Posisi Tidur Yang Nyaman Dan Benar Bagi Ibu Hamil

Bidan Online -, Hamil merupakan salah satu kondisi yang memang bahagia namun sering kali menimbulkan masalah bagi para ibu hamil. Saat sedang hamil, biasanya ada berbagai jenis masalah yang bisa terjadi ini seperti halnya dengan masalah posisi tidur. Ibu hamil ini sering kali lelah dan merasakan capek secara tiba tiba. Hal ini terjadi akibat adanya perubahan hormon saat sedang hamil. Selain itu, janin yang ada di dalam perut anda juga akan menimbulkan ketegangan pada tubuh yang akhirnya menimbulkan lelah dan cape yang lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak sedang hamil. Ada beberapa posisi tidur yang nyaman dan benar bagi ibu hamil ini. Hal ini merupakan salah satu jenis hal yang memang perlu diperhatikan agar anda memiliki kesehatan janin yang memang sehat dan juga berkembang dengan sangat baik ini.

Berikut adalah beberapa tips yang memang bisa di lakukan oleh ibu hamil agar mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya, diantaranya adalah :


  • Menggunakan Bantal Tambahan
    Posisi tidur yang nyaman dan benar bagi ibu hamil trimester pertama ini adalah dengan memberikan bantal tambahan pada bagian bawah perut dan juga bagian lutut. Ini merupakan posisi yang benar bagi anda saat hamil di trimester pertama.
  • Memperbanyak Istirahat
    Biasanya, saat hamil ini kita membutuhkan lebih banyak jam tidur di bandingkan mereka yang tidak sedang hamil. Hal ini sangat disarankan karena sangat baik bagi kesehatan janin anda ini.
  • Menggunakan Bantal Panjang
    Bantal panjang yang menutupi dari punggung hingga perut ini pasti dibutuhkan oleh anda saat kehamilan trimester pertama. Hal ini merupakan salah satu hal yang memang sangat dibuthkan saat kehamilan.
  • Menetapkan Jam Malam
    Dengan menjadwalkan jam tidur saat malam hari ini dapat membuat anda dan janin yang ada dalam perut anda ini akan terbiasa dan bahkan akan mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya.
  • Tidur Miring Ke Kiri
    Untuk meningkatkan sirkulasi darah ke bagian jantung, ginjal, janin hingga ke arah rahim saat trimester ke tiga ini, sebaiknya anda tidur dengan posisi mirig ke sebelah kiri, hal ini sangat baik di lakukan oleh anda
  • Tidur Dengan Posisi Leher Dan Kepala Terangkat
    Tidur dengan posisi yang satu ini d percaya dapat menurunkan resiko asam lambung pada tubuh anda.
  • Atasi Kram
    Kram merupakan salah satu jenis masalah yang sering kali datang pada ibu hamil. Kondisi ini merupakan salah satu kondisi yang memang harus selalu anda waspadai karena kram ini merupakan masalah yang cukup serius jika dibiarkan begitu saja. Untuk mengatasi masalah yang satu ini anda bisa dengan menggerakan kaki anda ke bagian atas tempat tidur. Ini merupakan solusi yang paling tepat di lakukan.

Itulah beberapa jenis hal yang memang perlu ibu hamil ketahui agar kesehatan janin yang ada di dalam rahim tetap sehat dan juga terjaga. Dengan memperhatikan hal diatas, maka anda akan terhindar dari hal hal yang memang membahayakan kesehatan janin anda ini. Kondisi ini merupakan salah satu jenis kondisi yang memang perlu sangat anda perhatikan saat anda ingin memiliki kesehatan janin yang sesungguhnya. Tubuh sehat dan juga terhindar dari adanya masalah yang membahayakan kesehatan janin anda ini.

           Baca Juga : Pantangan Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Citra Dewi Amd.Keb - March 29, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

usg belum terlihat kantung janin

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya hamil 8 minggu tp sblmnya tdk masalah tp saya ada flek dan dan darah saat pup. Rasanya kaya haid

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Tania

maaf sebelumnya. saya mau tanya.
istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
terimakasih

Dijawab Oleh : Tania