Rebusan Daun Sirih Tidak Bisa Digunakan Terus Meneru Untuk Membersihkan Vagina


Sebagai seorang wanita, mengalami keputihan yang terus menerus merupakan kondisi yang tidak nyaman. Hal ini disebabkan karena keputihan bisa menyebabkan daerah vagina lembab dan mudah gatal. Sehingga banyak wanita yang menggunakan rebusan daun sirih sebagai alternatif untuk menghindari keputihan. Mereka menilai bahwa daun sirih dapat menghilangkan keputihan dan menghilangkan rasa gatal pada vagina. Biasanya, mereka akan merebus daun sirih dan menggunakan air rebusannya itu di daerah vagina.

Daun sirih memang mengandung antiseptik sehingga bisa membunuh bakteri di sekitar vagina. Namun di sisi lain, daun sirih yang dinilai dapat membersihkan justru membuat vagina jadi kering. Keringnya vagina akan mengubah kadar keasaman (ph). Perubahan ph justru dapat memicu tumbuhnya kuman di sekitar vagina.

Penyebab Keputihan

Keputihan terjadi karena rangsangan hormon, stress atau akibat aktivitas seksual dan biasanya datang saat masa subur wanita atau sebelum dan sesudah haid. Keputihan jenis ini ditandai dengan cairan yang dikeluarkan tidak berbau dan tidak gatal sedangkan keputihan patologis mengakibatkan gatal dan cairan yang dikeluarkan berbau serta berubah-ubah warna.

Salah satu penyebab keputihan fatologis pada wanita adalah kebersihan area kewanitaan yang tidak terjaga dengan baik sehingga tumbuhlah bakteri dan jamur. Selain itu, kondisi organ intim yang lembab juga akan menyebabkan keputihan karena menjadi media yang baik untuk jamur dapat tumbuh.

Cara Merawat Vagina

Vagina merupakan salah satu bagian tubuh yang mampu membersihkan diri. Vagina yang sehat memproduksi cairan untuk menghanyutkan benda asing yang tidak diinginkan misalnya debu yang masuk ke vagina. Jadi vagina mirip dengan lubang hidung yang memelihara keseimbangan asam basa untuk menghancurkan mikroorganisme yang tidak diinginkan.
Untuk menjaga vagina agar tetap sehat, dapat dilakukan dengan membersihkan vagina dari arah depan ke belakang dengan air biasa, mengganti pembalut sesering mungkin saat menstruasi. Vagina harus dikeringkan dengan tisu seusai buang air kecil atau buang air besar, mengganti celana dalam minimal 2 kali dalam sehari atau tiap kali terasa lembab, hindari celana dalam yang ketat dan tidak menggunakan pantyliner saat sedang keputihan.

Pengaruh Penggunaan Rebusan Daun Sirih

Sebaiknya membersihkan area vagina tidak terus menerus menggunakan rebusan daun sirih atau sabun. Hal ini karena sabun dan rebusan daun sirih bersifat basa dan bisa membunuh semua bakteri yang menguntungkan untuk vagina. Sehingga dapat menyebabkan vagina kering dan mudah iritasi.

Lebih baik membersihkan vagina dengan air biasa atau menggunakan cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai.
Bakteri di sekitar vagina juga memiliki peran untuk turut menjaga keseimbangan vagina. Maka dalam penggunaanya tidak dapat dilakukan secara terus menerus melainkan hanya sesekali saja.

Citra Dewi Amd.Keb - July 17, 2018
Diskusi Dari:
Obey Hungkul

Pagi ibu bidan, saya mau tanya kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Princess mikha

Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

Dijawab Oleh : Princess mikha
Diskusi Dari:
Anonymous

Assalamualaikum bu bidan.
Sy nikah udah 5bulan tapi blom d kasih” momongan apa karna sy setiap abis hubungan sama suami lalu bak sperma ikit kluar ?? Itu Normal ataw gg ya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Lutfi Maharani

Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ivie Suci

Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

Perlu Jawaban