×

Takut SC Karena Sudah Melewati Taksiran ? Cobain Deh Makan Sayur Dan Buah-buahan Tropis

Bagikan Artikel :

Takut SC Karena Sudah Melewati Taksiran ? Cobain Deh Makan Sayur Dan Buah-buahan Tropis

Taksiran persalinan sudah lewat beberapa minggu. Tentu Anda khawatir dong dilakukan tindakan seperti induksi atau operasi Caesar. Tapi tenang saja, saat ini informasi semakin up date. Induksi alami pun bisa dilakukan salah satunya dengan mengonsumsi makanan tropis.

Sayuran Dan Buah-buahan Tropis

  1. Nanas
    Nanas merupakan buah tropis yang dikemas dengan banyak vitamin dan mineral penting. Nanas dipercaya sebagai makanan alami hebat lainnya yang menginduksi persalinan. Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang dipercaya dapat melembutkan serviks dan memulai persalinan secara instan. Nanas segar diyakini dikemas dengan enzim bromelain, jadi pastikan Moms mengonsumsi buah dalam keadaan matang dan segar.
  2. Kiwi
    Konsumsi banyak makanan yang tidak membuat perut kembung dan mencegah konstipasi, saran Dr Nicole Avena. Penting menjaga pencernaan tetap baik menjelang persalinan untuk mencegah rasa tidak nyaman. Tetap konsumsi makanan tinggi nutrisi dan tinggi serat seperti buah kiwi.
  3. Kurma
    Kurma menghasilkan hormon oksitosin yang berfungsi merangsang kontraksi rahim dan mempermudah proses persalinan. Ketika persalinan, kontraksi yang lemah biasanya akan diberi tambahan oksitosin lewat jarum suntik untuk kembali menguatkan kontraksi rahimnya. Pada masa pasca persalinan hormon ini akan dikeluarkan ketika bayi sedang menyusui. Peningkatan hormon ini pada masa pasca persalinan akan mempercepat proses penghentian perdarahan serta proses pemulihan anatomi dan fungsi rahim. Pada penelitian tersebut, kelompok ibu hamil yang mengonsumsi buah kurma di akhir masa kehamilan membutuhkan penggunaan oksitosin yang lebih rendah daripada kelompok yang tidak rutin mengonsumsi kurma.
  4. Bawang putih
    Ketika memakan bawang putih dalam jumlah yang cukup, usus besar dapat terstimulasi. Hal ini dapat menyebabkan Anda buang air besar, yang akan memberikan ruang bagi bayi untuk bergerak semakin ke bagian bawah tubuh Anda. Saat bayi bergerak semakin ke bawah, proses ini lebih banyak melibatkan rahim dan serviks, mempersiapkan tubuh Anda untuk persalinan.[
  5. Teh daun buah raspberry
    Teh daun raspberry merah bekerja untuk menginduksi persalinan. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa konsumsi teh ini dapat mengurangi rasa sakit saat kontraksi dan membantu merangsang kontraksi pada otot-otot rahim. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi teh jinten yang terkenal untuk mengobati kembung dan masalah pencernaan lainnya, juga membantu menginduksi persalinan. Kamu hanya perlu menyeduhnya menggunakan satu sendok makan jinten dalam air mendidih untuk menstimulasi kontraksi uterus. Cara ketiga, adalah mengunsumsi tre yang berasal dari daun cohosh biru. Tumbuhan herbal ini bekerja untuk menginduksi persalinan. Tanaman ini bekerja efektif untuk meningkatkan kontraksi sehingga persalinan berjalan lebih cepat.
  6. Akar licorice
    Licorice juga diketahui mengandung glycyrrhizin, yang cenderung meningkatkan prostaglandin membantu meningkatkan kontraksi uterus. Namun, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya dalam jumlah besar untuk mencegah kelahiran prematur. Selain makanan di atas, kamu dianjurkan untuk tetap menerapkan pola makan sehat dan hidup sehat. Rutin berolahraga dan menjalankan yoga sangat baik untuk membantu melancarkan persalinan. Jika tidak ada waktu untuk berlatih, sempatkan diri untuk selalu berjalan kaki, setiap hari, baik di kantor atau rumah. Hal ini sangat membantu proses melahirkan, terutama bagi kamu yang ingin persalinan normal, karena kontraksi setiap orang berbeda-beda, ada yang tergolong cepat dan lambat. Jadi kamu dapat merangsangnya dengan bantuan dari luar. Pastikan tetap konsumsi makanan sehat dan olahraga.
  7. Papaya
    Pepaya mentah mengandung enzim yang disebut papain, dan berfungsi memicu kontraksi di rahim. Papain banyak ditemukan di lateks daun dan buah mentah. Lateks bertindak seperti oksitosin dan prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi. Mengonsumsi pepaya secara langsung jauh lebih baik daripada mengolahnya menjadi jus. Selain itu, pepaya juga membantu ibu mengatasi masalah pencernaan selama hamil.

Tetap Konsultasikan Pada Bidan Anda

Meski banyak sekali aneka buah-buahan dan sayuran yang bisa memberikan induksi alami untuk merangsang persalinan, Anda tetap harus konsultasikan pada dokter atau bidan Anda. Terlebih pada ibu hamil yang memiliki riwayat-riwayat penyakit atau kehamilan dengan resiko tinggi.

Bagikan Artikel :

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan