Ragam Mainan Untuk Bayi Usia 3 Bulan

www.curhatbidan.com – Pada usia 3 bulan gerakan bayi yang masih sangat terbatas, meskipun demikian rasa ingin meraih benda-benda dan warna-warna yang mencolok sudah timbul. Sehingga beberapa mainan bayi yang dapat Anda hadirkan karena untuk merangsang gerakan yang lebih aktif.

Pada mainan sang bayi usia 3 bulan yaitu fungsi utamanya untuk merangsang panca indera, warna-warni yang menarik perhatiannya merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan mainannya dalam usia 3 bulan. Namun selain itu mainan yang dibutuhkan pada usia tersebut jug harus berfungsi untuk menghibur sang bayi saat ada dalam keadaan sedang rewel, oleh karena itu tepat sekiranya untuk Anda memilih mainan yang memiliki bunyi.

Sebelum Anda menentukan permainan yang akan dipilih pada usia ini, alangkah baiknya jika melihat dari segi keamanannya, karena mengingat pada usia 2 hingga 8 bulan sang bayi berada pada fase oral yang memiliki kebiasaan untuk memasukkan benda ke dalam mulutnya. Mainan bayi dengan tekstur yang kasar merupakan kurang tepat pada usia tersebut, atau juga dengan yang bentuk tajam dan terlalu kecil, hindari mainan yang dapat menghasilkan suara yang terlalu keras juga, karena dikhawatirkan dapat membahayakan sang bayi.

Berikut adalah mainan untuk bayi usia 3 bulan :

Mainan Yang Digantung

Mainan ini sangat cocok untuk ditempatkan diatas tempat tidur. Bunda bisa mengajaknya untuk bermain dengan cara menggoyangkannya sehingga akan menarik perhatian sang bayi. Saat bayi menggerakan tangannya, kemudian berikan kesempatan untuk meraih mainan tersebut.

Mainan Yang Berbunyi

Mainan yang menghasilkan bunyi menjadi salah satu mainan yang sangat disukai oleh anak-anak serta bayi, seperti mainan gelang gemerincing yang memiliki fungsi juga untuk melatih panca indera dan juga gerakan anggota lengan.

Mainan Untuk Digigit

Karena berhubungan langsung dengan organ mulut sehingga harus menjaga kebersihan dan juga keamanan bahan mainan tersebut. Mainan bayi untuk digigit dibutuhkan dalam merangsang pertumbuhan gigi bayi dan juga alat pengecapnya.

Mainan Dengan Bentuk Favorit

Meskipun jenisnya adalah boneka tetapi untuk bayi laki-laki harus bisa memilih bentuk yang favorit seperti bentuk mobil, bola, atau binatang yang berukuran sedang. Sedangkan untuk bayi wanita lebih banyak pilihannya. Dari hal tersebut dapat menjadi mainan disela-sela waktu sengganggnya dengan sedikit cerita, meskipun belum dapat merespon namun panca indera pendengarannya akan ikut terangsang.

Mainan Warna Warni Kontras

Mainan dengan warna-warni yang kontras akan dapat menarik perhatian sang bayi. Fungsinya yaitu dapat menstimulasi indera penglihatan dan juga mengembangkan kemampuan motoriknya. Tempatkan dalam beberapa mainan warna supaya dapat dimainkan oleh sang bayi.

Dalam pemilihan mainan sang bayi yang tepat dengan cara langsung maka akan mempengaruhi dalam tumbuh berkembang sang bayi. Selain itu juga untuk peran orang tua dalam menemani, mendongeng, dan bercerita juga akan membuat sang bayi menjadi merasa senang. Nikmatilah momen bahagia Anda saat bermain dengan si kecil dan jangan lupa untuk diabadikan. Semoga bermanfaat 😉

Citra Dewi Amd.Keb - April 27, 2017
Diskusi Dari:
Muhammad Hanif Maulana

Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Alfiyah

Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Bunga Handayani

Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
uye (wanita)

selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Santana jaya

Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

Perlu Jawaban