Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan Oleh Wanita Usia 20-an

Untuk saat ini, banyak wanita yang sudah berada di usia 20-an merasa dirinya tidak memiliki masalah kesehatan. Mereka juga menganggap hidupnya masih lama dan kurang mempedulikan masalah atau problema dalam tubuhnya. Meskipun demikian, bukan berarti wanita muda tidak memerlukan tes kesehatan. Untuk memastikan bahwa wanita tersebut baik-baik saja, Bidan Online akan memberikan informasi mengenai pemeriksaan tes kesehatan yang perlu dilakukan oleh wanita.

8 Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan Oleh Wanita Umur 20-an


– Tes Mata
Kondisi mata seseorang bisa saja berubah seiring dengan berjalannya waktu. Meskipun tidak memiliki masalah yang besar pada penglihatan, tes mata perlu dilakukan terlebih jika anda bekerja dengan komputer atau laptop seharian. Apalagi jika generasi sekarang ini banyak dimanjakan dengan alat elektronik seperti handphone, televisi, atau tablet yang bisa merusak mata. Jadi lakukan tes mata saat anda merasa pandangan lebih kabur, pusing atau nyeri pada bagian mata.

– Memeriksakan Gigi
Pada saat wanita tidak mengalami masalah, maka kesehatan gigi pun akan kurang mendapat perhatian. Untuk mencegah dan memperbaiki kerusakannya, mulailah untuk rutin melakukan pemeriksaan gigi anda saat usia 20-an. Dan juga kami menyarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi 3 bulan atau 6 bulan sekali. Jika gigi tidak bermasalah, anda juga bisa melakukan pemeriksaan gigi satu tahun sekali.

– Tes Payudara
Menurut Cancer Research UK, anda harus memeriksakan setiap bulan bahkan setiap hari payudara anda. Tidak perlu pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan ini, karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Hal ini harus diterapkan secara rutin meskipun masih muda, karena kanker payudara akan berkembang pada wanita usia 20-an.

– Mammografi
Mammografi saat ini sudah menjadi salah satu tes kesehatan yang akurat untuk mendeteksi adakah sel kanker yang berkembang di payudara anda. Tentunya pemeriksaan ini menjadi suatu hal yang penting bagi para wanita muda, karena merupakan satu tindakan pencegahan dini selain deteksi personal yang biasa dilakukan.

– Kolesterol
Cek kadar kolesterol anda melalui tes darah. Jika anda memiliki faktor resiko terserang penyakit jantung dari keluarga, maka tidak hanya memeriksa tes kolesterol. Mintalah dokter untuk melakukan pengecekkan tambahan berupa tes lipoprotein. Karena tes ini lebih sensitif dan bisa memberikan gambaran akan ukuran dan jumlah partikel kolesterol dalam tubuh. Lakukan 5 tahun sekali. Karena kadar kolesterol yang tinggi membuat resiko terserang penyakit jantung meningkat.

– Pap Smear
Meskipun usia terbilang masih muda, pemeriksaan pada rahim dan alat kelamin perlu dan harus dilakukan. Pap Smear ini dilakukan untuk mendeteksi adanya kemungkinan besar kanker serviks atau adanya ketidaknormalan pada rahim. Seperti yang dilansir oleh Cosmpolitan, wanita perlu pemeriksaan pap smear ini 6 bulan sebelum ulang tahun ke 25. Setelah itu, anda hanya perlu pap smear setiap 3 tahun sekali sampai usia 50-an.

– Tes STI
Bagi anda yang sudah aktif secara seksual dan ingin memeriksakan kesehatan anda secara mendalam, anda bisa melakukan tes penyakit seksual menular atau STI. Meskipun tidak merasakkan gejala yang aneh pada kelamin, bukan berarti anda tidak mengidap penyakit tersebut. Maka dari itu, penting memeriksakannya untuk mengetahui apakah anda teridap penyakit-penyakit seperti klamidia, gonorea, hepatitis atau sampai HIV.

– Skin Cancer Screening
Kesehatan kulit merupakan salah satu yang tidak boleh diabaikan, terutama bagi wanita. Perhatikan jika ternyata ada bercak atau tanda-tanda kehitaman yang tiba-tiba saja muncul di kulit anda. Maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kulit sebelum berkembang menjadi sel kanker yang ganas.

Mulailah dari sekarang untuk mencintai tubuh sendiri dengan melakukan pemeriksaan rutin pada usia 20-an diatas. Coba untuk mengatur jadwal pemeriksaan dari sekarang. Bukankah tubuh yang sehat akan membuat anda lebih optimal bahkan maksimal dalam menjalani hidup? Pastinya. Semoga Bermanfaat:))

Citra Dewi Amd.Keb - July 28, 2016
Diskusi Dari:
Indri Ekawaty

Salamualikum
Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

Dijawab Oleh : Indri Ekawaty
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil 17 minggu. Akhir-akhir saya sering sekali merasa sesak napas dan cepat lelah. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah hal tersebut wajar saat hamil?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Asti Anisa

Selamat pagi, saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Terima kasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ririn

Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Aisyah Putri Setiawan

selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan