×

Tips Mencegah Kemandulan Atau Infertilitas Dengan Gaya Hidup Sehat

Bagikan Artikel :

Tips Mencegah Kemandulan Atau Infertilitas Dengan Gaya Hidup Sehat – Bidan Online,-  Kemadulan atau istilah lainnya infertilitas merupakan kondisi dimana pasangan atau salah satu pasangan sulit untuk mendapatkan keturunan. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari kemandulan sala satunya obesitas, faktor genetik, infeksi, mengidap PMS atau penyakit menular seksual. Faktor lingkungan juga memiliki pengaruh yang besar terhadap tingkat kesuburan seseorang. Termasuk asupan makanan yang mengandung zat-zat tertentu dapat mempengaruhi kesuburan.

Kemandulan sendiri dapat ditandai dengan beberapa ciri seperti belum hamil setelah melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi dengan usia wanita 35 tahun keatas. Pasangan belum hamil setelah menikah 12 bulan dan melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi dan usia wanita di bawah 34 tahun. Kemandulan sendiri dapat diatasi dan di cegah sedini mungkin dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut tips mecegah kemandulan secara alami dengan menerapkan gaya hidup sehat akan sangat membantu anda.

Pola makan sehat
Asupan makanan menjadi faktor yang sangat penting untuk mencegah kemandulan. Telah disebutkan diatas jika penyebab kemandulan salah satunya yaitu asupan makanan yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi juga menerapkan diet seimbang memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk tubuh. Diet seimbang dengan mengkonsumsi buah dan sayur segar 5 porsi per hari. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet seperti buah kaleng. Rutinlah mengkonsumsi sayuran hijau segar yang kaya akan asam folat sangat baik untuk mencegah kecacatan pada janin. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kemandulan yaitu merokok dan mengkonsumsi alkohol kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi anda.

Berat badan ideal
Faktor penyebab kemandulan yang paling banyak ditemukan yaitu obesitas atau kegemukan. Obesitas tidak hanya dapat mempengaruhi ovulasi atau pelepasan sel telur saja namun beresiko menyebabkan beberapa penyakit seperti kolesterol dan diabetes. Obesitas pada pria menyebabkan menurunnya jumlah sperma, sedangkan obesitas pada wanita menyebabkan terlambat terjadinya pembuahan. Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak berlebih dan tidak kurang akan sangat memudahkan anda dalam mencegah kemandulan.

Hindari stres
Stres menjadi pemicu wanita sulit untuk hamil. Kondisi dimana anda merasa tertekan akan sangat memperngaruhi kualitas sperma bagi laki-laki. Dan biasanya setiap pasangan yang mengalami stress cenderung lebih jarang berhubungan intim. Stres tinggi dan kurang tidur jika dibiarkan dalam waktu lama maka akan meningkatkan potensi anda mengalami kemandulan.

Melakukan pemeriksaan secara rutin
Untuk pasangan yang berencana ingin mendapatkan momongan melakukan pemeriksaan secara berkala sangatlah penting terlebih untuk kaum wanita. Pemeriksaan secara rutin bertujuan jika ada diagnosis penyakit seperti radang panggul, kanker leher rahim, dan endometriosis dapat di cegah sedini mungkin. Beberapa penykit tersebut dapat menyebabkan kemandulan. Salah satu pemeriksaan yang harus di lakukan secara berkala yaitu papsmear. Pemeriksaan papsmear dapat anda lakukan tiga sampai 5 tahun sekali sesuai dengan usia anda.

Konsumsi obat-obatan sesuai resep dokter
Mengkonsumsi obat-obatan tertentu tanpa resep dokter dan dalam jangka waktu yang lama akan sangat berpengaruh terhadap kesuburan anda. Dan jika hal tersebut masih dilakukan maka akan menyebabkan kemandulan. Untuk anda yang berencana ingin hamil mengkonsumsi obat-obatan sembarang sangat dilarang. Apalagi untuk anda yang sedang hamil mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan cacat kandungan sampai keguguran.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 8, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berat badan tidak ideal

  • Oleh : MURTI DIANASARI
  • 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum..
    Bu nama saya MURTI DIANASARI. Usia saya 26 tahun tinggi badan saya 150 cm. Tapi berat badan saya hanya 35 kg. Saya ingin menaikan berat badan. Bagaimana cara nya bu?

    Ibu hamil

  • Oleh : henrylizotte
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bagaimana mengatasi stres saat hamil

    Benarkah Mengkonsumsi Terong Berpengaruh Pada Penis ?

  • Oleh : Riza
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

  • Oleh : Riza
  • Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Tanya Bidan