×

Manfaat Hipnosis Selama Persalinan Dan Kehamilan

Bagikan Artikel :

Hallo para pembaca setia Curhat Bidan , seperti biasa jum’at kali ini juga kita akan menulis artikel yang berhubungan dengan persalinan. Nah judul dari tulisan ini sendiri ialah manfaat hipnosis selama persalinan dan kehamilan. Jika bunda belum mengetahui apa itu hypnosis, kita akan ulas secara sekilas mengenai hipnosis itu sendiri.

Apa Itu Hipnosis?

Hipnosis disebut juga hipnoterapi atau sugesti. Suatu kondisi dimana Anda telah meningkatkan focus dan konsentrasi. Hipnosis biasanya dilakukan dengan bantuan terapis menggunakan pengulangan verbal dan citra mental. Ketika Anda berada di bawah hipnosis, Anda biasanya merasa tenang dan santai, dan lebih terbuka untuk menerima saran.

Related Posts :

    Hipnosis dapat digunakan untuk membantu Anda mendapatkan kontrol atas perilaku yang tidak diinginkan atau untuk membantu Anda mengatasi kecemasan atau nyeri. Sangat penting untuk mengetahui bahwa meskipun Anda lebih terbuka untuk menerima saran selama hipnosis, Anda tidak akan kehilangan kontrol atas perilaku Anda.

    Manfaat Hipnosis Selama Persalinan Dan Kehamilan


    Hipnosis telah digunakan selama persalinan selama kurang lebih 100 tahun. Banyak studi penelitian telah dilakukan untuk mempelajari pengaruh hipnosis pada kehamilan dan persalinan. Hipnosis telah digunakan pada wanita selama persalinan untuk membantu mengurangi rasa sakit. Hipnosis dapat digunakan sebagai analgesik alami untuk tidak hanya mengurangi rasa sakit tapi mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit. Selain manajemen nyeri, self-hypnosis telah digunakan untuk mengontrol pernapasan selama persalinan. Studi lain menunjukkan bahwa hipnosis memiliki manfaat psikologis bagi ibu dan bayi yang baru lahir.

    Sebuah meta-analisis dari penelitian yang dilakukan dengan melibatkan hipnosis dengan wanita hamil yang dibandingkan dengan intervensi non-hypnosis, tidak ada perawatan, dan plasebo. Pengukuran utama dalam meta-analisis termasuk analgesia digunakan selama skor nyeri persalinan dan juga selama persalinan. Meta-analisis termasuk sekitar 8.395 perempuan yang telah menggunakan hipnosis selama kehamilan atau persalinan. Analisis menyimpulkan bahwa lebih sedikit perempuan yang diperlukan untuk menggunakan bentuk analgesia selama persalinan. Wanita yang menerima hipnosis melaporkan rasa nyeri selama proses persalinan berkurang dibandingkan pada kelompok kontrol.

    Dalam studi lain, 60 wanita hamil ikut berpartisipasi. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan sugesti mereka; semua menerima pendidikan melahirkan dan tips tentang kontrol nyeri. Kedua kelompok kemudian dibagi dengan setengah menerima induksi hipnosis dan lainnya belajar bernapas dan latihan relaksasi selama persalinan. Wanita pada kelompok hypnosis dan pada kelompok sugestibilitas tinggi dilaporkan mendapat rasa sakit yang lebih ringan. Mereka yang menggunakan hipnosis dilaporkan menggunakan obat pereda nyeri lebih seikit dan memiliki tahapan lebih pendek saat melahirkan.

    Meta-analisis lain melihat berbagai penelitian yang dilakukan dengan menggunakan hipnosis dengan wanita hamil, hasilnya menunjukkan bahwa hipnosis dapat mengurangi tingkat intervensi medis selama persalinan dan mengurangi risiko untuk sang ibu dan bayi yang baru lahir. Satu studi menunjukkan bahwa perempuan yang dilatih untuk menggunakan hipnosis selama persalinan sangat jarang mengalami depresi postpartum. Hypnosis dapat membantu mengelola depresi dan kecemasan yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan, dan menjadi ibu baru. Hal ini menunjukkan bahwa hipnosis dapat memiliki banyak manfaat pada kedua perempuan dan bayi mereka yang baru lahir.

    Satu studi menemukan bahwa perempuan di trimester kedua dan ketiga di kehamilan mereka lebih dibisikkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan menjadi lebih jauh dalam kehamilan mereka, sugesti mereka meningkat sesuai dengan skala Harvard hypnotizability. Ibu hamil juga dinilai lebih tinggi pada Skala Imajinasi Kreatif. Penelitian ini menunjukan hasil perempuan pada dua periode waktu, ketika mereka hamil dan tidak hamil. Penelitian menunjukkan bahwa jika wanita lebih dibisikkan selama kehamilan , ada lebih dari alasan untuk menggunakan hipnosis untuk kehamilan dan persalinan.

    Selain mengetahui manfaat hypnosis selama persalinan, mungkin bunda juga akan tertarik mengetahui beberapa tips agar dapat melahirkan normal . Bunda bisa mencarinya di buku, majalah ataupun internet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda, dan kami do’akan agar bunda bisa melahirkan dengan lancar dan memiliki buah hati yang sehat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 15, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

  • Oleh : ade
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil darinya ?

    Keluarnya bercak darah

  • Oleh : ade
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    tumbuh gigi saat lahir

  • Oleh : Jasmine Putri Mustofah
  • 2 tahun yang lalu

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    Perbedaan bercak kehamilan dan menstruasi

  • Oleh : Raysha Azzahra
  • 5 bulan yang lalu

    Hpt saya bulan april tgl 22 dok tapi darah yg keluar saat menstruasi hanya sedikit seperti bercak kemudian tgl 3 mei keluar bercak lagi berwarna coklat kira kira karna apa ya dok soal nya saya belum pernah seperti ini berbahaya gak dok

    Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 1 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan