×

Tips Tidur Nyenyak dan Pulas Saat Hamil Trimester Tiga

Bagikan Artikel :

Tips Tidur Nyenyak dan Pulas Saat Hamil Trimester TigaBidan Online,- Memasuki trimester ketiga tidak sedikit ibu hamil yang merasakan berbagai keluhan yang membuat kondisi tidak nyaman. Keluhan yang banyak di alami ibu hamil trimester ketiga yaitu kesulitan untuk tidur nyenyak. Ya memang hal tersebut memang saja wajar terjadi terlebih lagi ukuran perut yang semakin membesar bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman saat tidur. Posisi tidur ibu hamil memang memiliki dampak postif bagi kenyamanan ibu hamil. Lalu apa saja yang harus di lakukan agar ibu hamil dapat tidur nyenyak? Karena tidur yang berkualitas saat hamil memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Berikut ini beberapa tips agar tidur nyenyak saat hamil tua.

Tentunya dengan mencari posisi tidur yang nyaman saat hamil akan sangat memudahkan para ibu hamil mendapatkan tidur yang berkualitas. Posisi tidur yang sangat di sarankan untuk ibu hamil yaitu miring ke kiri, diketahui posisi tersebut juga dapat melancarkan sirkulasi darah ke plasenta. Tidak hanya itu ada beberapa tips yang bisa ibu hamil lakukan agar tidur lebih nyenyak dan pulas.

Hindari makan terlalu banyak
Saat menjelang tidur sebaiknya ibu hamil menghindari makan terlalu banyak. Jika anda merasa lapar saat menjelang tidur di sarankan untuk mengkonsumsi makanan ringan yang sehat dengan porsi kecil. Hindari mengkonsumsi makanan berat saat menjelang tidur seperti nasi ataupun makanan cepat saji. Perut yang terlalu kenyang atau penuh dapat membuat tidak nyaman saat di bawa tidur. Mengkonsumsi buah ataupun snak sangat di sarankan bagi ibu hamil yang merasa lapar saat menjelang tidur.

Minum susu
Susu memang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Tdiak hanya sehat nyatanya minum susu hangat sebelum tidur dapat membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak. Pastikan ibu hamil memilih susu dengan kandungan asam amino tryptophan. Diketahui susu yang mengandung asam amino tryptophan dapat meningkatkan hormon serotin dalam otak sehingga tidur anda lebih nyenyak dan pulas.

Mandi air hangat
Kondisi badan yang bersih dan wangi nyatanya dapat membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Mandi air hangat menggunakan sabun beraoroma lavender atau melati dapat membuat pikiran dan badan anda lebih rileks.

Posisi tidur
Mencari posisi tidur yang nyaman bagi ibu hamil dapat membuat tidur lebih nyenyak. Posisi tidur terbaik bagi ibu hamil trimester kedua dan ketiga yaitu miring ke kiri. Bukan tanpa alasan posisi tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah, oksigen, juga nutrisi lainnya ke plasenta. Tidak hanya itu posisi tersebut juga dapat mencegah timbulnya asam lambung naik ke kerongkongan. Disarankan juga untuk menambah bantalan empuk untuk menopang tubuh bagian belakang seperti pinggang dan pinggul.

Latihan pernapasan
Latihan menarik napas secara teratur menjelang tidur dapat membantu mengurangi ketegangan otot pada ibu hamil. Mulailah dengan menarik napas baik dalam kondisi duduk ataupun berbaring lakukan beberapa kali secara perlahan sampai anda merasa lebih rileks.

Masalah sulit tidur pada ibu hamil memang menjadi salah satu hal yang umum di rasakan ibu hamil. Lebih berfokus pada hal-hal menyenangkan dapat membuat anda merasakan indahnya proses kehamilan. Ajak pasangan untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi setiap keluhan yang di rasakan ibu hamil. Jika keluhan anda semakin memburuk maka akan sangat di sarankan untuk menemui dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Baca juga artikel lainnya:

5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
Waktu Yang tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil
Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan
Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar
Tips Cara Merangsang Kehamilan Yang Efektif

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 29, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Puting susu pria

  • Oleh : Terima Harapan Zai
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Cara mengatasi puting susu pria yang menonjol

    Alat vital penis

  • Oleh : R. Rienna
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Gmn cara nya memperbesar penis…

    Cara merawat kehamilan kembar agar tetap sehat

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • mengatasi gatal pada puting saat menyusui

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

    Tanya Bidan