×

Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil

Bagikan Artikel :

Buah-buahan memang menjadi nutrisi makanan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, tapi bukan berarti semua jenis buah ini bisa dimakan.

Pada artikel kali ini curhat bidan akan memberikan informasi mengenai buah-buahan yang tidak boleh dimakan ibu hamil karena kehamilan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seorang wanita sehingga akan membuat ibu dan janin lebih rentan terhadap virus, bakteri, atau senyawa tertentu yang biasa terdapat dalam makanan. Oleh karena itu, demi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin sebaiknya hindari jenis buah-buahan ini.

Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil, Diantaranya:

1. Hindari konsumsi durian

Sebenarnya durian sangat kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tetapi durian memiliki sifat panas saat dalam perut, selain itu juga mengandung kadar alkohol, asam arachidonat yaitu senyawa kimia yang merupakan pembentukan prostaglandin senyawa yang bisa merangsang kontraksi rahim, sehingga mengakibatkan keguguran terutama pada trimester pertama atau mengalami kelahiran prematur dibawah 36 minggu. Alkohol juga merupakan zat yang harus dihindari selama kehamilan.

2. Hindari konsumsi pepaya

Hindari konsumsi pepaya yang mentah atau setengah matang saat hamil ditrimester ketiga dan terkahir kehamilan karena bisa memicu kontraksi rahim yang menyebabkan keguguran. Namun berbeda dengan pepaya yang sudah matang yang memiliki kaya akan gizi seperti serat, mineral, vitamin C dan nutrisi sehat lainnya yang dapat membantu mencegah timbulnya gejala kehamilan seperti sembelit dan mulas. Jika pepaya yang dicampur madu dan susu juga merupakan tonik yang sangat bagus untuk ibu hamil terutama ibu yang sedang menyusui.

3. Hindari konsumsi nanas

Nanas kaya akan zat yang disebut bromelain yaitu yang dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim yang mengarah ke persalinan prematur. Sebaiknya anda bisa mengganti nanas dengan buah-buahan yang baik untuk keshetan ibu hamil.

4. Hindari buah yang belum dicuci

Sangat penting saat hamil untuk menghindari makan buah yang belum dicuci atau produk buah yang tidak dipasteurisasi. Berlaku juga untuk seluruh makanan untuk menjaga kebersihan selama kehamilan agar terhindar dari infeksi bakteri seperti toksoplasmosis saat hamil. Selain itu, kulit buah yang tidak dicuci kemungkinan akan menyimpan sisa pestisida yang bisa membahayakan janin.

Demikian informasi mengenai buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Sehingga harapan kesehatan ibu dan janin akan tetap terjaga.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dan jika penis tidak berejakulasi apakah bisa hamil?(penis dan vagina bertemu 1 sama lain)

    Bayi usia 3 bulan belum bisa miring dan tengkurap

  • Oleh : Dwi lestari
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

    Alat vital penis

  • Oleh : R. Rienna
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Gmn cara nya memperbesar penis…

    Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Masalah Pada Vagina

  • Oleh : Jenni
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    Tanya Bidan