Tips Cara Agar Anak Mau Minum Obat Saat Sakit

Ketika anak sakit, obat yang telah diresepkan oleh dokter tentu harus dikonsumsi secara rutin. Yang menjadi masalahnya adalah, anak terkenal sulit minum obat. Bukan saat meminumnya, ketika melihat obatnya saja, mereka akan menjerit atau berlari ketakutan karena tak ingin mendekati bahkan meminumnya.

Saat mengalami masalah seperti ini, kebanyakan orang tua akan mencekokan obat ke mulut si kecil dengan memegangi tangan serta kakinya agar tak bisa menolak pemberian obat tersebut. Namun, cara seperti ini justru tak akan memberikan kesan yang baik. Karena, anak akan meronta-ronta, menangis, sampai mengeluarkan kembali obat yang baru saja dimasukan ke dalam mulut. Yang lebih parahnya adalah, risiko tersedak yang membuat obat tersebut masuk ke dalam paru-paru.

Untuk menghindari bahaya tersebut, sedangkan bunda bisa membujuk anak supaya mau minum obat, para ahli kesehatan merekomendasikan beberapa Tips Cara Agar Anak Mau Minum Obat Saat Sakit, yang antara lain :

Memberikan pengertian

Cara pertama yang bisa bunda gunakan agar anak mau minum obat tanpa paksaan adalah dengan memberikan pengertian yang baik dan lembut mengenai manfaat minum ramuan sehat tersebut bagi kesehatan si kecil. Jelaskan padanya bagaimana dampak saat ia minum obat dan tidak. Anda juga bisa membandingkan ketika si kecil minum obat, ia bisa cepat sembuh, dan akhirnya bisa sekolah serta bermain bersama teman-temannya lagi.

Selain pengertian yang telah disampaikan, bunda juga bisa memberikan contoh pada si kecil bagaimana caranya minum obat. Cara ini aman digunakan, mengingat dosis obat anak terkenal rendah dibandingkan yang lainnya, sehingga bunda pun bisa mengonsumsinya.

Memberikan iming-iming

Bunda bisa memberikan umpan agar anak berubah pikiran dan bisa minum obat sesuai dengan keinginannya. Namun, bunda juga perlu memerhatikan hadiah yang akan bunda berikan tersebut. Jangan sampai menjanjikan anak akan dibelikan ice cream, jika saat ini ia tengah demam, batuk, dan pilek. Berikan ia hadiah yang tak akan membuatnya semakin sakit, seperti berjanji membelikannya mainan baru ketika ia sembuh nanti.

Menggunakan teknik sisipan

Teknik sisipan ini maksudnya adalah dengan memberikan obat di antara suapan makanan. Contohnya, ketika bunda menyuapi si kecil bubur 2 sendok, maka sendok ketiga isi dengan obat. Setelah itu, lanjutkan lagi dengan bubur. Namun, bunda tetap harus memberitahu anak bahwa sendok ketiga itu adalah obat dengan terus memberikan pengertian bahwa minum obat itu penting demi kesembuhannya, sehingga ia tak merasa dijebak. Karena jika ia sudah merasa dijebak, ia akan kapok dan tak mau lagi disuapi makanan apapun oleh bunda. Yang pada akhirnya membuat mereka jadi susah makan.

Mengalihkan perhatian anak

Cara ini memiliki hubungan erat dengan teknik sisipan yang sebelumnya dijelaskan. Bunda bisa mengalihkan perhatian sang buah hati menuju serial TV kesukaannya sejak ia mulai makan, “bukan” saat ia akan minum obat. Metode ini dapat membuat anak tak terlalu memikirkan rasa dan bau obat yang ada dihadapannya, sehingga obat pun bisa dikonsumsi dengan baik olehnya.

Selain dengan TV, bunda juga bisa membacakan dongeng pada si kecil. Salah satunya dengan cerita tentang pesawat yang digambarkan dengan sendok dan obat yang akan masuk ke terowongan yaitu mulut si kecil. Anda bisa memperagakan pesawat yang berputar-putar terlebih dahulu, kemudian masuk ke dalam terowongan. Sehingga hasilnya, obat dalam sendok bisa masuk ke dalam mulut si kecil tanpa paksaan.

Main dokter-dokteran

Ajak anak untuk main dokter-dokteran sebelum ia minum obat, namun setelah anda memberikan penjelasan mengenai peran dokter dan pentingnya minum obat. Ketika bermaib, gunakan boneka yang ia suka sebagai pasin sakit yang harus diobati, kemudian jadikan anak sebagai seorang dokter yang harus memeriksa pasien dan memberikan obat. Secara tidak langsung anak akan mengerti dan bisa mengambil keputusannya sendiri tentang pentingnya minum obat. Ia pun nantinya akan bisa minum obat dengan senang hati tanpa paksaan.

Beberapa Tips Cara Agar Anak Mau Minum Obat Saat Sakit diatas bisa menjadi rekomendasi terbaik dari dokter maupun bidan bagi bunda yang merasa kesulitan menghadapi sang buah hati yang susah minum obat ketika mereka sakit.

Citra Dewi Amd.Keb - September 20, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Pantangan makanan setelah sunat

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Theresia Tina

Selamat siang bu bidan, maaf mau bertanya mengenai susah makan yang saya alami saat ini. Kenapa ya bawaan mau makan itu susah, rasanya mual dan mau muntah. Hal itu tidak terjadi hanya satu kali, melainkan sering. Saat ini usia kandungan saat menginjak 3 bulan.

Bagaimana langkah yang sebaiknya saya lakukan bu bidan ?? saya takut bayi dalam kandungan saya tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Mohon saran dan jawabannya bu

Dijawab Oleh : Theresia Tina
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni
Diskusi Dari:
Anonymous

Malam bu,bulan kemarin saya melakukan pemeriksaan usg dan diketahui usia kandungan sy sudah 10minggu.hari ini jadwal saya melakukan pemeriksaan lagi di usia kehamilan 14minggu.yg ingin sy tanyakan apakah harus melakukan usg lagi atau tidak?terimakasih

Dijawab Oleh :