Ibu Hamil, Hindari Makanan Berikut Selama Kehamilan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Selama masa kehamilan, janin di dalam kandungan ibu juga berkembang terus-menerus. Nah, saat proses ini berlangsung, biasanya ibu hamil juga berpotensi mengalami gangguan yang sewaktu-waktu dapat mengakibatkan masalah pada proses pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Gangguan ini biasanya datang dari gaya hidup, faktor keturunan dan pola makan.

    Dengan kehadiran bayi, tentu ibu hamil mengupayakan kesehatan jasmani dan rohani agar bayi di dalam kandungan tetap sehat dan lahir dengan selamat dan sehat. Di beberapa daerah terdapat beberapa tradisi yang dijalankan agar janin tetap sehat dalam kandungan. Hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan selama dalam tahap wajar dan aman. Selain itu, ibu sebaiknya tetap tidak terputus dalam perawatan dengan metode medis. Salah satunya adalah keharusan ibu untuk menjaga asupan konsumsi makanan dengan perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi, dan juga memenuhi kecukupan gizi dan nutrisi untuk janin di dalam kandungannya.

    Sebaiknya hindari konsumsi jenis makanan yang sebelumnya memang sangat digemari ibu saat belum hamil, namun kini Anda harus menghindarinya demi menjaga janin tetap sehat. Apa saja jenis makanan tersebut? Ini dia selengkapnya.

    1. Tidak mengkonsumsi makanan mentah.

    Apapun jenis makanan mentah, baik yang berasal dari jenis sayuran atau daging, memiliki risiko tinggi untuk menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh terutama pada ibh mail. Makanan mentah favorit seperti sushi, daging olahan setengah masak seperti steak, kue yang dibuat setengah matang semuanya tidak boleh dulu untuk dikonsumsi selagi masa kehamilan berlangsung. Makanan-makanan yang diproses mentah atau setengah matang biasanya banyak memiliki kandungan bakteri dan virus. Hal ini bisa dengan cepat berpengaruh tidak hanya pada kesehatan ibu, tapi juga perkembangan janin.

    2. Hati-hati konsumsi Ikan yang mengandung Merkuri.

    Jenis Ikan yang harus berhati-hati saat dikonsumsi ibu hamil, adalah ikan yang berasal dari laut atau ikan laut. Alasannya, besar kemungkinan jika ikan tersebut telah tercampur dengann Merkuri dari lautan yang tercemar. Untuk itu, jika tetap ingin mengkonsumsi makanan laut terutama ikan laut, Anda harus benar-benar selektif dan pastikan memilih makanan yang paling segar.

    3. Tidak mengkonsumsi makanan dengan kadar Kalori tinggi.

    Saat masa-masa kehamilan, nutrisi penting yang ibu hamil butuhkan salah satunya adalah Kalori. Namun, tidak untuk mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih karena hal tersebut dapar membuat ibu mengalami masalah obesitas atau kegemukan. Jika hal ini terjadi, riisko kesehatan yang berbahaya pada ibu adalah Diabetes, juga berat badan bayi yang nantinya juga akan berlebih. Untuk mengatasinya, ibu hamil tidak usah diet, cukup dengan konsumsi makanan sehat sewajarnya, dan tidak berlebihan termasuk jenis makanan dengan kandungan Kalori.

    Ibu hamil juga sebaiknya tidak dulu mengkonsumsi minuman berkafein dan rokok dikarenakan berisiko menyebabkan gangguan kehamilan hingga keguguran, atau bayi yang lahir dibawah normal.

    Semoga bermanfaat, salam Info Bidan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 9, 2017
    Diskusi Dari:
    Nenden Mustika

    Ibu saya ingin bertanya,,saya ingin sekali mempunyai momongan,apakah menstruasi saya di katakan normal kalau bulan
    januari menst tgl 10
    Febuari menst tgl 10
    Maret menst tgl 11 karena selama sebelum menikah dan sudah menikah jadwal menst saya tanggal tdk pernah berubah ubah,,terimakasih banyak atas jawabannya..

    Dijawab Oleh : Nenden Mustika
    Diskusi Dari:
    demetriusnies67

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

    Dijawab Oleh : demetriusnies67
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
    Diskusi Dari:
    Salma Syarifah Latipah

    Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

    Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah