Tidak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri

Bidan Online -, Tidak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri-, Me time atau waktu untuk sendiri, tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja melainkan bayi juga membutuhkan waktu untuk sendiri dan waktu sendiri untuk bayi berbeda dengan orang dewasa jadi Anda jangan meninggal bayi Anda tanpa pengawasan atau Anda membiarkan bayi Anda menangis.

Pengertian dari istilah me time sendiri adalah memberikan kesempatan pada Anda untuk memanjakan diri dari rutinitas, sedangkan me time pada bayi adalah waktu untuk istirahat.

Pada umumnya saat bayi sedang terjaga, Anda dan keluarga terkadang pernah berhenti mengajaknya bermain dan hal ini cukup baik untuk stimulasi bayi tapi beberapa kali Anda bisa membiarkan bayi Anda untuk merasakan waktunya sendiri tanpa melakukan berbagai macam stimulasi atau reaksi.

Untuk beberapa bayi, mereka juga memerlukan me time meskipun hanya beberapa menit saja dengan tujuan yang berbeda – beda. Meskipun tujuan utamanya untuk membuat istirahat atau menghibur diri sendiri. Tidak jauh berbeda dengan orang dewasa yang membutuhkan waktu sendiri untuk menghilangkan rasa penat atau stress dan begitu juga dengan bayi Anda yang setiap kali Anda ajak bermain dan berceloteh membutuhkan waktu tenang meskipun hanya untuk beberapa menit.

Beberapa tanda bayi membutuhkan me time diantaranya saat Anda ajak bermain atau berceloteh, bayi sering mengalihkan kontak mata dan terkadang disertai dengan gelengan kepala, tangan bayi sering menggeliat atau bahkan sampai menangis.

Tanda – tanda di atas harus didukung oleh kesehatan bayi yang baik dan kondisi lingkungan yang bersahabat seperti tidak kepanasa, kedinginan dan tidak nyaman. Apabila faktornya memang bukan karena masalah kesehatan, cobalah berikan waktu me time untuk bayi kemudian meletakan bayi Anda di atas matras untuk menikmati waktu tenangnya.

Berikut di bawah ini beberapa cara memberikan me time untuk bayi :

  • Anda bisa menemani bayi Anda tapi bukan untuk mengajaknya bermain melainkan hanya mengawasinya saja. Misalnya saat Anda sedang menulis, maka Anda bisa memberikan mainan bayi dan membiarkannya bermain sendiri.
  • Anda tidak perlu terburu – buru mengajak bayi Anda bermain, jika bayi sedang sendiri tidak perlu terburu – buru mengajaknya bermanin. Jangan khawatir bayi Anda sedang menikmati waktu me time nya sendiri dan hal yang harus Anda lakukan yaitu tetap berada di sampingnya dengan melakukan kegiatan Anda.
  • Kurangi kebisingan dan aktifitas, Anda bisa mengurangi suara kegaduhan yang ditimbulkan oleh tv, musik atau lingkungan yang bisa menganggu bayi Anda. Biarkan bayi Anda menikmati waktunya sendiri sehingag dia senang dengan waktunya sendiri dan melakukan kegiatannya sendiri dalam beberapa waktu.
  • Membiarkan bayi menikmati bangun tidurnya, saat bayi Anda bangun tidur dan tidak menangis sebaiknya Anda tidak perlu terburu – buru menggendongnya melainkan Anda bisa membuatnya menjadi lebih tenang.
  • Beberapa aktifitas di atas bisa Anda terapkan untuk memberikan waktu sendiri pada bayi dan masih dalam pengawasan Anda tentunya karena bayi masih membutuhkan pengawasan dari orang dewasa.

Baca Juga :

Citra Dewi Amd.Keb - March 14, 2017
Diskusi Dari:
Gek Anik

Selamat pagi ibu bidan, saya Widiyono ingin bertanya apakah sakit punggung saat hamil itu normal? Atau jangan-jangan ada masalah lain yang terjadi pada istri saya? Mohon dijawab ya bu, saya tunggu. Terima kasih sebelumnya

Dijawab Oleh : Gek Anik
Diskusi Dari:
Karmila

Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Reny Anggra

Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

Dijawab Oleh : Reny Anggra
Diskusi Dari:
Rhiyad Suhpriatin

Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

Dijawab Oleh : Rhiyad Suhpriatin
Diskusi Dari:
uye (wanita)

saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

Dijawab Oleh : uye (wanita)