Tips Ampuh Agar Anak Tetap Sehat Pada Cuaca Jahat

Bidan Online | Pada saat cuaca tak tentu atau musim pancaroba seperti sekarang ini, biasanya si kecil akan cenderung lebih mudah terserang penyakit seperti flu, batuk, radang tenggorokkan, demam, diare, bahkan bisa juga terserang demam berdarah. Resiko mudah terserang penyakit ini bisa saja dikurangi bahkan dicegah dengan beberapa Tips Ampuh Agar Anak Tetap Sehat Pada Cuaca Jahat agar para orang tua bisa tetap memastikan si kecil sehat dan aktif meskipun cuaca tak bersahabat.

Tips Agar Anak Sehat Saat Cuaca Jahat


1. Pastikan Anak Untuk Meminum “Susu”
Menurut para ahli, anak usia 1-3 tahun meminum susu harus sebanyak 3-4 gelas dalam sehari. Sedangkan usia 3-5 tahun meminum susu sebanyak 2 gelas perharinya. Seperti zat nutrisi lainnya, susu kaya akan kandungan zat gizi yang sangat diperlukan oleh anak untuk pertumbuhan tubuh serta untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Untuk sekarang ini sudah banyak jenis susu yang dilengkapi dengan probiotik yakni jenis bakteri baik yang bisa menjaga sistem pencernaan si kecil dari serangan bakteri jahat yang menjadi penyebab penyakit.

2. Pastikan Anak Untuk Memakan “Makanan Bergizi”
Jenis dan kecukupan makanan bergizi ini akan sangat berpengaruh bagi kondisi daya tahan si kecil dalam menghadapi serangan penyakit dari luar. Pastikan para orang tua memberikan makanan yang sesuai dengan angka kecukupan gizi harian mereka. Ayah dan bunda juga bisa memvariasikan jenis makanan agar si kecil tidak bosan dan memastikan si kecil mendapatkan semua jenis nutrisi yang ia butuhkan.

3. Pastikan Untuk “Menjaga Kebersihan”
Menjaga kebersihan ini bukan berarti anak tidak boleh bermain di luar ruangan, biarkan saja mereka beraktivitas dan beri mereka kebebasan selama orang tuanya masih bisa memastikan keamanan si kecil. Biasakan juga untuk mencuci tangan dan kaki setelah bermain di luar, setelah dari kamar mandi, setelah bermain dengan hewan, sebelum makan dan tidur. Dan juga biasakan anak untuk mandi secara teratur minimal 2x sehari, karena beberapa virus flu bisa dilumpuhkan dengan menggunakan sabun saat mandi atau cuci tangan.

4. Pastikan Anak Untuk “Cukup Tidur”
Tips ini diperlukan anak untuk beristirahat. Ketika anak tidur, tubuhnya akan mengisi kembali tenaga yang telag digunakan saat mereka beraktivitas. Menurut penelitian, anak yang cukup tidur baik saat siang atau malam hari, mereka akan cenderung lebih sehat, aktif dan bahagia. Dan balita antara 1-3 tahun biasanya memerlukan waktu tidur selama 12-13 jam, dan untuk balita 3-5 tahun memerlukan waktu 11-13 jam untuk tidur dalam sehari full.

5. Mengajak Anak Untuk Berolahraga
Mengajak berolahraga tentunya dengan memilih jenis olaharaga yang sesuai dengan kemampuan si kecil, yang penting si kecil terlibat dalam gerakan yang melatih kelenturan anak, daya pompa jantung, dan kekuatan tubuh mereka. Jenis olaharaga yang bisa dipilih dan digunakan seperti berenang, bersepeda, atau bermain bola. Pastikan si kecil mengenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca pada saat itu. Pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat saat cuaca panas, dan pakaian yang tebal dan hangat pada cuaca dingin.

6. Pastikan “Menghindari Berbagi Alat Makan Dengan Teman”
Bermain dengan teman bisa melatih kemampuan komunikasi dan sosial si kecil. Tapi bunda, ajarkan si kecil untuk tidak berbagi alat makan seperti sendik, sedotan, atau gelas yang bisa menjadi rantai penyebaran penyakit jika salah satu temannya ada yang sedang sakit.

7. Pastikan Untuk “Menghindari Cuaca Ekstrim”
Ketika cuaca sedang hujan lebat atau matahari sedang panas terik, jangan biarkan si kecil untuk bermain di luar. Dengan memberikan krim surya tabir pada si kecil di siang hari atau menggunakan payung pada saat hujan, bisa mengurangi resiko terserang penyakit ketika cuaca ekstrim.

Itulah Tips Agar Anak Tetap Sehat Saat Cuaca Jahat yang bisa Bidan Online sampaikan. Pada musim sekarang ini memang para orang tua harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan, baik kesehatan diri kita sendiri ataupun kesehatan orang lain termasuk kesehatan keluarga kita. Terimakasih telah berkunjung, semoga informasi ini bisa bermanfaat:))

Citra Dewi Amd.Keb - August 25, 2016
Diskusi Dari:
Sri Maryati

Selamat pagi dok, saya mau bertanya tentang usia kehamilan yang sebarnya. Sebenarnya bagian mana cara menghitung kehamilan ini? Kemarin saya periksa ke dokter kandungan, katanya kandungan saya sudah 29W lebih, padahal terakhir saya hed tanggal 18-04-2016. Mohon infonya ya dok.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
rina

pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

Dijawab Oleh : rina
Diskusi Dari:
salsa amelia

selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Bu bidan saya kemarin menikah dan melakukan hub intim bersama suami saya tapi ga keluar darah. Katanya kalo ga keluar darah saat malam pertama ga perawan. Mohon penjelasanya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Dayat Ya Hidayat

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

Perlu Jawaban