Setiap Kali Menstruasi Hanya Mengeluarkan Flek Saja, Normalkah ?

Setiap Kali Menstruasi Hanya Mengalami Flek Saja, Normalkah ?

Gangguan menstruasi dapat menimbulkan stres dan menurunkan kualitas hidup wanita. Sebagian wanita mungkin pernah mengalami menstruasi dengan volume darah sedikit berupa flek coklat dan waktu yang singkat selama 1-2 hari (hypomenorrhea). Hal ini dikarenakan menstruasi diregulasi oleh hormon reproduksi, dan kadar hormon reproduksi dalam tubuh tidak selalu stabil, tergantung kondisi kesehatan dan faktor psikologis.

Dalam periode menstruasi dapat timbul pengeluaran flek/darah yang berwarna coklat atau kehitaman. Darah haid yang berwarna kehitaman disebabkan oleh darah haid sudah berusia lebih lama tidak dikeluarkan dari tubuh dengan cepat. Selain itu komposisi darah yang mengandung lebih banyak lendir menyebabkan darah/flek berwarna coklat.

Menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari sekali dan berlangsung selama 2-7 hari, serta volume darah yang dikeluarkan rata-rata adalah 40 mililiter.

Penyebab Menstruasi Sedikit (Hypomenorrhea)

Jika menstruasi yang dikeluarkan hanya sedikit atau berupa flek dan pengeluaran hanya 1-2 hari maka hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

1. Ketidakseimbangan hormonal

2. Efek samping penggunaan kontrasepsi

3. Stres psikis

4. Aktivitas fisik yang berat

5. Olahraga berlebihan

6. Kenaikan/penurunan berat badan secara drastis

7. PCOS/sindrom polikistik ovarii

8. Gangguan hormon tiroid dan sebagainya

Cara Mengatasi  Hypomenorrhea

Menstruasi yang sedikit (hypomenorrhea) tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika gaya hidup yang menjadi penyebabnya, disarankan untuk mengubah pola hidup Anda, misalnya dengan menghindari stres, olahraga secara wajar, dan atur asupan makanan dengan bijak.

Menstruasi sedikit akibat pil KB bisa diatasi dengan mengganti ke jenis alat kontrasepsi lain, seperti kondom atau implan. Konsultasikan dengan dokter mengenai alat kontrasepsi apa yang cocok dengan Anda beserta efek sampingnya.

Bila keluhan yang Anda alami terus berlanjut, atau menstruasi melambat bahkan berhenti, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang apabila diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk memastikan penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda.

Hal Yang Anda Perlu Anda Lakukan

1. Beristirahat cukup dan membatasi aktivitas fisik yang berat

2. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang

3. Mempertahankan berat badan ideal

4. Hindari diet ketat

5. Mengelola stres secara bijak

Citra Dewi Amd.Keb - September 3, 2018
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat pagi,

saya hidayat,
istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

karena saya saat ini sedang keluar kota
dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

mohon jawabannya Ibu Bidan

salam,
hidayat

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Rennym

Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

Dijawab Oleh : Rennym
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
richamayati

Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : richamayati