Ragam Mainan Untuk Bayi Usia 3 Bulan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • www.curhatbidan.com – Pada usia 3 bulan gerakan bayi yang masih sangat terbatas, meskipun demikian rasa ingin meraih benda-benda dan warna-warna yang mencolok sudah timbul. Sehingga beberapa mainan bayi yang dapat Anda hadirkan karena untuk merangsang gerakan yang lebih aktif.

    Pada mainan sang bayi usia 3 bulan yaitu fungsi utamanya untuk merangsang panca indera, warna-warni yang menarik perhatiannya merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan mainannya dalam usia 3 bulan. Namun selain itu mainan yang dibutuhkan pada usia tersebut jug harus berfungsi untuk menghibur sang bayi saat ada dalam keadaan sedang rewel, oleh karena itu tepat sekiranya untuk Anda memilih mainan yang memiliki bunyi.

    Sebelum Anda menentukan permainan yang akan dipilih pada usia ini, alangkah baiknya jika melihat dari segi keamanannya, karena mengingat pada usia 2 hingga 8 bulan sang bayi berada pada fase oral yang memiliki kebiasaan untuk memasukkan benda ke dalam mulutnya. Mainan bayi dengan tekstur yang kasar merupakan kurang tepat pada usia tersebut, atau juga dengan yang bentuk tajam dan terlalu kecil, hindari mainan yang dapat menghasilkan suara yang terlalu keras juga, karena dikhawatirkan dapat membahayakan sang bayi.

    Berikut adalah mainan untuk bayi usia 3 bulan :

    Mainan Yang Digantung

    Mainan ini sangat cocok untuk ditempatkan diatas tempat tidur. Bunda bisa mengajaknya untuk bermain dengan cara menggoyangkannya sehingga akan menarik perhatian sang bayi. Saat bayi menggerakan tangannya, kemudian berikan kesempatan untuk meraih mainan tersebut.

    Mainan Yang Berbunyi

    Mainan yang menghasilkan bunyi menjadi salah satu mainan yang sangat disukai oleh anak-anak serta bayi, seperti mainan gelang gemerincing yang memiliki fungsi juga untuk melatih panca indera dan juga gerakan anggota lengan.

    Mainan Untuk Digigit

    Karena berhubungan langsung dengan organ mulut sehingga harus menjaga kebersihan dan juga keamanan bahan mainan tersebut. Mainan bayi untuk digigit dibutuhkan dalam merangsang pertumbuhan gigi bayi dan juga alat pengecapnya.

    Mainan Dengan Bentuk Favorit

    Meskipun jenisnya adalah boneka tetapi untuk bayi laki-laki harus bisa memilih bentuk yang favorit seperti bentuk mobil, bola, atau binatang yang berukuran sedang. Sedangkan untuk bayi wanita lebih banyak pilihannya. Dari hal tersebut dapat menjadi mainan disela-sela waktu sengganggnya dengan sedikit cerita, meskipun belum dapat merespon namun panca indera pendengarannya akan ikut terangsang.

    Mainan Warna Warni Kontras

    Mainan dengan warna-warni yang kontras akan dapat menarik perhatian sang bayi. Fungsinya yaitu dapat menstimulasi indera penglihatan dan juga mengembangkan kemampuan motoriknya. Tempatkan dalam beberapa mainan warna supaya dapat dimainkan oleh sang bayi.

    Dalam pemilihan mainan sang bayi yang tepat dengan cara langsung maka akan mempengaruhi dalam tumbuh berkembang sang bayi. Selain itu juga untuk peran orang tua dalam menemani, mendongeng, dan bercerita juga akan membuat sang bayi menjadi merasa senang. Nikmatilah momen bahagia Anda saat bermain dengan si kecil dan jangan lupa untuk diabadikan. Semoga bermanfaat 😉

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - April 27, 2017
    Diskusi Dari:
    Pradita

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : Pradita
    Diskusi Dari:
    Mocil Ngocol

    Cara mengatasi disentri dok

    Dijawab Oleh : Mocil Ngocol
    Diskusi Dari:
    Sitihumairoh

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Sitihumairoh
    Diskusi Dari:
    Iszmy Mukhayarin

    Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : Iszmy Mukhayarin
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    Dijawab Oleh : Adhy Putra Lautan