×

Daftar Makanan Yang Dapat Menurunkan Kesuburan

Bagikan Artikel :

Bidan Online – Salah satu tujuan penting dalam membangun rumah tangga adalah mempunyai buah hati yang sehat dan dapat menjadi anak yang membanggakan orang tua. Tapi sayangnya, tidak semua keluarga bisa mendapatkan buah hati sesuai harapannya. Ada beberapa pasangan suami istri yang sulit untuk mendapatkan keturunan dan salah satu penyebabnya yaitu masa subur pria atau wanita.

Penyebab kesuburan baik pada wanita atau pria dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya merupakan pola asupan makanan yang dapat menghambat kesuburan. Berikut daftar makanan yang dapat menurunkan kesuburan :

  • Makanan Yang Mengandung Kedelai

    Kedelai merupakan makanan sehat tapi tidak untuk kesuburan dan terlebih jika Anda mengkonsumsi kedelai dalam jumlah yang cukup banyak bisa menurunkan Leutinizing Hormone dan Follicle Stimulating Hormone ini berarti bisa menurunkan tingkat kesuburan wanita.

  • Daging Mentah dan Telur

    Jika Anda bersama pasangan Anda sedang merencanakan program kehamilan, sebaiknya hindari kedua jenis di atas karena daging atau telur yang masih mentah mengandung bakteri salmonella yang dapat menurunkan tingkat kesuburan wanita.

  • Kafein

    Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein lebih dari 300 gram setiap harinya dapat menghambat kesuburan wanita terlebih mengkonsumi kafein ini tidak baik untuk kesehatan tubuh karena salah satu dampaknya adalah Anda bisa terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi.

  • Makanan Siap Saji

    Perlu Anda ketahui, makanan instan atau siap saji seperti makanna kemasan, makanna yang dipanggang mengandung lemak jenuh yang tinggi dan ini berpengaruh dalam kesuburan wanita.

  • Makanan Yang Mengandung Gula

    Mengkonsumsi gula dalam jumlah yang sedikit tidak terlalu beresiko tapi jika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula dalam kadar yang bisa dikatakan tinggi ini berpengaruh buruk dalam meningkatkan kesuburan Anda. Biasanya terdapat di dalam donat, kentang goreng, labu dan nasi putih.

  • Makanan Yang Terlalu Asin atau Manis

    Mungkin jika dibandingkan lebih banyak orang yang menyukai makanan bercitra rasa manis dibandingkan dengan makanan yang memiliki rasa asin. Tapi mengkonsumsi makanan yang terlalu baik asin atau manis tidak bagus untuk kesehatan tubuh dan juga kesuburan.

Jadi bagi Anda yang sedang merencanakan program kehamilan sebaiknya mulai dari sekarang menjaga gaya hidup agar tetap sehat seperti mengurangi waktu bergadang, karena kurang tidur bisa menyebabkan kualitas sperma menurun ini berarti mengurangi peluang Anda bersama pasangan untuk cepat hamil serta jaga pola asupan makanan Anda. Semoga informasi di atas dapat membantu mempercepat program kehamilan yang sedang Anda lakukan bersama pasangan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 15, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan terus menerus

  • Oleh : Fithrotun Najihah
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum. Bu saya ingin menanyakan perihal keputihan. Saya keputihan semenjak saya duduk di krlas dua SMA itu hampir tiap hari. Sampai sekarang di waktu umur saya 24 juga masih mengalami hal yang sama. Saya sangat takut. Kadang keputihan itu warna putih kadang kekubingan mau ke hijauan. Kadang banyak dan berbau. Kadang tidak dok. Apa itu hal yg masih wajat atau bagaimana. Terus kalau mau di memeriksa biasanya di dokter spesialis apa dok. Terimakasih

    Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 4 tahun yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 3 tahun yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Keputihan

  • Oleh : Fau Ziyah
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu akhir akhir ini saya keluar keputihan putih susu,berbau seperti tempe busuk,dan gatal Bu kira kira apa penyebab nya yah

    Konsultasi masalah haid

  • Oleh : Tukijo
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Maaf pak/buk dokter saya mau konsultasi, usia saya sekitar 20.n , semenjak saya pindah kerja kok jadwal haid saya jd kurang teratur ya..? Apakah itu normal..? Atau pengaruh hormon.? Apa karena kecapek.n atau gejala penyakit ya dok..? Terus solusi buat saya gmna ya dok

    Maaf sebelumnya dan terima kasih. 😊

    Tanya Bidan