Solusi Efektif Merangsang Kontaksi Supaya Cepat Melahirkan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Bidan Kita – Menjelang hari persalinan, perasaan bunda tentunya ingin cepat cepat melahirkan dan segera melihat sang buah hati. Namun sering kali kehamilan ini menyebabkan seorang wanita hamil mengalami stress. Stres itu sendiri terjadi karena ia merasa tidak memiliki ilmu yang ckup untuk bisa menjadi seorang ibu atau bisa jadi juga karena stress ketika akan menghadapi persalinan.

    Terlebih bagi anda yang sudah mendapatkan perkiraan dari dokter atau bidan kandungan mengenai tanggal kelahiran bayi, dan ternyata anda tiak kunjung juga menampakan seperti tanda anda akan melahirkan. Hal ini tentunya akan membuat anda tidak tenang dan stress . Namun ada berbagai cara yang bunda bisa lakukan untuk merangsang kontaksi agar cepat melahirkan. Seperti berikut ini

    Solusi Efektif Merangsang Kontraksi Supaya Cepat Melahirkan


    1. Berjalan Kaki
      Ketika bunda melakukan jalan kaki sejenak, ternyata memang kegiatan ini dapat membantu proses persalinan. Kegiatan berjalan kaki sejenak ini ternyata mampu membantu bayi bergerak ke posisi panggul bunda. Tentunya hal ini membuat bayi bisa cepat lahir. Meskipun belum adanya sebuah penelitian yang membuktikan bahwa berjalan kaki ini benar benar membuat persalinan lebih cepat, namun berajalan kaki bisa mengurangi kecemasan sehingga bunda bisa menjadi lebih nyaman dan tenang menjelang proses melahirkan.
    2. Pijatan
      Pijatan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjelang melahirkan. namun pijatan sendiri tidak lantas langsung dengan proses melahirkan. Pijat pada kenyataannya tidak membuat perubahan pada posisi janin atau mampu merangsang tubuh agar sikecil cepat bisa keluar. Namun pijat hanya bermanfaat untuk mengurangi kecemasaaan dan stress pada mama. Karena stress yang berkurang sangat baik untuk kelancaran sebuah proses persalinan.
    3. Stimulasi Puting
      Dengan merangsang puting sang bunda hal ini dapat menyebabkan rahim mengalami kontraksi. Dan kegiatan ini juga dapat meningkatkan peluang dan kecepatan dalam proses melahirkan. Bunda bisa melakukannya dengan bantuan dari suami atau menggunakan pompa payudara untuk melakukan stimulasi ini. Stimulasi yang dilakukan pda puting payudara tidak hanya mempercepat proses kelahiran. Proses menyusui ini juga merupakan bentuk dari stimulus puting yang bisa membantu  bunda mengembalikan rahim ke ukuran semula
    4. Akupuntur
      Akupuntur yang dilakukan tidak hanya mampu merangsang kontraksi supaya cepat melahirkan. Ternyata dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah Journal of Perinatal Medicine mengungkapkan lebih dari 400 perempuan yang telah melakukan akupuntur sebelum melahirkan mereka tidak membutuhkan induksi medis. Dan akupuntur juga dapat mempercepat waktu anda selama proses persalinan serta mengobati depresi menjelang persalinan yang kerap kali dialami oleh ibu hamil.

    Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Mengejan Saat Proses Persalinan

    Nah itulah beberapa solusi yang bisa bunda lakukan guna bantu cepat timbulnya kontraksi supaya cepat melahirkan.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - December 5, 2016
    Diskusi Dari:
    Sahputri Ramadhani

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani
    Diskusi Dari:
    Nurfah Putriie Sopiant

    Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Obey Hungkul

    Pagi ibu bidan, saya mau tanya kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Opik Taufik

    Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah kulit hitam ini pada kulit agar seperti warna kulit semula? Jika ada, bagai mana caranya?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Aryanto Id

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

    Perlu Jawaban