Tips Agar Buah Hati Anda Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • curhatbidan.com,- Memiliki anak merupakan dambaan bagi setiap pasangan, terutama pasangan baru. Namun, bagi pasangan yang baru saja memiliki anak, pasti akan merasa kerepotan ketika merawat si kecil yang masih bayi. Orangtua harus sabar untuk memberinya makan dan minum, memandikannya, serta menidurkannya di malam hari.  Agar buah hati Anda bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, simak informasi seputar tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari berikut ini !

    5 Tips Agar Buah Hati Anda Tidur Nyenyak Di Malam Hari

                                   

    Tidak jarang ibu selalu merasa sangat kerepotan ketika menidurkan bayi di malam hari. Bayi yang berusia beberapa bulan biasanya sering terbangun di malam hari, sehingga ibupun turut bangun saat mendengar si kecil menangis. Memang hal ini menjadi kewajiban bagi seorang ibu. Namun, jika hal tersebut terlalu sering terjadi, justru jadwal tidur akan terganggu yang dapat berdampak pada kesehatan.

    Untuk mencegah agar si kecil tidak sering bangun di malam hari, berikut ini beberapa tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari yang bisa bunda lakukan :

    Pastikan Tempat Tidur Bersih dan Wangi

    Sebelum menidurkan buah hati Anda, pastikan tempat tidur yang akan digunakan si kecil bersih dan wangi. Kebersihan tempat tidur menjadi jaminan utama agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Selain bersih, usahakan juga agar suasana tempat tidur nyaman dan wangi. Jika diperlukan, berikan wewangian alami (minyak lavender) agar buah hati semakin rileks ketika tidur.

    Perhatikan Lampu

    Ketika tidur di malam hari, berikan suasana yang paling nyaman dan tenang pada bayi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana paling nyaman, adalah dengan meletakkan lampu di kamar si kecil. Usahakan agar si kecil tidur di bawah nyala lampu yang hangat. Hindari menidurkan bayi di bawah sinar lampu yang terlalu terang, karena hal ini bisa memicu ketidaknyamanan pada buah hati Anda. Gunakan lampu yang redup namun hangat dan nyaman di kamar tidur si kecil.

    Temani Buah Hati Anda Saat Tidur

    Ketika si kecil sedang tidur, usahakan orangtua untuk selalu ada disampingya. Bayi yang tidur dengan ditemani orangtua akan lebih tenang, lebih pulas, dan lebih nyaman saat tidur. Bayi akan merasa aman ketika ia melihat orangtuanya berada disampingnya. Selain tidurnya semakin nyenyak, bayi yang ditemani orangtua saat tidur juga akan semakin percaya diri dan mendapatkan tumbuh kembang fisik maupun psikologis yang baik.

    Mandikan Bayi dengan Air Hangat

    Tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari berikutnya yang mudah juga ampuh yaitu memandikannya dengan air hangat. Air hangat bisa membuat tubuh bayi menjadi rileks dan tenang. Ketika ia tenang, maka bisa dipastikan ia bisa tidur dengan baik. Sertakan pijatan pelan saat bayi mandi agar tubuhnya semakin rileks dan tenang.

    Susui Bayi Sebelum Tidur

    Bunda, jangan lupa untuk memastikan agar bayi dalam kondisi kenyang saat tidur. Karena jika kondisi bayi dalam keadaan yang lapar ketika tidur, maka hal ini akan mengganggunya dan tidak jarang membuatnya menjadi rewel. Maka dari itu, untuk membuat buah hati Anda merasa cukup kenyang, berilah makanan atau susu bayi sebelum tidur.

    Nah, bunda, jika si kecil sering terbangun dan rewel pada malam hari, 5 tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari tersebut bisa bunda lakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah bayi terbangun di malam hari. Jika si kecil bisa tidur dengan nyenyak, maka kualitas tidur ibu dan si kecil pun menjadi lebih baik dan akan bangun dengan kondisi yang lebih segar di pagi hari. Semoga bermanfaat.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - June 1, 2016
    Diskusi Dari:
    Cantika Rahayu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dayat Ya Hidayat

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Vita Ratnasari

    Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Vita Ratnasari
    Diskusi Dari:
    ALif AL Maun Yoyox

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas di ksih zinc&oralit pancet bab trmkch

    Dijawab Oleh : ALif AL Maun Yoyox
    Diskusi Dari:
    Uchi Susilawati

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Dijawab Oleh : Uchi Susilawati