×

Ibu Hamil, Hindari Makanan Berikut Selama Kehamilan

Bagikan Artikel :

Selama masa kehamilan, janin di dalam kandungan ibu juga berkembang terus-menerus. Nah, saat proses ini berlangsung, biasanya ibu hamil juga berpotensi mengalami gangguan yang sewaktu-waktu dapat mengakibatkan masalah pada proses pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Gangguan ini biasanya datang dari gaya hidup, faktor keturunan dan pola makan.

Dengan kehadiran bayi, tentu ibu hamil mengupayakan kesehatan jasmani dan rohani agar bayi di dalam kandungan tetap sehat dan lahir dengan selamat dan sehat. Di beberapa daerah terdapat beberapa tradisi yang dijalankan agar janin tetap sehat dalam kandungan. Hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan selama dalam tahap wajar dan aman. Selain itu, ibu sebaiknya tetap tidak terputus dalam perawatan dengan metode medis. Salah satunya adalah keharusan ibu untuk menjaga asupan konsumsi makanan dengan perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi, dan juga memenuhi kecukupan gizi dan nutrisi untuk janin di dalam kandungannya.

Sebaiknya hindari konsumsi jenis makanan yang sebelumnya memang sangat digemari ibu saat belum hamil, namun kini Anda harus menghindarinya demi menjaga janin tetap sehat. Apa saja jenis makanan tersebut? Ini dia selengkapnya.

1. Tidak mengkonsumsi makanan mentah.

Related Posts :

    Apapun jenis makanan mentah, baik yang berasal dari jenis sayuran atau daging, memiliki risiko tinggi untuk menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh terutama pada ibh mail. Makanan mentah favorit seperti sushi, daging olahan setengah masak seperti steak, kue yang dibuat setengah matang semuanya tidak boleh dulu untuk dikonsumsi selagi masa kehamilan berlangsung. Makanan-makanan yang diproses mentah atau setengah matang biasanya banyak memiliki kandungan bakteri dan virus. Hal ini bisa dengan cepat berpengaruh tidak hanya pada kesehatan ibu, tapi juga perkembangan janin.

    2. Hati-hati konsumsi Ikan yang mengandung Merkuri.

    Jenis Ikan yang harus berhati-hati saat dikonsumsi ibu hamil, adalah ikan yang berasal dari laut atau ikan laut. Alasannya, besar kemungkinan jika ikan tersebut telah tercampur dengann Merkuri dari lautan yang tercemar. Untuk itu, jika tetap ingin mengkonsumsi makanan laut terutama ikan laut, Anda harus benar-benar selektif dan pastikan memilih makanan yang paling segar.

    3. Tidak mengkonsumsi makanan dengan kadar Kalori tinggi.

    Saat masa-masa kehamilan, nutrisi penting yang ibu hamil butuhkan salah satunya adalah Kalori. Namun, tidak untuk mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih karena hal tersebut dapar membuat ibu mengalami masalah obesitas atau kegemukan. Jika hal ini terjadi, riisko kesehatan yang berbahaya pada ibu adalah Diabetes, juga berat badan bayi yang nantinya juga akan berlebih. Untuk mengatasinya, ibu hamil tidak usah diet, cukup dengan konsumsi makanan sehat sewajarnya, dan tidak berlebihan termasuk jenis makanan dengan kandungan Kalori.

    Ibu hamil juga sebaiknya tidak dulu mengkonsumsi minuman berkafein dan rokok dikarenakan berisiko menyebabkan gangguan kehamilan hingga keguguran, atau bayi yang lahir dibawah normal.

    Semoga bermanfaat, salam Info Bidan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 9, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ketinggalan memberikan imunisasi anak

  • Oleh : Aryanto Id
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

  • Oleh : Aryanto Id
  • HAID

  • Oleh : Nayla Utami
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Mau tanya, umur saya tahun ini 15 tahun tapi sampai saat ini saya belum mengalami haid apa penyebab dan solusinya?

  • Oleh : Nayla Utami
  • cara menjaga kesehatan anak balita

  • Oleh : Chika ELlo
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
    Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
    Wassalamm…

  • Oleh : Chika ELlo
  • Masa subur

  • Oleh : Amel Fayunl
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Masa nifas saya selesai tgl 4nov.2017..Masa subur saya kira2 tgl BRP yah..

    Benjolan di belakang telinga

  • Oleh : Ridwan Ridwan
  • 2 minggu, 6 hari yang lalu

    Bidan di belakang telinga saya ada benjolan kurang lebih 2 cm itu nama benjolannya apa??dan ngak ada gejala juga mengenai benjolan ini..tapi teksturnya seperti kenyal??

  • Oleh : Ridwan Ridwan
  • Tanya Bidan