×

Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat HamilBidan Online,- USG atau Ultra Sono Graphy memang sudah tidak asing lagi di dunia kedokteran bahkan sangat erat kaitannya dengan kehamilan. Meskipun hakikatnya USG di gunakan untuk mengetahui kondisi di dalam tubuh namun USG sangat akrab dengan kehamilan. Ya mungkin setiap ibu hamil sudah tidak asing lagi dengan USG. Pada saat para ibu hamil mengecek kehamilannya pastinya setiap dokter menggunakan USG untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Tidak hanya itu USG juga di gunakan untuk melihat perkembangan janin, pergerakan janin, usia janin, hingga jenis kelamin janin. Disamping itu penggunaan USG saat hamil juga memiliki fungsi untuk melihat kondisi adanya kelainan pada janin.

Related Posts :

    Banyak mitos yang menyebutkan jika USG memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Perlu anda tahu USG berbeda dengan rotgen ataupun CT Scan yang yang memiliki daya radiasi, USG hanya menggunakan teknik ultrasonik. Bahkan hal tersebut di perkuat dengan adanya sebuah study yang menyebutkan jika USG tidak membawaefek buruk bagi janin dan ibu hamil. Pada dasarnya USG dapat ibu hamil lakukan sejak usia kehamilan dini untuk meminimalisir kemungkinan jika terdapat kelainan pada janin.

    Penggunaan USG juga tidak hanya dapat mengetahui ukuran hingga jenis kelamin janin. Lebih dari itu USG juga dapat di gunakan untuk mengetahui kondisi mental janin contohnya autistik ataupun sindroma down. Tidak hanya kondisi janin saja, kehamilan bermasalah pun dapat di lihat dengan pemeriksaan USG. Memang penggunaan USG terbilang aman bagi janin dan ibu hamil, namun banyak juga ibu hamil yang belum mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan USG. Dan berikut ini beberapa waktu yang tepat untuk melakukan USG saat hamil.

    Awal kehamilan
    Saat awal kehamilan menjadai waktu yang sangat tepat untuk melakukan pemeriksaan menggunakan USG. Pemeriksaan USG di awal kehamilan bertujuan untuk mengetahui sejak dini jika misalnya terdapat kelainan. Fungsi USG saat awal kehamilan untuk mengetahui jumlah janin dalam kandungan, lokasi janin, kondisi kedua indung teelur, juga kondisi organ kelamin janin. Tentunya dengan pemeriksaan menggunakan USG sejak usia dini kehamilan sangat bagus untuk mengetahui usia kehamilan secara akurat.

    Usia 11-14 minggu kehamilan
    Pemeriksaan kehamilan menggunakan USG pun akan di lakukan pada saat ibu hamil menginjak usia kehamilan antara 11-14 minggu. Pada waktu tersebut biasanya pemeriksaan menggunakan USg bertujuan untuk mengetahui perkembangan janin. Kondisi mental janin kemungkinan jika adanya kelainan seperti down syndrom atau autistik dlapat di periksa dengan menggunakan USG. Adapun fungsi lainnya yaitu untuk mengetahui jika ada kelainan pada otak, perut, juga kelainan pada kepala. Tentunya dengan pemeriksaan USG di usia 11-14 bulan kehamilan berbagai kelainan pada janin dapat di deteksi sejak dini.

    Usia 18-23 minggu kehamilan
    Pemeriksaan kehamilan menggunakan USG di usia kehamilan 18-23 minggu dikatakan sangat penting. Pemeriksaan tersebut berfungsi untuk mengetahui gambaran kondisi tali pusat, jumlah air ketuban, hingga posisi janin. Disamping itu pemeriksaan ini dapat berfungsi untuk mengetahui jika adanya kemungkinan kelainan cacat bawaan. Kondisi janin pun dapat di lihat dari pemeriksaan USg tahap ini mulai dari lingkar kepala janin, berat badan, usia bayi, hingga panjang lengan dan paha.

    Usia 33-34 minggu kehamilan
    Pemeriksaan USG di usia kehamilan 33-34 minggu merupakan pemeriksaan terakhit yang bertujuan untuk mengetahui lokasi ari-ari, pertumbuhan janis. lilitan tali pusar., jalan lahir bayi, juga jumlah air ketuban. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu dalam proses menjelang kelahiran.

    Tentunya dengan mengetahui beberapa waktu yang tepat untuk melakukan USG saat hamil akan sangat membantu para ibu hamil dalam mengetahui kondis dan perkembangan janin. Meskipun beberapa waktu tersebut sangat tepat untuk melakukan USG, para ibu hamil juga dapat melakukan pemeriksaan menggunakan USG dalam kondisi mendesak contohnya saat detak jantung janin tidak teratur.

    Baca juga artikel lainnya:

    6 Tips Travelling Yang tepat Untuk Ibu Hamil Muda
    5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil cepat Lelah
    Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Bersih
    Bahaya Minuman Bersoda Untuk Ibu Hamil

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 8, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Maternitas

  • Oleh : Laela Cahyana
  • 2 tahun yang lalu

    Assalamualaikum, bu saya udah telat haid 19 hari biasanya bulan² kemarin haid lancar dan selama setahun nikah saya gak pernah ikut program Kb atau yang lain nya, maaf bu pertanyaan saya sedikit jorok waktu tadi pagi saya kira haid soalnya miss V basa banget, pas saya colek pake tissue ternyata kaya keputihan kentel banget bu? Dan saya belum coba tespack, apa kemungkinan saya hamil bu?

    Cara mengobati inpotensi

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 2 tahun yang lalu

    Dok saya mau menanyakan bagaimana cara mengobati impotensi dan bisakah ipotensi itu karena saraf yang putus?

    Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

  • Oleh : Iis ismayanti
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

    Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

    Ejakulasi dini

  • Oleh : Hendra Pratama
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Halo dokter, saya mau bertanya, kenapa ya setiap kali saya berhubungan intim dengan istri, baru pemanasan saja rasanya penis mau mengeluarkan air mani, dan ketika penis penetrasi ke vagina istri, terkadang tidak sampai satu menit, sudah ejakulasi/keluar air mani, pertanyaannya apakah ini dikatakan ejakulasi yg cukup parah atau normal, dok, dan bolehkah berhubungan intim yg kedua kali dalam satu malam, karena yg kedua kalinya itu agak lama mencapai ejakulasinya, walaupun penis agak pegel?

    Tanya Bidan