Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tanya Bidan,- Brokoli merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan. Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi didalamnya. Dan kandungan gizi dalam brokoli diantaranya asam folat, asam lemak omega 3, vitamin, kalsium , mineral, beta karoten,  zat besi dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran brokoli saat hamil. Karena ada beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil.

    Beberapa Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Salah satu manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit juga tidak mudah terkena virus. Karena sayuran brokoli memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi mampu mempertebal atau memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempersulit masuknya penyakit.

    Mencegah anemia

    Anemia adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Nah, untuk mencegah anemia saat hamil maka konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi seperti brokoli. Sehingga sangat dianjurkan pada saat hamil untuk mengkonsumsi brokoli. Tidak hanya dapat mencegah anemia, tapi juga dapat mengatasi sembelit.

    Melancarkan sistem pencernaan

    Kandungan serat dalam sayuran brokoli dapat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga, kandungan serat didalamnya berfungsi dapat menjaga kesehatan usus, mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

    Mengontrol tekanan darah

    Brokoli juga memiliki manfaat dapat mengatur tekanan darah dan membuatnya stabil. Brokoli juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil yang sedang mengidap tekanan darah tinggi.

    Sumber vitamin K dan Kalsium

    Brokoli memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang berfungsi sebagai tempat menyimpan energi disaat hamil dan pada saat menyusui. Selain vitamin K dalam brokoli juga berguna bagi si jabang bayi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi dan melindungi sistem sarafnya.

    Baik untuk kesehatan kulit

    Brokoli juga bermanfaat sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan brokoli kaya akan vitamin dan mineral bermanfaat mampu mencerahkan kulit selama masa kehamilan.

    Itulah beberapa manfaat brokoli untuk untuk kesehatan ibu hamil. Namun, cara memasak brokoli pun harus benar dan tepat agar memperoleh manfaat dan khasiat dari brokoli. Cara memasak brokoli yang benar adalah dengan cara di kukus, masukan dalam sop dan bisa juga di jus. Dengan begitu kandungan gizi dalam brokoli pun tidak akan hilang dan andapun akan mendapatkan manfaat dari sayuran brokoli.

    Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 23, 2016
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    saya mau tanya ni bu bidan, sudah lebih dari satu bulan ini saya tidak menstruasi, apakah ini awal mula tanda-tanda kehamilan ?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
    Diskusi Dari:
    Lusi

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Dijawab Oleh : Lusi
    Diskusi Dari:
    Disa Khaerunisa

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

    Dijawab Oleh : Disa Khaerunisa
    Diskusi Dari:
    Rennym

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Dijawab Oleh : Rennym