×

Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil

Bagikan Artikel :

Buah-buahan memang menjadi nutrisi makanan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, tapi bukan berarti semua jenis buah ini bisa dimakan.

Pada artikel kali ini curhat bidan akan memberikan informasi mengenai buah-buahan yang tidak boleh dimakan ibu hamil karena kehamilan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seorang wanita sehingga akan membuat ibu dan janin lebih rentan terhadap virus, bakteri, atau senyawa tertentu yang biasa terdapat dalam makanan. Oleh karena itu, demi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin sebaiknya hindari jenis buah-buahan ini.

Related Posts :

    Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil, Diantaranya:

    1. Hindari konsumsi durian

    Sebenarnya durian sangat kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tetapi durian memiliki sifat panas saat dalam perut, selain itu juga mengandung kadar alkohol, asam arachidonat yaitu senyawa kimia yang merupakan pembentukan prostaglandin senyawa yang bisa merangsang kontraksi rahim, sehingga mengakibatkan keguguran terutama pada trimester pertama atau mengalami kelahiran prematur dibawah 36 minggu. Alkohol juga merupakan zat yang harus dihindari selama kehamilan.

    2. Hindari konsumsi pepaya

    Hindari konsumsi pepaya yang mentah atau setengah matang saat hamil ditrimester ketiga dan terkahir kehamilan karena bisa memicu kontraksi rahim yang menyebabkan keguguran. Namun berbeda dengan pepaya yang sudah matang yang memiliki kaya akan gizi seperti serat, mineral, vitamin C dan nutrisi sehat lainnya yang dapat membantu mencegah timbulnya gejala kehamilan seperti sembelit dan mulas. Jika pepaya yang dicampur madu dan susu juga merupakan tonik yang sangat bagus untuk ibu hamil terutama ibu yang sedang menyusui.

    3. Hindari konsumsi nanas

    Nanas kaya akan zat yang disebut bromelain yaitu yang dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim yang mengarah ke persalinan prematur. Sebaiknya anda bisa mengganti nanas dengan buah-buahan yang baik untuk keshetan ibu hamil.

    4. Hindari buah yang belum dicuci

    Sangat penting saat hamil untuk menghindari makan buah yang belum dicuci atau produk buah yang tidak dipasteurisasi. Berlaku juga untuk seluruh makanan untuk menjaga kebersihan selama kehamilan agar terhindar dari infeksi bakteri seperti toksoplasmosis saat hamil. Selain itu, kulit buah yang tidak dicuci kemungkinan akan menyimpan sisa pestisida yang bisa membahayakan janin.

    Demikian informasi mengenai buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Sehingga harapan kesehatan ibu dan janin akan tetap terjaga.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perut gaenak

  • Oleh : Reska Siti
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Perut saya bagian bawahnya mengeras sering sendawa sering kentut terus sering keram gitu di area perut atas dan bawah dan biasa nya kalo mau tiba menstruasi suka keputihan atau keluar lendir bening tapi sekarang kok jadi gaada ini tanda kehamilan apa begah disebabkan makanan?

  • Oleh : Reska Siti
  • Jarak Kopi Dan Obat

  • Oleh : Novita dwi
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

    Tanya dok

  • Oleh : Novita Sari
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Ass dok
    Izin bertanya, saya telah melakukan kesalahan yg lalu. Saat itu saya berhubungan intim. Tetapi darah yg keluar hnya sedikit bsa dibilang saya sudah pecah perawan. Dan baru dengan satu laki laki itu saja, apakah saya masih bsa keluar darah saat berhubungan lagi?

  • Oleh : Novita Sari
  • Menstruasi

  • Oleh : Elfi Zahra
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Mau tanya apakah di perbolehkan minum em kapul karna daya mentruasi nya telat

  • Oleh : Elfi Zahra
  • puasa dan berat badan janin

  • Oleh : tickanevianti
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

    Tanya Bidan