Ternyata Keputihan Yang Tidak Normal Bisa Menyebabkan Kemandulan Lho!

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Ternyata Keputihan Abnormal Bisa Menyebabkan Kemandulan Lho

    Keputihan normal akan dialami setiap wanita sesuai siklus menstruasinya dengan indikasi berwarna bening tidak berbau dan tidak gatal. Namun keputihan abnormal (tidak normal) akan terlihat perubahan tekstur, warna, bau, rasa gatal dan bisa menunjukkan adanya infeksi vagina yang perlu diwaspadai. Keputihan tidak normal bisa menimbulkan gejala berbeda, seperti cairan keputihan berbau amis atau asam, berwarna kehijauan dan berbusa, putih seperti tepung, dan umumnya gatal.

    Ada tiga jenis infeksi vagina yang menyebabkan keputihan abnormal, yaitu infeksi bakteri (bacterial vaginosis), Trichomoniasis, dan infeksi jamur (yeast infection). Infeksi vagina akibat keputihan tidak normal tidak boleh dibiarkan karena bisa berpengaruh bagi kesuburan seorang wanita dan membuat wanita sulit mendapatkan kehamilan. Padahal, bagi sebagian pasangan yang sudah menikah, mendapatkan kehamilan tentu akan menjadi hal yang sangat ditunggu.

    Keputihan Abnormal Bisa Menyulitkan Kehamilan

    Keputihan abnormal disebabkan oleh infeksi jamur, virus atau bakteri bisa menyebabkan bakteri atau jamur vagina menjadi tidak seimbang (berlebihan) dan mudah terjadi infeksi, sehingga sperma jadi lebih sulit mencapai rahim. Infeksi bisa mengubah konsistensi cairan serviks. Sehingga akan semakin sulit bagi sperma untuk berenang menuju leher rahim. Itulah yang menyebabkan keputihan abnormal membuat sulit hamil.

    Selain itu kemampuan sperma untuk hidup didalam rahim selama masa menanti/ membuahi sel telur juga menjadi hal penting dalam proses terjadinya kehamilan, oleh karena itu selain dipengaruhi kualitas sperma yang baik pembuahan harus didukung lingkungan rahim yang baik, tanpa adanya keputihan abnormal.

    Cara Mengatasi Keputihan Abnormal

    Pada kasus keputihan yang sudah menahun, disarankan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium menggunakan cairan keputihan yang diambil melalui pemeriksaan dalam. Diharapkan dengan mengetahui penyebab pastinya, dapat diberikan terapi yang tepat

    Selain itu disarankan juga melakukan tes papsmear untuk mengetahui apakah ada masalah pada organ reproduksinya atau tidak. Jika memang ditemukan ada ketidaknormalan, maka hal ini tentu bisa segera diatasi.
    Dan, jangan dilupakan bahwa pasangan (suami) juga harus ikut diobati apabila salah seorang sudah didiagnosa terinfeksi. Pengobatan dengan antibiotika harus tuntas.

    Pengaruh Keputihan Abnormal Jika Tidak Diobati

    Apabila keputihan abnormal diabaikan, keputihan abnormal akan sulit disembuhkan. infeksi dapat menjalar kedalam rahim, kemudian ke saluran telur dan sampai di indung telur (ovarium). Infeksi ini dapat mengganggu fungsi pelepasan dan pembuahan sel telur. Karna pembuahan yang ideal terjadi di saluran telur. Jika hal ini terjadi tentu akan mengakibatkan wanita penderita keputihan menjadi susah hamil. bahkan dibeberapa referensi disebutkan wanita yang bertahun-tahun menderita keputihan patologis bisa mengakibatkan kemandulan (infertilitas).

    Penyebab Keputihan Abnormal Yang Tidak Kunjung Sembuh

    Keputihan abnormal yang dialami wanita secara terus menerus bisa terjadi karena adanya masalah pada organ reproduksi seperti terjadinya sumbatan pada saluran indung telur sehingga menyulitkan terjadinya kehamilan. Untuk memastikan terjadi sumbatan pada saluran telur atau tidak, dianjurkan melakukan pemeriksaan Histerosalfingografi (HSG).

    HSG umumnya digunakan untuk memeriksa wanita yang sulit hamil. Dengan prosedur ini, ahli radiologi bisa mengevaluasi bentuk dan struktur rahim, kondisi keterbukaan saluran telur, dan jaringan parut di dalam rahim atau rongga perut.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - September 18, 2018
    Diskusi Dari:
    ANGGUN

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

    Dijawab Oleh : ANGGUN
    Diskusi Dari:
    Riri

    Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

    Dijawab Oleh : Riri
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    Dijawab Oleh : Ramadhan
    Diskusi Dari:
    ANGGUN

    Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat saya dalam keadaan sadar atau bahkan ketika sedang bermimpi. Bagaimana cara menyembuhkannya bu ? Saya merasa terganggu dengan kondisi seperti ini dan tolong segera dijawab ya. Terima kasih bu bidan.

    Dijawab Oleh : ANGGUN
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Dijawab Oleh : uye (wanita)