Penyebab Perut Kencang Pada Ibu Hamil Trimester Awal

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Penyebab Perut Kencang Pada Ibu Hamil Trimester AwalBidan Online,-  Banyak gejala yang mungkin belum pernah di rasakan wanita sebelum hamil. Ya gejala pada ibu hamil memang bermacam-macam dan tidak setiap ibu hamil sama merasakan gejala tersebut. Salah satu gejala atau keluhan yang biasanya di rasakan ibu hamil yaitu perut kencang. Keluhan perut kencang pada ibu hamil memang sering kali membuat khawatir terlebih lagi untuk wanita yang baru pertama kali hamil. Lalu apakah perut kencang saat hamil berbahaya, lalu apa saja penyebabnya? simak ulasannya berikut ini.

    Pada dasarnya keluhan perut kencang pada ibu hamil muda bisa dikatakan sebagai hal yang wajar. Mengapa demikian? faktanya perut kencang saat hamil termasuk kedalam proses yang mendukung perkembangan janin dalam kandungan.
    Tidak sedikit ibu hamil yang merasa khawatir saat merasakan keluhan perut kencang terutama untuk wanita yang baru mengalami hamil. Namun tenang saja ya bun, nyatanya perut kencang pada kehamilan normal dikatakan tidak berbahaya. Meskipun demikian setiap ibu hamil harus tetap waspada apalagi saat keluhan perut kencang terjadi dalam frekuensi yang sering. Segera periksakan ke dokter jika mengalami keluhan perut kencang 4x dalam satu jam.
    Saat ibu hamil mengalami perut kencang hal tersebut dapat terjadi karena rahim sedang berkembang yang menyebabkan dorongan pada otot perut alhasil perut akan terasa lebih kencang saat hamil. Selain itu ada beberapa penyebab perut kencang pada ibu hamil lainnya yang wajib diketahui seperti:
    Konstipasi
    Konstipasi atau sering juga disebut dengan sembelit dapat menjadi penyebab perut kencang saat hamil. Sembelit memang sering kali di alami oleh ibu hamil akibat dari peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan sistem pencernaan terhambat. Untuk mengatasi konstipasi saat hamil dapat mengonsumsi makanan kaya akan serat, banyak minum air putih, hingga olahraga ringan yang teratur.
    Nyeri ligamen
    Ligamen sendiri memang ikut andil dalam kehamilan wanita. Di mana round ligamen berfungsi untuk menyokong rahim. Ligamen yang meregang akibat dari rahim yang membesar seiring bertambahnya usia kandungan bisa menyebabkan perut kencang dan sakit.

    Kram
    Kram sering kali di rasakan ibu hamil muda dan tua. Kram yang terjadi pada saat hamil muda bisa sebabkan oleh proses melekatnya sel telur pada dinding rahim. Sedangkan kram saat hamil trimester kedua bisa di sebabkan oleh kinerja otot rahim yang terlalu keras untuk melindungi kehamilan. Akibat dari kram saat hamil gejala yang muncul yaitu perut kencang.
    Hubungan intim
    Saat hamil tidak jarang pasangan melakukan hubungan intim. Faktanya hubungan intim yang di lakukan saat hamil muda dapat menyebabkan wanita mengalami perut kencang. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, saat wanita mencapai orgasme maka otot-otot akan bereaksi. Akibat dari reaksi otot saat orgasme maka akan berpengaruh pada vagina dan rahim yang menyebabkan kram dan keluhan perut kencang.
    Selain dari penyebab perut kencang di atas, ada beberapa penyebab lainnya yang harus di waspadai. Seperti perut kencang dapat terjadi karena kehamilan ektopik. Gejala yang biasanya di rasakan yaitu perut kencang dan sakit, hingga mengalami pendarahan. Perut kencang saat hamil juga dapat menjadi tanda penyakit tertentu seperti usus buntu, batu ginjal, atau infeksi saluran kemih (ISK).
    Pada dasarnya perut kencang pada ibu hamil tidak berbahaya, namun para ibu hamil harus lebih waspada jika perut kencang muncul di barengi dengan beberapa gejala lainnya seperti sakit yang tidak tertahankan, demam, mual, muntah, nyeri saat buang air kecil, hingga pendarahan. Ada baiknya periksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan cepat.
    Baca juga artikel lainnya:

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 20, 2017
    Diskusi Dari:
    zane65n04843

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Dijawab Oleh : zane65n04843
    Diskusi Dari:
    Ocha Setiani

    Selamat sore bu bidan,
    Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

    Dijawab Oleh : Ocha Setiani
    Diskusi Dari:
    Luluk mukarromah

    halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

    terima kasih

    Dijawab Oleh : Luluk mukarromah
    Diskusi Dari:
    septiihandayani

    Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

    Dijawab Oleh : septiihandayani
    Diskusi Dari:
    Riri

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Riri