×

Tips Mencegah Kemandulan Atau Infertilitas Dengan Gaya Hidup Sehat

Bagikan Artikel :

Tips Mencegah Kemandulan Atau Infertilitas Dengan Gaya Hidup Sehat – Bidan Online,-  Kemadulan atau istilah lainnya infertilitas merupakan kondisi dimana pasangan atau salah satu pasangan sulit untuk mendapatkan keturunan. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari kemandulan sala satunya obesitas, faktor genetik, infeksi, mengidap PMS atau penyakit menular seksual. Faktor lingkungan juga memiliki pengaruh yang besar terhadap tingkat kesuburan seseorang. Termasuk asupan makanan yang mengandung zat-zat tertentu dapat mempengaruhi kesuburan.

Kemandulan sendiri dapat ditandai dengan beberapa ciri seperti belum hamil setelah melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi dengan usia wanita 35 tahun keatas. Pasangan belum hamil setelah menikah 12 bulan dan melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi dan usia wanita di bawah 34 tahun. Kemandulan sendiri dapat diatasi dan di cegah sedini mungkin dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut tips mecegah kemandulan secara alami dengan menerapkan gaya hidup sehat akan sangat membantu anda.

Pola makan sehat
Asupan makanan menjadi faktor yang sangat penting untuk mencegah kemandulan. Telah disebutkan diatas jika penyebab kemandulan salah satunya yaitu asupan makanan yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi juga menerapkan diet seimbang memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk tubuh. Diet seimbang dengan mengkonsumsi buah dan sayur segar 5 porsi per hari. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet seperti buah kaleng. Rutinlah mengkonsumsi sayuran hijau segar yang kaya akan asam folat sangat baik untuk mencegah kecacatan pada janin. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kemandulan yaitu merokok dan mengkonsumsi alkohol kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi anda.

Berat badan ideal
Faktor penyebab kemandulan yang paling banyak ditemukan yaitu obesitas atau kegemukan. Obesitas tidak hanya dapat mempengaruhi ovulasi atau pelepasan sel telur saja namun beresiko menyebabkan beberapa penyakit seperti kolesterol dan diabetes. Obesitas pada pria menyebabkan menurunnya jumlah sperma, sedangkan obesitas pada wanita menyebabkan terlambat terjadinya pembuahan. Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak berlebih dan tidak kurang akan sangat memudahkan anda dalam mencegah kemandulan.

Hindari stres
Stres menjadi pemicu wanita sulit untuk hamil. Kondisi dimana anda merasa tertekan akan sangat memperngaruhi kualitas sperma bagi laki-laki. Dan biasanya setiap pasangan yang mengalami stress cenderung lebih jarang berhubungan intim. Stres tinggi dan kurang tidur jika dibiarkan dalam waktu lama maka akan meningkatkan potensi anda mengalami kemandulan.

Melakukan pemeriksaan secara rutin
Untuk pasangan yang berencana ingin mendapatkan momongan melakukan pemeriksaan secara berkala sangatlah penting terlebih untuk kaum wanita. Pemeriksaan secara rutin bertujuan jika ada diagnosis penyakit seperti radang panggul, kanker leher rahim, dan endometriosis dapat di cegah sedini mungkin. Beberapa penykit tersebut dapat menyebabkan kemandulan. Salah satu pemeriksaan yang harus di lakukan secara berkala yaitu papsmear. Pemeriksaan papsmear dapat anda lakukan tiga sampai 5 tahun sekali sesuai dengan usia anda.

Konsumsi obat-obatan sesuai resep dokter
Mengkonsumsi obat-obatan tertentu tanpa resep dokter dan dalam jangka waktu yang lama akan sangat berpengaruh terhadap kesuburan anda. Dan jika hal tersebut masih dilakukan maka akan menyebabkan kemandulan. Untuk anda yang berencana ingin hamil mengkonsumsi obat-obatan sembarang sangat dilarang. Apalagi untuk anda yang sedang hamil mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan cacat kandungan sampai keguguran.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 8, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Benjolan Bawah Dagu

  • Oleh : Rennym
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

    tanda hamil yang berangsur hilang

  • Oleh : rahayu latifa
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    dok,saya telat haid 11 hari. saya sering mengkonsumsi makanan instan&minuman berkafein.
    saat saya test , menunjukan positif hamil. tetapi rasa nyeri di payudara saya berangsur menghilang. mual berlebihan, lemas, ada tanda tanda anemia di tubuh saya, perut sangat kram pada satu sisi,sulit tidur

    apakah ini normal dok? atau ada hal lain yg menyebabkan tanda tanda itu muncul?
    atau karena pola hidup saya yang tidak sehat? apakah membahayakan janin?.

    terimakasih.

  • Oleh : rahayu latifa
  • Tanya dok

  • Oleh : Novita Sari
  • 8 bulan yang lalu

    Ass dok
    Izin bertanya, saya telah melakukan kesalahan yg lalu. Saat itu saya berhubungan intim. Tetapi darah yg keluar hnya sedikit bsa dibilang saya sudah pecah perawan. Dan baru dengan satu laki laki itu saja, apakah saya masih bsa keluar darah saat berhubungan lagi?

  • Oleh : Novita Sari
  • Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Tanya Bidan