×

Ibu Hamil Perlu Tau Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Memiliki buah hati adalah sebuah anugrah terindah sekaligus membahagiakan. Meskipun demikian namun banyak diantaranya calon ibu yang selalu merasa takut saat akan menghadapi sebuah proses persalinan. Hal ini memang wajar namun sebelumnya bunda juga memerlukan beberpa tips berikut supaya bisa melahirkan normal namun tanpa jahitan.

Saat melahirkan normal, umumnya area perineum atau yang disebut dengan dinding yang terletak diantara vagina dan juga anus mampu meregang kala seorang bayi keluar. Dengan demikian masih ada kemungkinan perineum ini akan robek.

Namun tidak semua perineum yang robek saat melahirkan membutuhkan jahitan untuk proses pemulihannya, yang mutlak diperlukan bila termasuk 3 dan 4 derajat, namun ini juga sangat jarang terjadi. Sedangkan untuk 2 serajat inilah yang memerlukan jahitan, bila tidak dijahit maka proses penyembuhan ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama, hanya saja ibu bisa merasa nyaman karena tidak merasakan sakitnya dijahit.

Related Posts :

    Tidak hanya itu, tindakan dalam menggunting perineum juga bisa dilakukan oleh dokter yaitu episiotomi yang umumnya memerlukan jahitan untuk menutupnya.

    Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

    Ada kondisi yang beresiko mengalami perineum mengalami robek, seperti diantaranya persalinan pertama, kondisi lahir bayi yang tidak normal, berat bayi yang besar atau juga persalinan yang membutuhkan alat forcep.

    Ada beberapa langkah diantaranya yang bisa dilakukan guna mencapai tujuan melahirkan normal tanpa harus memerlukan jahitan seperti diantaranya yaitu:

    1. Selalu menerapkan pola hidup yang sehat selama hamil
      Dengan menjalani pola hidup yang sehat bervitamin yang cukup, maka kulit serta jaringan tubuh lainnya akan berfungsi optimal. Lengkapi dengan bunda melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil dan melakukan senam kegel guna membangun tubuh yang kuat. Bunda bisa melakukan relaksi guna mngurangi stress anda.
    2. Melakukan pijat perineum
      Dengan melakukan gerakan memijat pada jaringan terutama disekitar vagina bisa membuatnya lebih feleksibel, sehingga bisa memperbesar kemungkinan melahirkan normal tanpa harus dijahit. Pijatan perineum ini bisa dimulai ketika anda hamil berusia 34 minggu. Tips melahirkan normal ini juga bisa anda lakukan dua kali perminggu guna bisa menapatkan hasil yang maksimal.
    3. Selalu memperhatikan posisi saat melahirkan
      Untuk posisi yang berbeda saat melahirkan bisa menghasilkan tekanan yang berbeda pada perineum. Beberapa gerakan yang bisa kita lakukan diantaranya berbaring dengan posisi miring, duduk atau juga dengan berlutut menaruhkan kedua tangan kearah depan.
    4. Bisa menggunakan pelumas
      Kita bisa memanfaatkan pelumas dengan bahan dasar minyak mineral yang bisa dihangatkan untuk bantu mengurangi gesekan dan mempermudah jalan keluarnya bayi.
    5. Menjaga supaya perineum tetap hangat
      Kondisi hangat pada perineum bisa membuat aliran darah meningkat serta bisa melemaskan otot disekitar perineum. Tempatkan handuk atau kain hangat disekitarnya. Dan jika memungkinkan, anda bisa meminta seseorang untuk menekan bagian perenium dengan handuk hangat guna menjaganya tidak robek ketika kepala bayi mendorong keluar.
    6. Mengatur pernapasan
      Pada umumnya dokter atau perawat akan memberitahukan kapan anda harus mengejan. Dan kepala bayi sudah mulai tampak, maka calon ibu akan akan diminta untuk berhenti mengejan dan bisa mengambil beberapa napas pendek yang bisa dikeluarkan melalui mulut. Hal ini juga akan membuat kepala bayi anda keluar dengan lembut dan perlahan. Sehingga pada akhirnya otot dan kulit perineum bisa meregang tanpa robek.Sebaiknya lakukanlah sesuai saran mereka supaya bisa melahirkan normal tanpa jahitan.

    Tidak hanya melakukan beberapa tips melahirkan normal diatas. Ibu juga
    bisa menanyakan langsung untuk lebih lengkapnya kepada dokter atau bidan
    kandungan. Mintalah informasi mengenai cara yang bisa anda lakukan guna
    menghindari robekan pada perineum atau tindakan episiotomi, supaya bisa
    melahirkan dengan normal tanpa jahitan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 7, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masa subur

  • Oleh : Amel Fayunl
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Masa nifas saya selesai tgl 4nov.2017..Masa subur saya kira2 tgl BRP yah..

    Sperma encer

  • Oleh : Sarah Safitri
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr wb bu bidan saya ingin bertanya apakah pada wanita juga bisa terjadi sperma encer? Lalu jika memang bisa bagaimana cara mengatasi? Karena sebelumnya saya menyadari saat keluar seperti keputihan bentuknya kental lalu kedua kalinya bening seperti air

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    tips kehamilan dengan diabetes

  • Oleh : francesca21c
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan