Tanda-Tanda Wanita Sedang Masa Subur

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Masa subur merupakan masa dimana wanita berada di tingkat kesuburan tertinggi yang siap untuk dibuahi dengan kemungkinan lebih besar hamil dari pada hari-hari yang lainnya. Terutama anda wanita yang mengalami ganguan sulit untuk hamil, sangat penting sekali mengetahui kapan masa subur yang tepat agar bisa segera hamil.

    Inilah Beberapa Tanda-Tanda Wanita Sedang Masa Subur

    Sebenarnya, Anda tidak selalu membutuhkan sistem kalender saat ingin mengetahui masa subur karena ada kondisi lain yang khusus untuk mengenal masa subur dari tanda-tanda yang ditunjukan oleh tubuh anda sendiri seperti dibawah ini :

    Suhu tubuh menjadi meningkat dari suhu tubuh yang biasanya – Catatan suhu tubuh anda kunci paling penting agar mengidentifikasikan apa yang sedang tubuh anda lakukan apakah semuanya berlangsung normal.

    Perubahan dari lendir menjadi lebih banyak dan menjadi lebih kekentalan – Perubahan lendir ini terjadi sebagai tanda yang tepat untuk mengetahui apakah anda sedang subur atau tidak, Jika lendir anda menjadi lebih kekentalan maka itulah tanda bahwa anda sedang masa subur.

    Hasrat seksual menjadi meningkat – Karena adanya perubahan hormon yang terjadi akan membuat hasrat seksual anda akan menjadi meningkat dari hari-hari lainnya.

    Indra penciuman menjadi lebih tajam – Saat wanita sedang masa subur dapat mendeteksi berbagai aroma termasuk memiliki rasa penciuman yang lebih baik secara umum selama masa ovulasi.

    Perbedaan masa subur dan tidak masa subut anda bisa diperhatikan dengan posisi serviks – Jika posisi sedang tidak masa subur posisi serviks anda lebih rendah teraba keras dan kering, Jika sedang masa subut maka serviks akan terasa lunak terbuka dan lembab.

    Terasa nyeri dibagian perut bawah – Wanita yang sedang masa subur akan terasa nyeri secara tiba-tiba dan nyeri berlangsung lama dibagian bawah perut.

    Siklus menstruasi – Jika anda memiliki siklus haid yang teratur, masa subur bisa dideteksi menggunakan rumus standar yaitu waktu yang tepat masa subur rata-rata terjadi pada hari ke 14 sebelum hari pertama dari siklus haid yang akan datang.

    Perbedaan dari payudara menjadi terasa nyeri dan sensitif.

    Merasakan kram di perut – Menjelan masa subur terjadinya peningkatan kadar hormon di dalam tubuh akan terjadi keluhan seperti kram pada otot rahim.

    Harus diperhatikan bahwa masalah kesuburan bukan hanya harus diperhatikan pada wanita saja namun kesuburan suami juga harus diperhatikan karena banyak kasus tidak terjadinya kehamilan karena adanya masalah dari pada suami dengan itu periksakanlah masalah kesuburan dengan melibatkan kedua belah pihak.

    Itulah yang bisa saya sampaikan kepada anda artikel kesehatan tentang Tanda-Tanda Wanita Sedang Masa Subur, Semoga bermanfaat bagi anda.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - June 14, 2016
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
    Diskusi Dari:
    tickanevianti

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

    Dijawab Oleh : tickanevianti
    Diskusi Dari:
    Wanti

    Dok kenapa ya ko setiap kali bersin saya sering kali bukan 1 kali tapi malah lebih dari 8 atau 10 kali dalam satu waktu. Itu kira kira kepa ya? ko saya jadi khawatir dengan kesehatan saya ya dok.

    Dijawab Oleh : Wanti
    Diskusi Dari:
    Aolia SucCie Priyatna

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Sahputri Ramadhani

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani