×

Beberapa Kesehatan Seksual Wanita Yang Perlu Diketahui

Bagikan Artikel :

Kesehatan seksual Wanita – Pengetahuan mengenai kesehatan seks memang harus diketahui dengan baik dan benar oleh kaum pria terlebih oleh kaum wanita. Hal ini dikarenakan para wanita mempunyai organ seksual yang jauh lebih kompleks yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya dibanding dengan kaum pria.

Untuk itu, Curhat bidan kali ini akan membahas mengenai beberapa jenis kesehatan seksual yang wajib dan bisa dibilang penting untuk anda ketahui dan pahami seperti diantaranya:

1. Pap smear harus dilakukan
Tes pap smear merupakan salah satu bentuk tes kesehatan seksual yang memang harus dilakukan oleh kaum wanita. Tes ini bermanfaat untuk menguji sejumlah sel serviks abnormal yang mungkin saja bisa terjadi karena HPV. Dan ada baiknya tes ini dilakukan bagi mereka yang pernah atau sering melakukan hubungan seksual.

2. Konsultasi tentang kesehatan seksual mutlak dilakukan
Entah saat ini anda sedang menderita penyakit seksual atau bahkan hanya ingin tau terkait kesehatan seksual, wanita wajib untuk berkonsultasi dengan dokter setidaknya satu kali seumur hidupnya dengan tujuan untuk mengetahui info kesehatan wanita. Karena bisa juga muncul berbagai jenis isu atau bahkan mitos yang berhubungan dengan kesehatan seksual yang belum tentu nyaata kebenarannya.

Related Posts :

    3. Usia Penyebaran virus HPV
    Usia wanita 20-24 tahun merupakan usia dimana virus HPV pantas untuk anda waspadai. Pastinya HPV sangat merajalela bagi kaum wanita dalam kelompok usia ini. Untuk itu, anda wajib melakukan vaksin HPV.

    4. Waspadai dengan PMS yang tidak menimbulkan nyeri
    PMS atau bahkan gejala munculnya menstruasi kerap kali menimbulkan rasa nyeri atau sakit di bagian perut atau seperti kram perut. Tapi, apabila anda tidak mendapat gejala seperti demikian, makan anda perlu mewaspadainya dan segera untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab, hal ini bisa memberikan efek samping yang serius seperti terjadinya penyakit radang panggul, kehamilan ektopik, atau kehamilan di luar kandungan, serta terjadinya infertilitas.

    5. Waspada dengan Klamydia
    Klamydia merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya infertilitas. Apabila jenis penyakit ini menyerang anda sejak dini, maka penyakit tersebut bisa disembuhkan dengan cara menyuntikkan antibiotic.

    Tidak hanya itu, hal yang juga penting untuk diketahui dari jenis penyakit ini yakni suntikan KB atau bahkan alat kontrasepsi lainnya yang memang tidak bisa mengurangi dampak klamydia yang berguna untuk berkembang menjadi radang panggul serta bisa menyebabkan infertilitas.

    Beberapa pengetahuan terkait kesehatan wanita dan kesehatan seksual diatas bisa memberikan anda informasi kesehatan wanita yang cukup jelas. Untuk itu, jangan mudah mempercayai isu atau mitos yang berkembang di masyarakat seputar kesehatan seksual terlebih dulu, karena akan lebih baik jika anda mencari tau terlebih dahulu informasi dibalik semua itu. Semoga Bermanfaat 🙂

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 27, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    HAID

  • Oleh : Nayla Utami
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Mau tanya, umur saya tahun ini 15 tahun tapi sampai saat ini saya belum mengalami haid apa penyebab dan solusinya?

  • Oleh : Nayla Utami
  • bahaya dari placenta previa

  • Oleh : Alesha Zahra
  • 2 tahun yang lalu

    Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 4 tahun yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Haid yang sebentar

  • Oleh : Eka putri Komalasari
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat sore bidan ,
    Saya ingin bertanya ,saya mengalami flek menstruasi di tgl 22 jan 2020 pada mlm hari .
    Dan keluar darah mens seperti biasa nya tp pd saat besok hari nya di tgl 23 pagi nya darah nya berhenti , dan sore hari nya darah mens sedikit .
    Apakah itu normal bu bidan ?
    Terimakasih.

    Perbedaan darah haid sama keguguran

  • Oleh : Altapi Altapi
  • 1 bulan yang lalu

    Dok kenapa suka kram perut sma kram pinggang mual² pusing lelah ngantuk kenapa klo misalkan hamil kan dok saya kan sudah haid tapi darah nya ngegumpal seperti orang keguguran kenapa itu dok

  • Oleh : Altapi Altapi
  • Tanya Bidan