Tahapan Normal Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 0-12 Bulan

Tidak hanya memperhatikan kebutuhan asupan makanan dan kebutuhan yang lainnya saja, Orang tua juga di tuntut untuk selalu mengawasi dan selalu memantau perkembangan si kecil setiap detiknya. Karena dengan memantau perkembangan serta memberikan stimulasi sejak dini, anda bisa mengetahui ada atau tidak adanya kelainan pada anak anda, sehingga anda dapat segera memberikan penanganan yang tepat sedini mungkin. Seperti halnya, pada anak seusianya sudah bisa merangkak sedangkan anak anda belum dapat merangkak. Namun anda juga tidak perlu terlalu cemas, karena pada dasarya perkembangan setiap anak pastinya berbeda-beda.

Pada dasarnya perkembangan anak terbagi menjadi dua, yaitu perkembangan secara motorik halus dan perkembangan secara motorik kasar. Namun pada kesempatan kali ini, tim bidan online akan memaparkan informasi seputar perkembangan anak secara motorik halus, seperti bagaimana perkembangan motorik halus anak yang normal dan apa saja tanda-tanda gangguan motorik halus pada anak?

Maka dari itu, untuk memebedakannya anda sangat perlu mengetahui tahapan normal perkembangan motorik halus anak sejak bayi yaitu mulai pada usia 0-12 bulan, sehingga anda pun mengetahui ada tidak adanya gangguan perkembangan motorik secara halus pada anak anak sejak dini.

Dan berikut perkembangan normal motorik halus pada bayi usia 0-12 bulan:

Bayi berusia 1-3 bulan
Pada usia 1 bulan, dalam keadaan normal umumnya bayi sudah bisa menggenggam dadan pada usia akhir bulan pertama kelahirannya, kemampuan menggenggam bayi menjadi melemah. Selanjutnya pada usia 3 bulan kebiasaan bayi  mengepal semakin lentur dan memasuki usia 3 bulan akhir bayi sudah bisa membuka tangan dalam keadaan terbuka.

Bayi berusia 3-6 bulan
Perkambangan motorik halus bayi selanjutnya adalah pada usia 3-6 bulan. Bayi menggunakan jeri jemarinya secara lebih aktif bahkan bayi menggunakan jarinya untuk bereksplorasi dengan benda-benda yang ada di sekitarnya.

Bayi berusia 6-9 bulan
Pada kondisi yang normal, pada usia ini bayi dapat memegang benda dan memindahkan benda. Pada saat itu anda dapat melatihnya secara terus menerus, salah satunya dengan memberikan finger food. Maka pada saat ini pula anda, dapat mendeteksi kelainanan yang di alami oleh anak anda, seperti sering menggunakan tangan kiri di banding dengan tangan kanannya, atau hanya menggunakan salah satu bagian tangannya saja untuk bermain.

Bayi berusia 9-12 bulan
Pada usai ini bayi umunyamemeiliki gerakan tangan yang halus dan dapat menggemgam benda lebih erat. Bahkan pada usai 10 bulan, bayi sudah bisa menjepit benda dengan menggunakan tangannya. Selain itu, bayi juga telah bisa menekan mainana sehingga kekuatan jari jemarinya terus berkembang.

Tidak sedikit para bunda yang pada dasarnya selalu di landa rasa cemas, saat melihat perkembangan motorik halus anak seusia anaknya telah memiliki kemampuan untuk mengenggam akan tetanpi anak anda belum bisa menggenggam secara sempurna. Anda tidak perlu hawatir terhadap tanda kelainan motorik halus anak tersebut, karena umumnya kondisi tersebut dapat di kurangi resikonya dengan cara menstimulasinya seseuai dengan usainya, jika kelaianan tersebut di ketahui sejak dini.

Maka dari itu, bunda jangan khawatir  karena masing-masing anak memiliki perkembangan motrorik halus yang berbeda-beda. Sehingga kami sangat menyarankan bunda untuk melakukan stimulasi yang tepat dengan usainya, sehingga mampu menunjang perkembangan motorik secara optimal. Namun apabila bunda menemukan kelainan pada motorik halus anak bunda, seperti tiba-tiba tidak bisa menggenggam atau atau salah satu tangannya menjadi lemas, bunda bisa langsung berkonsultasi dengan bidan atau pihak medis lainnya.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar tahapan normal perkembangan motorik halus anak usia 0-12 bulan. Semoga informasi tersebut bisa menjadi panduan cerdas bagi para bunda dalam memantau perkembangan si kecil sejak usia dini.

Citra Dewi Amd.Keb - November 8, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ratu

Selamat malam bu bidan,
Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

Dijawab Oleh : Ratu
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

Dijawab Oleh : Khansa Adeline
Diskusi Dari:
mahdi

Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan ke dokter ?

Perlu Jawaban