×

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan,- Brokoli merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan. Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi didalamnya. Dan kandungan gizi dalam brokoli diantaranya asam folat, asam lemak omega 3, vitamin, kalsium , mineral, beta karoten,  zat besi dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran brokoli saat hamil. Karena ada beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil.

Beberapa Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit juga tidak mudah terkena virus. Karena sayuran brokoli memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi mampu mempertebal atau memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempersulit masuknya penyakit.

Mencegah anemia

Anemia adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Nah, untuk mencegah anemia saat hamil maka konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi seperti brokoli. Sehingga sangat dianjurkan pada saat hamil untuk mengkonsumsi brokoli. Tidak hanya dapat mencegah anemia, tapi juga dapat mengatasi sembelit.

Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam sayuran brokoli dapat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga, kandungan serat didalamnya berfungsi dapat menjaga kesehatan usus, mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

Related Posts :

    Mengontrol tekanan darah

    Brokoli juga memiliki manfaat dapat mengatur tekanan darah dan membuatnya stabil. Brokoli juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil yang sedang mengidap tekanan darah tinggi.

    Sumber vitamin K dan Kalsium

    Brokoli memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang berfungsi sebagai tempat menyimpan energi disaat hamil dan pada saat menyusui. Selain vitamin K dalam brokoli juga berguna bagi si jabang bayi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi dan melindungi sistem sarafnya.

    Baik untuk kesehatan kulit

    Brokoli juga bermanfaat sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan brokoli kaya akan vitamin dan mineral bermanfaat mampu mencerahkan kulit selama masa kehamilan.

    Itulah beberapa manfaat brokoli untuk untuk kesehatan ibu hamil. Namun, cara memasak brokoli pun harus benar dan tepat agar memperoleh manfaat dan khasiat dari brokoli. Cara memasak brokoli yang benar adalah dengan cara di kukus, masukan dalam sop dan bisa juga di jus. Dengan begitu kandungan gizi dalam brokoli pun tidak akan hilang dan andapun akan mendapatkan manfaat dari sayuran brokoli.

    Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 23, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Jarak Kopi Dan Obat

  • Oleh : Novita dwi
  • 6 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

    Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

  • Oleh : Asti Anisa
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat pagi, saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Terima kasih

    Masalah Pada Vagina

  • Oleh : Jenni
  • 6 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    .

  • Oleh : Yola
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assallamuallaikum bu bidan … Umur saya 24 tahun . Saya ingin bertanya kalau jari telunjuk masuk ke vagina karena kecolok gitu sampe menyebabkan keluar darah sedikit apakah itu bisa di katakan bahwa saya sudah tidak perawan lagi bu bidan karena keluar darah sedikit .?? saat ini status saya belum menikah . Dan blm pernah berhubungan badan apalagi sampai penis masuk ke vagina. Tapi akhir2 ini saya jadi sering merasakan kentut lewat vagina . Itu kenapa yah bu bidan ? Apa tandanya saya sudah tidak perawan lg krn kentut nya bisa keluar lewat vagina. Tolong di jawab ya bu bidan Terimakasih

  • Oleh : Yola
  • curhat

  • Oleh : Aini Muti
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan