×

Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil

Bagikan Artikel :

Buah-buahan memang menjadi nutrisi makanan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, tapi bukan berarti semua jenis buah ini bisa dimakan.

Pada artikel kali ini curhat bidan akan memberikan informasi mengenai buah-buahan yang tidak boleh dimakan ibu hamil karena kehamilan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seorang wanita sehingga akan membuat ibu dan janin lebih rentan terhadap virus, bakteri, atau senyawa tertentu yang biasa terdapat dalam makanan. Oleh karena itu, demi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin sebaiknya hindari jenis buah-buahan ini.

Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil, Diantaranya:

1. Hindari konsumsi durian

Sebenarnya durian sangat kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tetapi durian memiliki sifat panas saat dalam perut, selain itu juga mengandung kadar alkohol, asam arachidonat yaitu senyawa kimia yang merupakan pembentukan prostaglandin senyawa yang bisa merangsang kontraksi rahim, sehingga mengakibatkan keguguran terutama pada trimester pertama atau mengalami kelahiran prematur dibawah 36 minggu. Alkohol juga merupakan zat yang harus dihindari selama kehamilan.

2. Hindari konsumsi pepaya

Related Posts :

    Hindari konsumsi pepaya yang mentah atau setengah matang saat hamil ditrimester ketiga dan terkahir kehamilan karena bisa memicu kontraksi rahim yang menyebabkan keguguran. Namun berbeda dengan pepaya yang sudah matang yang memiliki kaya akan gizi seperti serat, mineral, vitamin C dan nutrisi sehat lainnya yang dapat membantu mencegah timbulnya gejala kehamilan seperti sembelit dan mulas. Jika pepaya yang dicampur madu dan susu juga merupakan tonik yang sangat bagus untuk ibu hamil terutama ibu yang sedang menyusui.

    3. Hindari konsumsi nanas

    Nanas kaya akan zat yang disebut bromelain yaitu yang dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim yang mengarah ke persalinan prematur. Sebaiknya anda bisa mengganti nanas dengan buah-buahan yang baik untuk keshetan ibu hamil.

    4. Hindari buah yang belum dicuci

    Sangat penting saat hamil untuk menghindari makan buah yang belum dicuci atau produk buah yang tidak dipasteurisasi. Berlaku juga untuk seluruh makanan untuk menjaga kebersihan selama kehamilan agar terhindar dari infeksi bakteri seperti toksoplasmosis saat hamil. Selain itu, kulit buah yang tidak dicuci kemungkinan akan menyimpan sisa pestisida yang bisa membahayakan janin.

    Demikian informasi mengenai buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Sehingga harapan kesehatan ibu dan janin akan tetap terjaga.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit payudara

  • Oleh : Pah Udin
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Mbk. Pa obat payudara istri sy yg sedang sakit sebelah. Ksian istri sy lg menyusui, umur 2 bulan. Skitx dsebelah kanan. Tidak bisa keluar asix. Mintol slusix mbak.

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Sakit Perut Bagian Bawah

  • Oleh : Nurul
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya, ko akhir akhir ini saya sering merasakan sakit pada bagian perut ya? Saat saya pegang bagian itu malah semakin sakit. Memang badan ini terbilang gemuk, apa kah ini bisa berpengaruh pada kondisi perut yang menjadi keras dan besar? Mohon penjelasnnya dok, Terimakasih

    Kehamilan

  • Oleh : Ria Agustin
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan… Bu saya mau curhat saya masih mempunyai anak yang masih kecil dan ini saya hamil lagi tapi saya sama suami sepakat untuk tidak meneruskan kehamilan saya soalnya banyak faktor termasuk keuangan… Apa yang harus saya lakukan ya bu? Saya sudah berusaha memakai semua alat kontrasepsi tetapi tidak ada yang cocok… Mungkin ada solusi untuk saya… Usia kehamilan saya kemungkinan 4 minggu… Baru saya cek setelah 1 minggu telat haid…
    Terima kasih

    Telat Haid Dan Hanya Bercak Merah Ketika Haid Datang

  • Oleh : Yuli Ani
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

    Tanya Bidan