×

Rekomendasi Olahraga Untuk Yang Sedang Program Hamil

Bagikan Artikel :

Rekomendasi Olahraga Untuk Yang Sedang Program Hamil

Menanti buah hati membutuh kesabaran yang ekstra. Selain melakukan program hamil ke dokter spesialis kandungan. Anda bisa melakukan olahraga yang berpengaruh terhadap kesuburan. Anda bisa melakukan olahraga ini dengan pasangan. Apa saja jenis olahraga yang direkomendasikan? Yuk simak di bawah ini!

  1. Jalan Sehat dan Jogging
    Jenis olahraga ini adalah jenis yang paling bagus, murah dan sederhana untuk dilakukan dan sangatlah baik dalam menjaga kebugaran tubuh selama program hamil. Dengan menjaga irama olahraga yang teratur yaitu setidaknya 30 menit setiap hari, maka fisik dan stamina akan terjaga. Sehingga tubuh bisa memproduksi kadar hormon reproduksi yang seimbang yang tentunya akan meningkatkan kesehatan tubuh.
  2. Pilates
    Pilates merupakan latihan yang berfokus membangun fleksibilitas kekuatan dan ketahanan tubuh. Pilates juga dapat membantu menguatkan bagian perut dan postur tubuh sebelum hamil. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk kehamilan Anda nantinya. Ketahanan perut dan postur tubuh yang kuat mampu melindungi Anda dari keluhan sakit punggung saat hamil. Pilates juga akan membantu mempercepat pemulihan pascamelahirkan di samping. Sementara, kekuatan otot panggul yang meningkat akan menambah kemampuan seksual.
  3. Yoga
    Yoga merupakan olahraga yang baik untuk Anda yangs sedang mengikuti program hamil. Menggabungkan gerakan tubuh, fokus mental dan pengaturan pernapasan memiliki manfaat bagi Anda yang ingin menjalani program hamil, antara lain meningkatkan kekuatan, meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi stres yang memengaruhi kesuburan. Di samping mengurangi stres, pose-pose dalam Yoga dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke area panggul dimana organ reproduksi wanita berada.
  4. Berenang
    Berenang merupakan salah satu latihan kardio yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan mempertahankan berat badan ideal. Jenis olahraga ini juga sangat baik untuk Anda yang sedang ikut program hamil. Olahraga untuk program hamil ini cocok dilakukan jika Anda dan pasangan Anda memiliki masalah kesuburan yang dipengaruhi berat badan. Berenang juga termasuk latihan kardio berintensitas sedang yang memang disarankan untuk Anda yang sedang mengupayakan kehamilan.
    Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, latihan kardio intensitas tinggi justru akan menguras tenaga yang membuat tubuh jadi terlalu stres dan menghambat proses pembuahan.
  5. Bersepeda di Dalam Ruangan
    Bersepeda di dalam ruangan bisa menjadi olahraga yang baik untuk Anda yang sedang ikut program hamil. Karena memungkinkan Anda mengayuh dengan langkah sendiri tanpa risiko terjatuh atau menekan sendi pergelangan kaki dan lutut. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat bersepeda di dalam ruangan salah satunya pastikan Anda tidak berolahraga berlebihan, istirahatlah sebentar jika Anda merasa terlalu kelelahan pada saat mengayuh, sesuaikan stang agar Anda bisa lebih tegak dan tidak condong ke depan dan tetap duduk selama mengayuh agar tidak terlalu tegang.
  6. Menari
    Menari juga merupakan olahraga untuk program hamil. Menari saat program hamil memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi, yaitu bebas dari ketidaknyamanan terkait kehamilan, meningkatkan stamina sebelum, selama, dan setelah persalinan, mengurangi kebutuhan medis selama persalinan dan kelahiran dan pemendekan periode pemulihan postpartum. Berlatih menari saat hamil akan membantu Moms mengurangi intensitas rasa sakit selama fase persalinan.

Jenis Olahraga Yang Sebaiknya Dihindari

  1. Bikram yoga/-hot yoga.
  2. Core strength training setelah ovulasi, termasuk core Pilates.
  3. Olahraga 7 kali seminggu dengan durasi 45-60 menit.
  4. Olahraga lebih dari 1 jam.
  5. Olahraga dengan intensitas tinggi (lari, gimnastik, balet, dll).

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 24, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Vagina

  • Oleh : Qurata Aini
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ..
    Buk saya tidak nyaman di bagian vagina saya …selain keputihan ada juga benjolan di vagina….terkadang datang rasa denyutan yg sakit memang cuma sebentar tp itu dalam seminggu 2 kali …. Kalau berhubungan intin kputihannya melebihi keputihan yg biasa …. Terkadang saya merasa takut …krna benar2 udah tidak wajar …bagaimana solusinya buk ….terima kasih

    Ciri2 ibu hamil terkena rubella dan sejenisnya

  • Oleh : Rara Anteng
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok mau tanya. Pas hamil 5 bln saya masuk rumah sakit karna semua otot saya sakit dan panas juga setelah itu memasuki usia kandungan 30w jari kaki tengah saya sakit sprt kesemutan itu sampai 1bln tidak hilang2. Dan sekarang memasuki 37w saya malah flu atau sering keluar lendir di hidung dan mulut apakah itu ciri2nya virus rubella dok, secara kerja saya sering berinteraksi dgn anak2 yg terkena rubella dari kandungan . terimakasih

    Keputihan

  • Oleh : Hilya Elzima
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Hari ke 8 haid lendir servix saya meningkat hingga hari ke 10 kadang lebih.
    Keputihan banyak, berwarna bening namun bersererat putih susu (banyak sekali) tidak gatal juga tidak bau, namun disertai bercak darah segar namun sedikit..

  • Oleh : Hilya Elzima
  • Ginekomastia

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamuallaikum, saya mau tanya cara agar memperkecil payudara pada pria yg terkana ginekomastia gimna ya dok? Saya resah bgt
    Saya tunggu jawaban nya ya dok, terima kasih

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Tanya Bidan