Ragam Mainan Untuk Bayi Usia 3 Bulan

www.curhatbidan.com – Pada usia 3 bulan gerakan bayi yang masih sangat terbatas, meskipun demikian rasa ingin meraih benda-benda dan warna-warna yang mencolok sudah timbul. Sehingga beberapa mainan bayi yang dapat Anda hadirkan karena untuk merangsang gerakan yang lebih aktif.

Pada mainan sang bayi usia 3 bulan yaitu fungsi utamanya untuk merangsang panca indera, warna-warni yang menarik perhatiannya merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan mainannya dalam usia 3 bulan. Namun selain itu mainan yang dibutuhkan pada usia tersebut jug harus berfungsi untuk menghibur sang bayi saat ada dalam keadaan sedang rewel, oleh karena itu tepat sekiranya untuk Anda memilih mainan yang memiliki bunyi.

Sebelum Anda menentukan permainan yang akan dipilih pada usia ini, alangkah baiknya jika melihat dari segi keamanannya, karena mengingat pada usia 2 hingga 8 bulan sang bayi berada pada fase oral yang memiliki kebiasaan untuk memasukkan benda ke dalam mulutnya. Mainan bayi dengan tekstur yang kasar merupakan kurang tepat pada usia tersebut, atau juga dengan yang bentuk tajam dan terlalu kecil, hindari mainan yang dapat menghasilkan suara yang terlalu keras juga, karena dikhawatirkan dapat membahayakan sang bayi.

Berikut adalah mainan untuk bayi usia 3 bulan :

Mainan Yang Digantung

Mainan ini sangat cocok untuk ditempatkan diatas tempat tidur. Bunda bisa mengajaknya untuk bermain dengan cara menggoyangkannya sehingga akan menarik perhatian sang bayi. Saat bayi menggerakan tangannya, kemudian berikan kesempatan untuk meraih mainan tersebut.

Mainan Yang Berbunyi

Mainan yang menghasilkan bunyi menjadi salah satu mainan yang sangat disukai oleh anak-anak serta bayi, seperti mainan gelang gemerincing yang memiliki fungsi juga untuk melatih panca indera dan juga gerakan anggota lengan.

Mainan Untuk Digigit

Karena berhubungan langsung dengan organ mulut sehingga harus menjaga kebersihan dan juga keamanan bahan mainan tersebut. Mainan bayi untuk digigit dibutuhkan dalam merangsang pertumbuhan gigi bayi dan juga alat pengecapnya.

Mainan Dengan Bentuk Favorit

Meskipun jenisnya adalah boneka tetapi untuk bayi laki-laki harus bisa memilih bentuk yang favorit seperti bentuk mobil, bola, atau binatang yang berukuran sedang. Sedangkan untuk bayi wanita lebih banyak pilihannya. Dari hal tersebut dapat menjadi mainan disela-sela waktu sengganggnya dengan sedikit cerita, meskipun belum dapat merespon namun panca indera pendengarannya akan ikut terangsang.

Mainan Warna Warni Kontras

Mainan dengan warna-warni yang kontras akan dapat menarik perhatian sang bayi. Fungsinya yaitu dapat menstimulasi indera penglihatan dan juga mengembangkan kemampuan motoriknya. Tempatkan dalam beberapa mainan warna supaya dapat dimainkan oleh sang bayi.

Dalam pemilihan mainan sang bayi yang tepat dengan cara langsung maka akan mempengaruhi dalam tumbuh berkembang sang bayi. Selain itu juga untuk peran orang tua dalam menemani, mendongeng, dan bercerita juga akan membuat sang bayi menjadi merasa senang. Nikmatilah momen bahagia Anda saat bermain dengan si kecil dan jangan lupa untuk diabadikan. Semoga bermanfaat 😉

Citra Dewi Amd.Keb - April 27, 2017
Diskusi Dari:
Nenden Mustika

Ibu saya ingin bertanya,,saya ingin sekali mempunyai momongan,apakah menstruasi saya di katakan normal kalau bulan
januari menst tgl 10
Febuari menst tgl 10
Maret menst tgl 11 karena selama sebelum menikah dan sudah menikah jadwal menst saya tanggal tdk pernah berubah ubah,,terimakasih banyak atas jawabannya..

Dijawab Oleh : Nenden Mustika
Diskusi Dari:
Vita Ratnasari

Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Sherly davies

Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

Dijawab Oleh : Sherly davies
Diskusi Dari:
Obey Hungkul

Pagi ibu bidan, saya mau tanya kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh :