×

Egg Freezing Membantu Memiliki Keturunan Di Usia Tua

Bagikan Artikel :

Egg Freezing Membantu Memiliki Keturunan Di Usia Tua

Akhir-akhir ini sedang viral mengenai metode egg freezing yang dilakukan beberapa artis Indonesia. Apa sih sebetulnya egg freezing?

Related Posts :

    Egg freezing adalah metode ekstraksi sel telur untuk dibekukan. Jadi nantinya sel telur akan diambil dari ovarium lalu dibekukan tanpa dibuahi sebelumnya. Setelah beku, sel telur itu disimpan. Menariknya sel telur yang dibekukan ini bisa dicairkan di waktu yang diinginkan. Ketika sel telur ini mencair maka akan dikombinasikan dengan sel sperma. Setelah terjadi pembuahan, maka hasil pembuahan ini akan ditanam di dinding Rahim seorang wanita (fertilisasi in vitro).

    Selama menjalani egg freezing, Anda diharuskan meminum obat kesuburan agar menghasilkan banyak sel telur untuk diambil. Anda juga bisa menjalani prosedur ini apabila memiliki beberapa kondisi berikut:

    1. Memilki kondisi yang memengaruhi kesuburan seperti anemia sel sabit, serta mengidap penyakit autoimun atau lupus.
    2. Akan menjalani pengobatan untuk kanker atau penyakit lain yang dapat memengaruhi kesuburan, misalnya perawatan radiasi atau kemoterapi. Pembekuan telur sebelum perawatan memungkinkan seseorang untuk memiliki anak secara biologis di masa depan.
    3. Saat berkeinginan untuk mengawetkan telur yang lebih muda untuk digunakan nanti. Hal ini dapat membantu seorang wanita untuk hamil ketika sudah siap,

    Proses Egg Freezing

    Dalam proses pembekuan sel telur, dokter akan memasukkan jarum pada folikel ovarium untuk mendapatkan sel telur yang telah matang. Kemudian, mereka akan memantau melalui ultrasound. Apabila tidak terlihat, maka akan dilakukan tindakan operasi perut untuk mengangkat sel telur. Selanjutnya adalah membekukan sel telur yang dilakukan secepat mungkin. Dokter juga menyuntikkan larutan khusus ke dalam sel telur sebelum membekukan guna mengatasi kristal es rusak akibat sel-sel telur yang penuh dengan air.

    Jika seseorang yang sudah diambil sel telurnya siap untuk memiliki anak, maka sel telur yang dibekukan akan dibuahi di laboratorium menggunakan sperma dari pasangannya.

    Keberhasilan prosedur ini akan menghasilkan embrio yang mengalami implantasi di rahim wanita beberapa hari kemudian. Peluang kehamilan setelah implantasi kira-kira 30 hingga 60 persen, tergantung pada usia saat melakukan pembekuan sel telur. Artinya, semakin tua usia maka semakin rendah kemungkinan untuk hamil. Untuk diketahui, setelah sepekan menjalani egg freezing, aktivitas sehari-hari bisa dilanjutkan kembali. Selain itu, hindari berhubungan seks tanpa pengaman untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

    Egg Freezing Perlu Dipertimbangkan

    Kesuburan seorang wanita berbeda dengan pria. Pria seumur hidupnya akan subur, sedangkan wanita kesuburan ada pada usia 20-35 tahun. Diusia ini sel telur akan memiliki kualitas yang sehat dan kuat. Ketika di atas usia 35 tahun sel telur kualitasnya akan menurun, pembuahan akan sulit dilakukan.

    Nah dengan demikian, prosedur egg freezing berfungsi untuk mempertahankan kesuburan wanita. Awalnya egg freezing disarankan untuk wanita yang akan menjalani prosedur medis berisiko mempengaruhi kesuburan, misal kemoterapi atau operasi rahim. Namun belakangan egg freezing juga diminati oleh wanita yang ingin menunda waktu kehamilan.

    sekarang tindakan egg freezing juga sudah meluas untuk indikasi lain. Misal yang usia advance namun belum berencana memiliki pasangan atau anak, egg freezing dilakukan bila kelak suatu saat nanti ingin memiliki anak masih ada cadangan telur yang bisa digunakan dalam program bayi tabung.

    Apakah Egg Freezing Ini Akan Beresiko Terhadap Kecacatan Pada Bayi Yang Dilahirkan?

    Egg freezing ini berbeda dari proses pembekuan di kulkas. Sel telur yang dibekukan tidak akan mengalami penurunan kualitas bila dibandingkan dengan sel telur normal.

    Sejauh ini disebut tidak ada bukti penggunaan sel telur yang dibekukan dalam program bayi tabung meningkatkan risiko cacat. Kecacatan lebih mungkin bisa terjadi karena berbagai faktor mulai dari kualitas sperma, proses fertilisasi, hingga proses kehamilan. Satu hal yang pasti adalah menggunakan telur hasil egg freezing itu tidak meningkatkan risiko terjadinya ketidaksempurnaan atau kecacatan embrio

    Risiko Metode Egg Freezing

    1. Meskipun jarang terjadi, ada kemungkinan risiko penggunaan obat kesuburan seperti hormon perangsang folikel sintesis atau hormon luteinizing untuk menginduksi ovulasi.
      Jika terjadi, ini bisa menyebabkan ovarium menjadi bengkak dan nyeri setelah ovulasi atau pengambilan sel telur.
    2. Ini juga jarang terjadi, tapi ada kemungkinan jarum yang digunakan untuk mengambil telur menyebabkan pendarahan, infeksi atau kerusakan pada usus, kandung kemih atau pembuluh darah.
    3. Pembekuan sel telur memang memberikan harapan untuk kehamilan di masa depan, tetapi ada kemungkinan hal tersebut masih sulit dilakukan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 24, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi sakit dan tidak teratur

  • Oleh : Siska Damayanti
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat siang mbak, saya siska mau tanya kalo saya seminggu sebelum datang haid kaki saya terasa pegel**, trus pas udah dtang haidnya perut ,pinggang sampai menjalar kekaki sakitnya? Dan pas dtang haid tanggalnya gak teratur, kalo seandainya bulan belkang tgl 16 ,blan ini dtangnya tgl 11 apakah itu wajar mbak ?

    Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    BB normal bayi umur 4 bulan

  • Oleh : Ira Sularsih
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bubid, sy Ira punya debay usia 4bulan, yg mau di tanyakan apakah normal BB bayi 10kg. Alhamdulillah anak sy full asi. Terimakasih sebelumnya

  • Oleh : Ira Sularsih
  • Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 7 tahun, 5 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Konsultasi masalah haid

  • Oleh : Tukijo
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Maaf pak/buk dokter saya mau konsultasi, usia saya sekitar 20.n , semenjak saya pindah kerja kok jadwal haid saya jd kurang teratur ya..? Apakah itu normal..? Atau pengaruh hormon.? Apa karena kecapek.n atau gejala penyakit ya dok..? Terus solusi buat saya gmna ya dok

    Maaf sebelumnya dan terima kasih. 😊

    Tanya Bidan