×

Manfaat Hipnosis Selama Persalinan Dan Kehamilan

Bagikan Artikel :

Hallo para pembaca setia Curhat Bidan , seperti biasa jum’at kali ini juga kita akan menulis artikel yang berhubungan dengan persalinan. Nah judul dari tulisan ini sendiri ialah manfaat hipnosis selama persalinan dan kehamilan. Jika bunda belum mengetahui apa itu hypnosis, kita akan ulas secara sekilas mengenai hipnosis itu sendiri.

Apa Itu Hipnosis?

Hipnosis disebut juga hipnoterapi atau sugesti. Suatu kondisi dimana Anda telah meningkatkan focus dan konsentrasi. Hipnosis biasanya dilakukan dengan bantuan terapis menggunakan pengulangan verbal dan citra mental. Ketika Anda berada di bawah hipnosis, Anda biasanya merasa tenang dan santai, dan lebih terbuka untuk menerima saran.

Hipnosis dapat digunakan untuk membantu Anda mendapatkan kontrol atas perilaku yang tidak diinginkan atau untuk membantu Anda mengatasi kecemasan atau nyeri. Sangat penting untuk mengetahui bahwa meskipun Anda lebih terbuka untuk menerima saran selama hipnosis, Anda tidak akan kehilangan kontrol atas perilaku Anda.

Manfaat Hipnosis Selama Persalinan Dan Kehamilan

Related Posts :


    Hipnosis telah digunakan selama persalinan selama kurang lebih 100 tahun. Banyak studi penelitian telah dilakukan untuk mempelajari pengaruh hipnosis pada kehamilan dan persalinan. Hipnosis telah digunakan pada wanita selama persalinan untuk membantu mengurangi rasa sakit. Hipnosis dapat digunakan sebagai analgesik alami untuk tidak hanya mengurangi rasa sakit tapi mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit. Selain manajemen nyeri, self-hypnosis telah digunakan untuk mengontrol pernapasan selama persalinan. Studi lain menunjukkan bahwa hipnosis memiliki manfaat psikologis bagi ibu dan bayi yang baru lahir.

    Sebuah meta-analisis dari penelitian yang dilakukan dengan melibatkan hipnosis dengan wanita hamil yang dibandingkan dengan intervensi non-hypnosis, tidak ada perawatan, dan plasebo. Pengukuran utama dalam meta-analisis termasuk analgesia digunakan selama skor nyeri persalinan dan juga selama persalinan. Meta-analisis termasuk sekitar 8.395 perempuan yang telah menggunakan hipnosis selama kehamilan atau persalinan. Analisis menyimpulkan bahwa lebih sedikit perempuan yang diperlukan untuk menggunakan bentuk analgesia selama persalinan. Wanita yang menerima hipnosis melaporkan rasa nyeri selama proses persalinan berkurang dibandingkan pada kelompok kontrol.

    Dalam studi lain, 60 wanita hamil ikut berpartisipasi. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan sugesti mereka; semua menerima pendidikan melahirkan dan tips tentang kontrol nyeri. Kedua kelompok kemudian dibagi dengan setengah menerima induksi hipnosis dan lainnya belajar bernapas dan latihan relaksasi selama persalinan. Wanita pada kelompok hypnosis dan pada kelompok sugestibilitas tinggi dilaporkan mendapat rasa sakit yang lebih ringan. Mereka yang menggunakan hipnosis dilaporkan menggunakan obat pereda nyeri lebih seikit dan memiliki tahapan lebih pendek saat melahirkan.

    Meta-analisis lain melihat berbagai penelitian yang dilakukan dengan menggunakan hipnosis dengan wanita hamil, hasilnya menunjukkan bahwa hipnosis dapat mengurangi tingkat intervensi medis selama persalinan dan mengurangi risiko untuk sang ibu dan bayi yang baru lahir. Satu studi menunjukkan bahwa perempuan yang dilatih untuk menggunakan hipnosis selama persalinan sangat jarang mengalami depresi postpartum. Hypnosis dapat membantu mengelola depresi dan kecemasan yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan, dan menjadi ibu baru. Hal ini menunjukkan bahwa hipnosis dapat memiliki banyak manfaat pada kedua perempuan dan bayi mereka yang baru lahir.

    Satu studi menemukan bahwa perempuan di trimester kedua dan ketiga di kehamilan mereka lebih dibisikkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan menjadi lebih jauh dalam kehamilan mereka, sugesti mereka meningkat sesuai dengan skala Harvard hypnotizability. Ibu hamil juga dinilai lebih tinggi pada Skala Imajinasi Kreatif. Penelitian ini menunjukan hasil perempuan pada dua periode waktu, ketika mereka hamil dan tidak hamil. Penelitian menunjukkan bahwa jika wanita lebih dibisikkan selama kehamilan , ada lebih dari alasan untuk menggunakan hipnosis untuk kehamilan dan persalinan.

    Selain mengetahui manfaat hypnosis selama persalinan, mungkin bunda juga akan tertarik mengetahui beberapa tips agar dapat melahirkan normal . Bunda bisa mencarinya di buku, majalah ataupun internet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda, dan kami do’akan agar bunda bisa melahirkan dengan lancar dan memiliki buah hati yang sehat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 15, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    Impotensi

  • Oleh : Hasbi Syadiki
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pagi suster
    Nama saya hasbi syadiki
    Umur :19 tahun
    Saya memang sering melakukan onani dari sejak kelas smp 1 sampai sekarang
    Belakangan ini penis saya susa eraksi tapi penis saya eraksi tadi pagi habis dari bangun tidur
    Saya pancing nonton film dewa mr p saya eraksi tapi klau diluar rumah saya lihat cewek seksi mr p saya susah eraksi.
    Itu kenapa ya suster
    terimakasih

    .

  • Oleh : Yola
  • 3 tahun yang lalu

    Assallamuallaikum bu bidan … Umur saya 24 tahun . Saya ingin bertanya kalau jari telunjuk masuk ke vagina karena kecolok gitu sampe menyebabkan keluar darah sedikit apakah itu bisa di katakan bahwa saya sudah tidak perawan lagi bu bidan karena keluar darah sedikit .?? saat ini status saya belum menikah . Dan blm pernah berhubungan badan apalagi sampai penis masuk ke vagina. Tapi akhir2 ini saya jadi sering merasakan kentut lewat vagina . Itu kenapa yah bu bidan ? Apa tandanya saya sudah tidak perawan lg krn kentut nya bisa keluar lewat vagina. Tolong di jawab ya bu bidan Terimakasih

  • Oleh : Yola
  • Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

    Tanya Bidan