Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat

Curhat Bidan,- Kehamilan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap wanita. Selama kehamilan hingga menjelang persalinan, menjaga kesehatan kehamilan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Kondisi ini erat kaitannya dengan menjaga berat badan ibu hamil, mendapatkan kondisi yang seimbang untuk asupan nutrisi dan olahraga yang teratur khusus untuk ibu hamil.

Mengetahui kehamilan yang sehat dapat diawali dengan mengetahui Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat, kondisi ibu dan janin selama trimester awal hingga akhir sesuai dengan usia kehamilan dan juga keluhan yang tidak membahayakan ibu dan janin.

Mengetahui 7 Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat

 

Berikut ini beberapa tanda awal kehamilan yang normal dan sehat yang harus Anda ketahui :

Tekanan Darah dan Gula Darah pada Ibu Hamil

Dua hal ini merupakan parameter yang penting dalam kehamilan yang sehat. Mungkin pada beberapa wanita terdapat sedikit peningkatakn tekanan darah ataupun peningkatan kadar gula, namun hal tersebut bisa dibilang normal. Namun, yang harus diwaspadai adalah perubahan yang drastis pada kedua kondisi tersebut. Pasalnya, kondisi ini dapat memicu preeklampsia yang bisa membuat ibu hamil harus melahirkan dini atau prematur.

Berat Badan Ibu Hamil

Dokter biasanya akan menyarankan untuk menaikkan berat badan 13 hingga 15 kg selama hamil. Namun, jika seorang ibu sudah mengalami kelebihan berat badan, dokter memiliki anjuran tersendiri pada masa kehamilan. Pemeriksaan berat badan secara rutin selama kehamilan sangatlah penting. Berat badan harus tetap stabil, artinya bertambah sesuai dengan usia kehamilan.

Kadar Hormon

Bagi wanita yang memiliki kadar hormon progesteron dan estrogen yang tidak stabil selama kehamilan, atau kedua hormon tersebut sangat rendah, maka dapat berisiko mengalami keguguran yang lebih tinggi. Pada masa kehamilan, hormon progesteron pada wanita dapat mencapai kadar 400 mg. Fungsi hormon ini adalah untuk menjaga ibu hamil dari siklus haid. Sementara itu, hormon estrogen juga memiliki peranan penting, yaitu untuk membentuk jaringan rahim agar dapat menampung janin dalam perut.

Rahim dan Plasenta

Selama berada didalam kandungan, janin sangat bergantung pada kesehatan rahim ibu hamil. Maka dari itu, plasenta yang juga melekat pada rahim harus terpenuhi, sehingga dapat menekan risiko terjadinya pelepasan plasenta yang mengarah pada keguguran.

Pergerakan Janin

Selain memeriksakan ukuran perut, pergerakan janin yang ada didalam kandungan juga biasanya diperiksa oleh dokter. Diantara usia kehamilan minggu ke 6 dan ke 10, biasanya seorang ibu akan merasakan adanya pergerakan janin. Pergerakan seperti ini dianggap sebagai ciri bayi sehat dan juga menerima oksigen cukup.

Pertumbuhan Janin

Selanjutnya adalah ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan dengan menggunakan alat kesehatan, salah satunya adalah USG. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda kekurangan oksigen dalam rahim yang dapat berakibat fatal pada janin, terlebih jika fungsi plasenta terganggu dan ibu mengalami masalah kesehatan.

Perut yang Membesar

Dokter idealnya akan mengukur perut ibu hamil untuk dapat memantau perkembangan janin yang ada didalam kandungan. Selain itu, dokter juga akan memastikan perkembangan kesehatan calon bayi di dalam perut ibu.

Nah, bunda itulah beberapa Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat. Jika Anda merasakan sesuatu yang diyakini dapat mengganggu kehamilan Anda, segera lakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter kandungan Anda agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Citra Dewi Amd.Keb - May 26, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Atha

Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dah Wisnugaduh

Hallo bu bidan, saya ini termasuk wanita yang suka mengalami PMS ketika menstruasi, yang ingin saya tanyakan ketika PMS makanan dan minuman apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari agar PMS tidak mengganggu aktivitas saya. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Riza

Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Uchi Susilawati

Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

Perlu Jawaban