×

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1

Bagikan Artikel :

Tanya bidan – Pada masa kehamilan, bunda diharuskan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu maupun janin. Karena, gizi dan nutrisi merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan. Apabila, ibu hamil kekurangan gizi dan nutrisi maka tidak menutup kemungkinan janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga menyebabkan timbulnya berbagai komplikasi. Maka dari itu, sebaiknya bunda mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi selama kehamilan, apalagi pada trimester pertama.

Berdasarkan para ahli medis mengungkapkan bahwa, nutrisi merupakan zat energi yang dibutuhkan dalam mempertahankan kesehatan, menjaga pertumbuhan dan juga membuat organ bisa menjalankan tugasnya secara formal. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan ibu hamil pada trimester 1? Ini dia ulasan mengenai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pada trimesteri 1.

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1

Kalsium dan zat besi
Anda bisa mendapatkan kedua nutrisi diatas dengan mengonsumsi bayam. Dengan mengonsumsi bayam, maka Anda dapat mendorong produksi darah lebih banyak sehingga dapat meningkatkan volume darah yang disalurkan ke rahim. Dengan mengonsumsi bayam, tubuh Anda pun akan terhindar dari kekurangan darah.

Selain itu, brokoli juga bagus untuk ibu hamil usia 2 bulan. Karena dapat mencukupi kebutuhan zat besi, asam folat, kalsium dan juga vitamin C sebagai antioksidan. Sehingga, kedua jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi saat hamil trimester 1.

Protein, vitamin dan serat
Salah satu sumber ketiga nutrisi tersebut yaitu Yoghurt. Kandungan vitamin D pada yoghurt bagus untuk menguatkan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kandungan seratnya pun mampu mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar yang sering dialami pada masa kehamilan.

Selain itu, telur juga memberikan nutrisi berupa kalsium dan vitamin serta protein yang tentunya dibutuhkan oleh ibu hamil. Maka dari itu, telur juga bisa bunda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kandungan Anda.

Protein, omega 3 dan vitamin E

Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi kacang almond. Ketiga nutrisi ini sangat penting untuk memenuhi nutrisi kehamilan di trimester pertama seperti untuk meningkatkan perkembangan otak janin, dll.

Asam Folat, kalsium dan vitamin D

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi sayuran asparagus. Dalam 5 asparagus mengandung 100 mikrogram asam folat yang penting bagi ibu hamil di masa awal kehamilan. Maka dari itu, sayuran ini sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Omega 3
Tentunya nutrisi ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon. Jenis ikan ini terbukti kaya akan omega 3 yang penting untuk perkembangan otak janin dan bagus untuk menutrisi ibu hamil pada trimester pertama.

Related Posts :

    Vitamin C
    Vitamin C ini biasanya banyak terkandung pada buah-buahan seperti jeruk yang juga berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Buah berwarna kuning ini, tidak hanya kaya akan vitamin C tapi juga kaya akan asam folatnya yang berfungsi untuk mencegah bayi lahir cacat.

    Itulah nutrisi-nutrisi penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan untuk menghindari beberapa hal yang bisa membahaya kondisi ibu dan janin. Penting sekali untuk ibu hamil memenuhi asupan nutrisi diatas selama kehamilan trimester 1. Semoga kehamilan Anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 20, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara membangun karakter anak lebih mandiri

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

    Mendapatkan anak laki laki

  • Oleh : Rizki Putra
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Program yg tepat

    Cara Membuat Anak Mau Belajar di Rumah

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • Benjola di vagina

  • Oleh : Rona dwi Arifaa
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya mau nanya saya ada benjolan didekat bibir vagina saya,rasanya nyeri saat jalan dan saat duduk. Sudah 6 hari saya belom meriksaa dan benjolan semakin membesar. Bagaimana cara mengatasinya dan apa nama penyakit dan penyebabnya. Tolong dijawab

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : uye (wanita)
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Tanya Bidan