun Yoyox

Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

Dijawab Oleh : Claudia harapankita
Diskusi Dari:
Wanti

Dok kenapa ya ko setiap kali bersin saya sering kali bukan 1 kali tapi malah lebih dari 8 atau 10 kali dalam satu waktu. Itu kira kira kepa ya? ko saya jadi khawatir dengan kesehatan saya ya dok.

Dijawab Oleh : Wanti
Diskusi Dari:
Riza

Selamat pagi bu bidan, saya penasaran nih apakah pria juga memiliki masa subur? Saya hanya tahu wanita saja yang memiliki masa subur. Mohon jawabannya bu bidan

Dijawab Oleh : Riza