×

Tips Memilih Dokter Kandungan Yang Tepat Dan Berkualitas

Bagikan Artikel :

Tips Memilih Dokter Kandungan Yang Tepat Dan Berkualitas

Bagi pasangan yang sudah menikah kehamilan merupakan momen paling dinantikan agar menambah keharmonisan dan kualitas dalam berumah tangga. Meskipun memang tidak semua pasangan baru belum bisa mendapatkan kehamilan, namun dengan tetap menjaga kehamilan dan mengikuti progam kehamilan kemungkinan akan secepatnya terjadi.

Setelah tahu istri hamil, pastinya pasangan muda harus memilih bidan atau dokter kandungan yang tepat dan berkualitas. Tentu untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal untuk bertugas melakukan pemeriksaan dan monitoring perkembangan janin didalam kandungan sekaligus mengetahui kesehatany ibu yang mengandungnya. Mereka juga sebaiknya menjadi penolong saat anda melahirkan karena mereka lebih mengetahui riwayat kehamilan anda.

Untuk memilih dokter kandungan yang tepat dan berkualitas tentu perlu pertimbangan, diantaranya:

  • Survey dokter kandungan atau bidan yang berada disekitar anda, bisa dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari saudara atau teman-teman anda atau juga anda bisa memilih dokter yang pernah menanganai anda sebelum hamil (pemeriksaan papsmear) atau saat program kehamilan.
  • Pillih dokter kandungan atau bidan yang mempunyai tempat praktek dengan fasilitas lengkap, reputasi, dan tingkat pelayanan yang bagus.
  • Sebaiknya anda juga memilih dokter kandungan dengan keahlian sesuai riwayat kesehatan anda.
  • Pilih dokter kandungan atau bidan yang bersedia dihubungi setiap saat apabila anda mengalami keluhan yang tidak wajar.
  • Sebaiknya pilih tempat praktek yang tidak terlalu jauh dari rumah dan antiran pasien tidak terlalu banyak.
  • Dokter kandungan atau bidan bisa dipilih sesuai rujukan kantor atau perusahaan asuransi bertujuan agar mudah mengurus klaim.
  • Dokter kandungan pria ataupun wanita itu pilihan subyektif yang penting bisa membuat anda nyaman untuk berkonsultasi saat pemeriksaan. Sebagian ibu hamil akan memilih dokter kandungan wanita atau bidan karena lebih mudah untuk berkonsultasi setidaknya mereka juga pernah merasakan kehamilan dan proses persalinan.
  • Jika anda menginginkan persalinan normal maka sebaiknya pilih kepda bidan atau dokter dengan riwayat ibu hamil dengan persalinan normal lebih banyak karena jenis proses persalinan juga berhubungan dengan motivasi dan semangat dokter untuk mengusahakan persalinan normal untuk si pasien.

Itulah tips memilih dokter kandungan yang tepat dan berkualitas sebagai upaya mendapatkan perawatan kehamilan dan persalinan yang maksimal sesuai yang diharapkan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 5, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ingin hamil lagi

  • Oleh : Erna Manurung
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Gini buk bidan, saya habis melahirkan sekitar bulan 12 kemarin, tapi anak saya meninggal begitu lahir, dan saya belum mendapat haid sampai saat ini, tapi saya sudah berhubungan sama suami saya sekitar 2 minggu yang lalu dan rutin karna memang kami tidak menunda untuk kehamilan selanjut nya tapi sekarang saya merasakan sakit perut dibagian bawah, saya bingung ini gejala tanda kehamilan atau mau PMS y buk bidan,? Soal ny sudah saya tespek hasil nya negatif tapi sakit perut nya sudah berlangsung beberapa hari ini dan tidak ada keluar darah yang ada keluar keputihan terus menerus dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil lagi sebelum datang haid setelah melahirkan?

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    pengen cepat hamil

  • Oleh : albertag59
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

    Kehamilan

  • Oleh : Aprilia Cantika
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum,maaf saya mau bertanya.
    Sudah dari bulan februari kemarin sampai bulan Maret ini saya belum haid sama sekali,apa begitu sudah terkategorikan saya sedang hamil?

  • Oleh : Aprilia Cantika
  • mengatasi stres

  • Oleh : hayleyfrench7
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

    Tanya Bidan