Ternyata Ini Rahasia Supaya Hamil Bebas Stress

Perubahan yang terjadi saat hamil kerap kali membuat kekhawatiran bagi bunda yang semakin tertekan dan stress. Entah itu berat badan yang terus bertambah, strecth mark muncul dimana mana, dan masih banyak lagi. Namun tenang saja karena kini curhat bidan akan menyajikan rahasia supaya hamil bebas stress.

Pada bulan ke 8 usia kehamilan, kenaikan berat badan bisa mencapai 1 kg lebih, dalam beberapa minggu saja. Hal ini wajar karena hampir semua ibu hamil mengalaminya. Jadi untuk sementara waktu simpan keinginan bunda untuk diet dan olahraga ketat, lakukan saat bayi anda sudah lahir, atau setelah lulus ASI Eksklusif minimal 6 bulan.

Rahasia Supaya Hamil Bebas Stress

Ketika hamil, konsumsilah makanan yang bergizi dan bernutrisi, terlebih ketika menjelang dan setelah persalinan. Terutama Jenis Makanan yang Baik Untuk Pembentuk Otak Janin. Hal ini dikarenakan perkembangan otak janin sangat pesat pada trisemester akhir. Biarkan saja berat badan terus bertambah, karena semua ini akan terasa berarti ketika nantinya bunda melihat buah hati bisa tumbuh sehat dan cerdas. Nutrisi yang cukup juga akan memberikan bunda energi untuk bisa menghadapi persalinan.

Stretch mark Menurunkan Percaya Diri.
Banyak bunda hamil yang merasa takut memiliki tanda kelahiran yang relatif permanen bernama streach mark. Beruntungnya lagi, teknologi kecantikan jaman sekarang sudah semakin berkembang. Jadi manfaatkan saja krim kulit untuk mencegah atau menyarukan garis garis pada kulit.

Pusar Menonjol Menganggu Penampilan
Tak sedikit ibu hamil yang merasa tidak percaya diri ketika mengenakan baju yang berbahan ketat, serta pusar yang menonjol. Namun tenang saja ma’am ini bukan lagi hal yang memalukan. Justu saat ini banyak ibu hamil yang merasa percaya diri dengan sedikit tonjolan tersebut, dan bahkan ada yang menyebutkan hal ini membuat wanita hamil semakin terlihat seksi.

Kaki Bengkak
Ketika tidak lagi mengenakan high heels, bukan berarti bunda tidak bisa tampil semenarik dulu. Pilihlah sepatu yang nyaman ketika dikenakan, karena semakin besarnya kehamilan, maka semakin berat pula beban tanggungan mama. Pikirkan juga faktor untuk keselamantan sang buah hati, dan sebisa mungkin hindari alas kaki yang mudah membuat bunda terpeleset.

Gerakan Janin yang semakin aktif
Janin dalam kandungan yang akti bergerak, perut yang semakin bertambah besar, kerap membuat nafsu makan ataupun kenyamanan tidur menjadi terganggu. Bila tidak ditangani dengan segera, maka hal ini akan mengganggu kesehatan bunda. Gunakanlah waktu anda untuk beristirhat secara penuh, disamping anda juga menyediakan cemilan sehat ketika nafsu makan anda sedang hilang.

Tips Hilangkan Kekhawatiran Saat Hamil

Untuk rahasia supaya hamil bebas stress lainnya adalah dengan mampu mengatasi berbagai keluhan serta pertanyaan yang memenuhi pikiran mama. Seperti pertanyaan apakah bayi dalam kandung sehat, ? akankah bisa menjadi ibu yang baik ? Bisakah nantinya ASI keluar, hingga kekhawatiran yang bisa memenuhi kebutuhan bayi anda.

Kekhawatiran tersebut datang karena kurangnya informasi. Maka dari itu banyak banyaklah ibu mencari informasi, lalu pilih mana yang menurut bunda pas untuk diaplikasikan. Ketimbang bunda memusingkan hal yang belum terjadi. Beberapa hal ini juga bisa membuat mama jauh lebih siap menjadi bunda baru.

Minta bantuan pakar hamil
Ketika anda mendapatkan informasi yang terkait dengan masalah kesehatan janin, ada baiknya mama langsung menanyakannya ke dokter kandungan atau bidan anda  untuk membuat arahan. Bila terkait mitos yang kemungkinan bisa membuat anda resah, mencari informasi dan jawaban dari pemuka agam merupakan solusi terbaik.

Sharing Dengan Sahabat
Lebih seringlah untuk sharing dengan sahabat anda yang sebelumnya sudah melahirkan. Dengarkan dan bayangkan proses melahirkan dari persiapan hingga menjalani peran sebagai ibu baru. Kegiatan ini akan membantu anda mengetehui lebih jauh dan membantu mengurangi kekhawatiran, serta membuat bunda semakin siap untuk menghadapi kelahiran.

Berdua lebih mudah
Bicarakan dan diskusikan masa depan buah hati anda, bersama pasangan atau anggota keluarga lainnya, kehadiran orang yang tersayang akan membuat beban pikiran anda menjadi sedikit berkurang. Percayakanlah, selama niat bunda baik dalam membesarkan buah hati, pastinya akan selalu ada jalan untuk segala halnya.

Citra Dewi Amd.Keb - August 29, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Pagi bu.
Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
Mohon penjelasannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Lutfi Maharani

Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Selamat siang bu bidan,

Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

Dijawab Oleh : Yuli Ani
Diskusi Dari:
Dayat Ya Hidayat

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Debby

Siang Bu Bidan,
Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

Perlu Jawaban