Tips Agar Buah Hati Anda Tidur Nyenyak Di Malam Hari

curhatbidan.com,- Memiliki anak merupakan dambaan bagi setiap pasangan, terutama pasangan baru. Namun, bagi pasangan yang baru saja memiliki anak, pasti akan merasa kerepotan ketika merawat si kecil yang masih bayi. Orangtua harus sabar untuk memberinya makan dan minum, memandikannya, serta menidurkannya di malam hari.  Agar buah hati Anda bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, simak informasi seputar tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari berikut ini !

5 Tips Agar Buah Hati Anda Tidur Nyenyak Di Malam Hari

                               

Tidak jarang ibu selalu merasa sangat kerepotan ketika menidurkan bayi di malam hari. Bayi yang berusia beberapa bulan biasanya sering terbangun di malam hari, sehingga ibupun turut bangun saat mendengar si kecil menangis. Memang hal ini menjadi kewajiban bagi seorang ibu. Namun, jika hal tersebut terlalu sering terjadi, justru jadwal tidur akan terganggu yang dapat berdampak pada kesehatan.

Untuk mencegah agar si kecil tidak sering bangun di malam hari, berikut ini beberapa tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari yang bisa bunda lakukan :

Pastikan Tempat Tidur Bersih dan Wangi

Sebelum menidurkan buah hati Anda, pastikan tempat tidur yang akan digunakan si kecil bersih dan wangi. Kebersihan tempat tidur menjadi jaminan utama agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Selain bersih, usahakan juga agar suasana tempat tidur nyaman dan wangi. Jika diperlukan, berikan wewangian alami (minyak lavender) agar buah hati semakin rileks ketika tidur.

Perhatikan Lampu

Ketika tidur di malam hari, berikan suasana yang paling nyaman dan tenang pada bayi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana paling nyaman, adalah dengan meletakkan lampu di kamar si kecil. Usahakan agar si kecil tidur di bawah nyala lampu yang hangat. Hindari menidurkan bayi di bawah sinar lampu yang terlalu terang, karena hal ini bisa memicu ketidaknyamanan pada buah hati Anda. Gunakan lampu yang redup namun hangat dan nyaman di kamar tidur si kecil.

Temani Buah Hati Anda Saat Tidur

Ketika si kecil sedang tidur, usahakan orangtua untuk selalu ada disampingya. Bayi yang tidur dengan ditemani orangtua akan lebih tenang, lebih pulas, dan lebih nyaman saat tidur. Bayi akan merasa aman ketika ia melihat orangtuanya berada disampingnya. Selain tidurnya semakin nyenyak, bayi yang ditemani orangtua saat tidur juga akan semakin percaya diri dan mendapatkan tumbuh kembang fisik maupun psikologis yang baik.

Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari berikutnya yang mudah juga ampuh yaitu memandikannya dengan air hangat. Air hangat bisa membuat tubuh bayi menjadi rileks dan tenang. Ketika ia tenang, maka bisa dipastikan ia bisa tidur dengan baik. Sertakan pijatan pelan saat bayi mandi agar tubuhnya semakin rileks dan tenang.

Susui Bayi Sebelum Tidur

Bunda, jangan lupa untuk memastikan agar bayi dalam kondisi kenyang saat tidur. Karena jika kondisi bayi dalam keadaan yang lapar ketika tidur, maka hal ini akan mengganggunya dan tidak jarang membuatnya menjadi rewel. Maka dari itu, untuk membuat buah hati Anda merasa cukup kenyang, berilah makanan atau susu bayi sebelum tidur.

Nah, bunda, jika si kecil sering terbangun dan rewel pada malam hari, 5 tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari tersebut bisa bunda lakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah bayi terbangun di malam hari. Jika si kecil bisa tidur dengan nyenyak, maka kualitas tidur ibu dan si kecil pun menjadi lebih baik dan akan bangun dengan kondisi yang lebih segar di pagi hari. Semoga bermanfaat.

Citra Dewi Amd.Keb - June 1, 2016
Diskusi Dari:
Winda

Selamat siang,
Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

Dijawab Oleh : Winda

Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Aisyah Putri Setiawan

Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Siti Rohmah

Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

Perlu Jawaban