×

Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil

Bagikan Artikel :

Buah-buahan memang menjadi nutrisi makanan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, tapi bukan berarti semua jenis buah ini bisa dimakan.

Related Posts :

    Pada artikel kali ini curhat bidan akan memberikan informasi mengenai buah-buahan yang tidak boleh dimakan ibu hamil karena kehamilan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seorang wanita sehingga akan membuat ibu dan janin lebih rentan terhadap virus, bakteri, atau senyawa tertentu yang biasa terdapat dalam makanan. Oleh karena itu, demi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin sebaiknya hindari jenis buah-buahan ini.

    Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil, Diantaranya:

    1. Hindari konsumsi durian

    Sebenarnya durian sangat kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tetapi durian memiliki sifat panas saat dalam perut, selain itu juga mengandung kadar alkohol, asam arachidonat yaitu senyawa kimia yang merupakan pembentukan prostaglandin senyawa yang bisa merangsang kontraksi rahim, sehingga mengakibatkan keguguran terutama pada trimester pertama atau mengalami kelahiran prematur dibawah 36 minggu. Alkohol juga merupakan zat yang harus dihindari selama kehamilan.

    2. Hindari konsumsi pepaya

    Hindari konsumsi pepaya yang mentah atau setengah matang saat hamil ditrimester ketiga dan terkahir kehamilan karena bisa memicu kontraksi rahim yang menyebabkan keguguran. Namun berbeda dengan pepaya yang sudah matang yang memiliki kaya akan gizi seperti serat, mineral, vitamin C dan nutrisi sehat lainnya yang dapat membantu mencegah timbulnya gejala kehamilan seperti sembelit dan mulas. Jika pepaya yang dicampur madu dan susu juga merupakan tonik yang sangat bagus untuk ibu hamil terutama ibu yang sedang menyusui.

    3. Hindari konsumsi nanas

    Nanas kaya akan zat yang disebut bromelain yaitu yang dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim yang mengarah ke persalinan prematur. Sebaiknya anda bisa mengganti nanas dengan buah-buahan yang baik untuk keshetan ibu hamil.

    4. Hindari buah yang belum dicuci

    Sangat penting saat hamil untuk menghindari makan buah yang belum dicuci atau produk buah yang tidak dipasteurisasi. Berlaku juga untuk seluruh makanan untuk menjaga kebersihan selama kehamilan agar terhindar dari infeksi bakteri seperti toksoplasmosis saat hamil. Selain itu, kulit buah yang tidak dicuci kemungkinan akan menyimpan sisa pestisida yang bisa membahayakan janin.

    Demikian informasi mengenai buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Sehingga harapan kesehatan ibu dan janin akan tetap terjaga.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan payudara

  • Oleh : Eva Rahmawati
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Saya mau tanya untuk menghilangkan benjolan payudara gimana ya dok? Payudara sebelah kiri saya ada benjolan tp tidak sakit, kalo kata dokter yg periksa saya waktu itu. Katanya itu kelebihan hormon

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 3 tahun yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

  • Oleh : Siti Rohmah
  • Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Dinda vika
  • 9 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan