Tips Mencegah Kemandulan Atau Infertilitas Dengan Gaya Hidup Sehat

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tips Mencegah Kemandulan Atau Infertilitas Dengan Gaya Hidup Sehat – Bidan Online,-  Kemadulan atau istilah lainnya infertilitas merupakan kondisi dimana pasangan atau salah satu pasangan sulit untuk mendapatkan keturunan. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari kemandulan sala satunya obesitas, faktor genetik, infeksi, mengidap PMS atau penyakit menular seksual. Faktor lingkungan juga memiliki pengaruh yang besar terhadap tingkat kesuburan seseorang. Termasuk asupan makanan yang mengandung zat-zat tertentu dapat mempengaruhi kesuburan.

    Kemandulan sendiri dapat ditandai dengan beberapa ciri seperti belum hamil setelah melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi dengan usia wanita 35 tahun keatas. Pasangan belum hamil setelah menikah 12 bulan dan melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi dan usia wanita di bawah 34 tahun. Kemandulan sendiri dapat diatasi dan di cegah sedini mungkin dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut tips mecegah kemandulan secara alami dengan menerapkan gaya hidup sehat akan sangat membantu anda.

    Pola makan sehat
    Asupan makanan menjadi faktor yang sangat penting untuk mencegah kemandulan. Telah disebutkan diatas jika penyebab kemandulan salah satunya yaitu asupan makanan yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi juga menerapkan diet seimbang memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk tubuh. Diet seimbang dengan mengkonsumsi buah dan sayur segar 5 porsi per hari. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet seperti buah kaleng. Rutinlah mengkonsumsi sayuran hijau segar yang kaya akan asam folat sangat baik untuk mencegah kecacatan pada janin. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kemandulan yaitu merokok dan mengkonsumsi alkohol kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi anda.

    Berat badan ideal
    Faktor penyebab kemandulan yang paling banyak ditemukan yaitu obesitas atau kegemukan. Obesitas tidak hanya dapat mempengaruhi ovulasi atau pelepasan sel telur saja namun beresiko menyebabkan beberapa penyakit seperti kolesterol dan diabetes. Obesitas pada pria menyebabkan menurunnya jumlah sperma, sedangkan obesitas pada wanita menyebabkan terlambat terjadinya pembuahan. Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak berlebih dan tidak kurang akan sangat memudahkan anda dalam mencegah kemandulan.

    Hindari stres
    Stres menjadi pemicu wanita sulit untuk hamil. Kondisi dimana anda merasa tertekan akan sangat memperngaruhi kualitas sperma bagi laki-laki. Dan biasanya setiap pasangan yang mengalami stress cenderung lebih jarang berhubungan intim. Stres tinggi dan kurang tidur jika dibiarkan dalam waktu lama maka akan meningkatkan potensi anda mengalami kemandulan.

    Melakukan pemeriksaan secara rutin
    Untuk pasangan yang berencana ingin mendapatkan momongan melakukan pemeriksaan secara berkala sangatlah penting terlebih untuk kaum wanita. Pemeriksaan secara rutin bertujuan jika ada diagnosis penyakit seperti radang panggul, kanker leher rahim, dan endometriosis dapat di cegah sedini mungkin. Beberapa penykit tersebut dapat menyebabkan kemandulan. Salah satu pemeriksaan yang harus di lakukan secara berkala yaitu papsmear. Pemeriksaan papsmear dapat anda lakukan tiga sampai 5 tahun sekali sesuai dengan usia anda.

    Konsumsi obat-obatan sesuai resep dokter
    Mengkonsumsi obat-obatan tertentu tanpa resep dokter dan dalam jangka waktu yang lama akan sangat berpengaruh terhadap kesuburan anda. Dan jika hal tersebut masih dilakukan maka akan menyebabkan kemandulan. Untuk anda yang berencana ingin hamil mengkonsumsi obat-obatan sembarang sangat dilarang. Apalagi untuk anda yang sedang hamil mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan cacat kandungan sampai keguguran.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 8, 2016
    Diskusi Dari:
    Siti Rohmah

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Ririn

    Selamat Pagi….
    Dok saya mau bertanya, kan akhir akhir ini saya sering kali merasakan adanya masalah sakit pada bagian gigi ini, kemudian saya periksakan ke Dokter. Tapi setelah obatnya habis, ko tiba tiba kepala saya pusing ya? Terus tiba tiba seperti muncul memar gitu pada vbagian mata kiri saya, ini kira kira masalah kesehatan apa ya?

    Dijawab Oleh : Ririn
    Diskusi Dari:
    Dessi Yudha Arisandy

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih

    Dijawab Oleh : Dessi Yudha Arisandy
    Diskusi Dari:
    reinaldo9976

    Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang mengatakan saat bayi di jemur jangan langsung terkena sinar matahari. Yang sanya mau tanyakan bagaimana cara menjemur bayi yang benar ya mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : reinaldo9976
    Diskusi Dari:
    Aolia SucCie Priyatna

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

    Perlu Jawaban