Teknik Relaksasi Untuk Wanita Melahirkan Secara alami

Bidan Online | Bagi wanita yang ingin melahirkan secara alami, keterampilan yang paling penting adalah relaksasi. Ini mungkin terdengar aneh untuk mempertimbangan keterampilan relaksasi, tapi memang seperti itu mestinya.

Mempertahankan relaksasi dalam menghadapi hal hal yang tidak diketahui di tengah tengah proses emosional persalinan ke sang ibu menjadi tugas yang menakutkan. Jika pikiran negative dan banyak keraguan yang merayap ke dalam pikiran Anda, maka akan merusak kemampuan Anda untuk mengubah tubuh dalam proses persalinan dan akhirnya membuat Anda merasakan sakit yang lebih saat bersalin.

Untuk menggambarkan keterampilan dalam mempertahankan relaksasi di tengah-tengah gangguan, Inggris mengambil suatu tes yaitu memegang es batu di tangan ketika Anda dalam keadaan benar-benar santai. Setelah beberapa menit, kemungkinan besar anda akan tersadar bahwa “relaksasi” Anda telah hilang.

Teknik relaksasi dapat diterapkan dalam setiap aspek pada kehidupan. Manfaat relaksasi untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental dan membuat Anda menjalani proses persalinan yang tidak menyakitkan.

Untuk kelahiran bayi Anda, tubuh Anda diharuskan untuk membuka. Jika otot-otot Anda tegang, maka itu akan menghambat pembukaan tersebut. Tetapi jika kondisi tubuh Anda tetap dalam keadaan santai untuk menghadapi segala gangguan saat persalinan, Anda akan lebih siap untuk masuk ke relaksasi yang mendalam selama persalinan dan kelahiran.

Ada beberapa faktor berbeda yang dapat menghambat perempuan untuk melahirkan secara alami, termasuk persepsi melahirkan mereka sendiri. Jika seorang wanita memiliki konotasi negative atau fobia terhadap melahirkan, perasaan ini akan terus menerus mengganggu kepercayaan terhadap kemampuan tubuhnya sendiri.

Teknik Relaksasi Untuk Wanita Melahirkan Secara Alami


Salah satu teknik berikut mungkin akan membantu Anda belajar bagaimana menerapkan relaksasi saat melahirkan. Sebenarnya ada banyak jalan yang tersedia untuk belajar relaksasi. Kuncinya adalah menemukan apa yang mungkin cocok atau bekerja untuk tubuh Anda. Beberapa metode yang paling umum di gunakan antara lain :

1. Menggunakan Naskah Relaksasi

Sebuah naskah relaksasi merupakan alat persiapan melahirkan kritis. Naskah ini dapat dibaca oleh pasangan Anda, atau dibaca bergantian dengan Anda sendiri. Anda juga bisa memiliki CD audio relaksasi sebagai gantinya. Jika Anda melakukan kegiatan ini setiap hari dan dijadikan rutinitas bersama pasangan Anda. Secara perlahan tuuh Anda akan cepat bersantai dibawah keadaan apapun. Jika, Anda menguasai ini, ini merupakan kunci agar Anda bisa melahirkan bebas rasa sakit.

2. Progresif Relaksasi Otot

Kemajuan pada teknik relaksasi otot dapat sangat efektif untuk wanita yang melahirkan secara alami. Dengan teknik ini, tubuh Anda akan belajar tentang bagaimana melepaskan otot individu atau kelompok saat Anda merasa tegang. Dengan demikian, Anda akan dapat membedakan otot tegang dan otot rileks, hingga akhirnya Anda lihai untuk mempertahankan keadaan santai.

3. Menggunakan Visualisasi

Visualiasi dapat menjadi teknik yang ampuh bagi wanita yang melahirkan secara alami. Ini merupakan teknik yang biasa digunakan oleh para atlet. Anda akan belajar untuk memvisualisasikan seluruh pengalaman persalinan dari tahap persalinan awal hingga pengiriman bayi ke dunia.

Dalam pikiran Anda, akan tergambar semua aspek melahirkan dari bau disekitar, suara latar belakang bahkan pencahayaan, dan bagaimana tubuh Anda akan bereaksi terhadap setiap perkembangan baru. Ketika kita melihat bahwa diri kita berhasil melahirkan secara alami, bahkan tanpa rasa sakit. Kita akan lebih mempercayai tubuh kita ketika menjalani persalinan yang sebenarnya dimulai. 

4. Menggunakan Musik

Musik secara alami dapat berbicara kepada setiap orang dalam banyak cara. Ini memiliki dampak yang bervariasi juga terhadap individu yang mendengarkan musik. Salah satunya, music dapat digunakan sebagai alat untuk membangkitkan emosi di seluruh spectrum dari energy tubuh Anda, dan untuk menenangkan tubuh Anda untuk lebih santai. Bahkan banyak orang yang mendengarkan beberapa musik merdu sebagai penghantar tidur mereka.

Nah, bagi wanita yang melahirkan secara alami juga ada banyak keuntungan yang didapat jika menggunakan musik relaksasi sebagai bagian dari rutinitas mereka untuk menanamkan relaksasi pada strain pertama dengan melodi yang akrab.

Apapun metode yang Anda pilih, mereka sangat efektif dan akan menjadi paling efektif jika Anda menjalani latihan secara konsisten. Jadi pada saat Anda berleha leha, ingat bahwa Anda harus bekerja keras dalam mempersiapkan tubuh Anda untuk menjalani proses persalinan yang lancar tanpa rasa sakit. Semoga beberapa info teknik relaksasi untuk wanita melahirkan secara alami diatas, dapat sangat bermanfaat untuk Anda.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca :

Citra Dewi Amd.Keb - August 26, 2016
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 27 tahun dan saat ini sedang hamil 6 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan 6 bulan? apakah ada efeknya sama janin? trims mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
erin dianawati

bu bidan, saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangkitkan nafsu makan pada ibu hamil muda,

Dijawab Oleh : erin dianawati
Diskusi Dari:
Tania

maaf sebelumnya. saya mau tanya.
istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
terimakasih

Dijawab Oleh : Tania
Diskusi Dari:
Theresia Tina

Selamat siang bu bidan, maaf mau bertanya mengenai susah makan yang saya alami saat ini. Kenapa ya bawaan mau makan itu susah, rasanya mual dan mau muntah. Hal itu tidak terjadi hanya satu kali, melainkan sering. Saat ini usia kandungan saat menginjak 3 bulan.

Bagaimana langkah yang sebaiknya saya lakukan bu bidan ?? saya takut bayi dalam kandungan saya tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Mohon saran dan jawabannya bu

Dijawab Oleh : Theresia Tina