Proses Persalinan Yang Berlangsung Sangat Cepat Memiliki Risiko Tinggi

Proses Persalinan Yang Berlangsung Sangat Cepat Memiliki Risiko Tinggi

Persalinan adalah proses yang dinanti-nanti oleh setiap wanita hamil. Persalinan yang berlangsung cepat biasanya hal yang diinginkan oleh sebagian wanita. Mereka menganggap bahwa persalingan yang berlangsung cepat adalah hal yang menguntungkan karena akan merasakan nyeri bersalin yang sebentar. Namun di sisi lain proses bersalin yang cepat juga memiliki risiko seperti perdarahan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Persalinan yang berlangsung terlalu cepat atau partus presipitatus yaitu persalinan yang sangat cepat berlangsung dalam 2-3 jam. Partus presipitatus dapat terjadi akibat resistensi jaringan lunak jalan lahir yang terlalu rendah, kontraksi abdomen terlalu kuat dan relaksasi yang kurang.

Penyebab Persalinan Presipitatus

1. Tahanan yang rendah pada bagian jalan lahir
2. Kontraksi uterus/ rahim yang terlalu kuat
3. Pada keadaan yang sangat jarang dijumpai oleh tidak adanya rasa nyeri pada saat his sehingga ibu tidak menyadari adanya proses-proses persalinan yang sangat kuat itu

Tanda dan Gejala Partus Presipitatus

Wanita yang mengalami partus presipitatus akan mengalami ambang nyeri yang tidak biasanya atau tidak menyadari kontraksi rongga perut. Ketidaknyamanan punggung bagian bawah, kontraksi uterus yang lama dan hebat, kurangnya atau tidak ada relaksasi diantara kontraksi serta tidak bisa mengendalikan dorongan untuk mengejan.

Komplikasi Partus Presipitatus

1. Pada Bayi

Dapat terjadi trauma kepala oleh karena pengaruh persalinan yang cepat, sehingga dapat menjadikan cidera pada otak dan terjadi hypoksia (kurangnya suplai oksigen ke otak) yang disebabkan oleh his/kontraksi yang terlalu kuat

2. Pada ibu

Komplikasi pada ibu yaitu seringnya terjadi perdarahan karena terlalu cepatnya proses persalinan sementara otot-otot rahim belum maksimal berkontraksi. Selain itu partus presipitatus juga akan menyebabkan robeknya rahim (rupture uteri) dan robekan jalan lahir yang luas.

Hal yang Perlu dilakukan

Pada ibu hamil yang sudah menginjak usia kehamilan 36 minggu, jika sudah merasakan tanda-tanda persalinan seperti pengeluaran lendir bercampur darah, kontraksi yang datang rutin setiap 10 menit sekali dan terus meningkat segera untuk mengunjungi tempat klinik bersalin atau rumah sakit. Apalagi jika kontraksi yang dirasakan begitu hebat, segeralah periksakan dan jangan ditunda-tunda.

Citra Dewi Amd.Keb - July 17, 2018
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya ingin bertanya apakah setiap kehamilan BO slalu disertai perdarahan?kl tidak alasannya apa.tks

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Bunga Handayani

Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
ALif AL Maun Yoyox

Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

Dijawab Oleh :