×

Inilah Yang Harus di Lakukan Suami Jika Istri Sedang Hamil

Bagikan Artikel :

Apa tugas suami terhadap istri yang sedang hamil? Sebagai suami harus selalu mendampingi istri yang sedang hamil, jangan menganggap enteng istri yang sedang dalam masa kehamilan. Banyak tekanan yang akan timbul bahkan kadang membuat istri anda stress dan otomatis akan berdampak bagi janin dalam kandungannya. Sebisa mungkin sebagai suami tahu apa yang harus dilakukan ketika istri sedang hamil. Sangan dianjurkan para suami menemani istri pada saat hamil dan memberikan kasih sayangnya baik lahir maupun batin sehingga membuat istri anda menjadi lebih tenang.


Beberapa tugas suami yang harus anda lakukan ketika istri anda sedang hamil, diantaranya:

1. Berikan perhatian dan kasih sayang yang tidak terbatas kepada istri anda seperti mengajak mengobrol dan membelai istri. Tidak sedikit ibu hamil mengeluh pada saat hamil, suami tidak peduli terhadapnya ini akan berdampak buruk bagi perkembangan janin.

2. Sebagai suami harus siap siaga selama ada waktu usahakan mengantar dan selalu menjaga istri anda. Anda bisa sedikit mengurangi beban pekerjaan dan mencurahkan perhatian yang lebih kepada istri.

3. Usahakan anda harus melayani kemauan istri selama masih dijalan kebaikan, harus mau membantu istri ketika sedang hamil besar seperti membawa tas saat bepergian, membantu pekerjaan rumah tangga seperti memasak, mencuci piring, dan lain sebagainya.

4. Sekali-kali anda mengajak bicara bayi yang ada dalam kandungan, bisa sambil mencium kandungan sang istri dan juga bisa memicarakan desain kamar atau menyiapkan nama untuk sang bayi.

5. Salah satu kewajiban suami yakni selalu menjaga kesehatan istri pada saat hamil dengan memberi tahu istri secara halus agar menjalankan pola hidup sehat dan menghindari kegiatan yang bisa membahayakan kandungan.

6. Anda suami bisa memberikan pengetahuan mengenai wawasan kehamilan dari buku maupun internet.

7. Hiburlah istri anda ketika istri sedang gundah dan tidak tenang.

8. Temani istri setiap melakukan pemeriksaan ke bidan maupun dokter.

9. Beri pijatan yang lembut kepada istri karena terkadang istri yang sedang hamil akan mengalami nyeri otot maupun persendian.

Related Posts :

    Menurut psikologi keluarga Anna Surti Ariani, tugas sebagai suami sangat penting bagi perkembangan janin yang ada dalam kandungan yang bisa dilakukan pada saat istri sedang hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 2, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    bagaimana cara merawat kulit bayi baru lahir

  • Oleh : Alfiyah
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau nanya bagaimana cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Bulan lalu saya melahirkan dan masih bingung untuk perawatan kulit anak saya. Saya takut salah pakai produk untuk bayi karena kulit bayi baru lahir katanya sangat sensitif mohon di jawab ya bu bidan terima kasih sebelumnya

    gatal gatal pada kaki

  • Oleh : Daniel
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Opik Taufik
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Aisyah Putri Setiawan

  • Oleh : Bunga Handayani
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    kehamilan

  • Oleh : Putri
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    usg belum terlihat kantung janin

    Tanya Bidan