Tips Cara Cepat Hamil Setelah Kuret dan Keguguran

Anda pernah mengalami peristiwa yang menyedihkan saat mempertahankan kehamilan hingga akhirnya harus mengalami kejadian dimana janin tidak mampu dipertahankan dan dokter menyarankan anda harus dikuret? Pasti anda akan sangat sedih dan trauma. Kuretase merupakan kejadian yang sangat dikhawatirkan seorang wanita. Apalagi jika ia sudah lama mendambakan kehamilan.

Tubuh wanita sebenarnya siap untuk hamil lagi setelah keguguran karena kadar hormon sedang berada pada tingkat tertinggi, sehingga infertilitas berkurang dan kesuburan meningkat. Namun, demi menjaga kebugaran tubuh dan mengurangi kemungkinan keguguran kedua, banyak faktor yang menyarankan untuk menunggu setidaknya satu siklus menstruasi yang teratur untuk meningkatkan kemungkinan hamil dan mempertahankan kehamilan.

Sebagian ada juga yang menyarankan untuk menunggu sampai enam bulan untuk meningkatkan kemungkinan hamil tanpa komplikasi. Sebuah studi terbaru juga mengungkapkan bahwa wanita bisa segera hamil setelah dikuret, jadi tanpa harus menunggu masa hingga enam bulan. Alasannya adalah karena secara fisik, tubuh dan rahim anda hanya membutuhkan sekitar 1-3 bulan untuk memulihkan keadaannya dan siap menerima kehamilan berikutnya.

Beberapa Tips Cara Cepat Hamil Setelah Kuret atau Keguguran, diantaranya:

Rutin Berolahraga
Olahraga tentu juga berperan dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Selain itu dengan melakukan olahraga yang rutin dapat membantu anda mempercepat kehamilan. Meskipun begitu, dalam berolahraga kita dianjurkan untuk tidak berlebihan. Sebaiknya lakukan olahraga ringan dengan rutin seperti berjalan cepat selama setengah jam lima kali dalam satu minggu.

Berhubungan Seksual Diwaktu Yang Tepat
Ketika ovarium melepaskan sel telur maka itu adalah masa subur untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui masa subur anda.

Hindari Stress
Stress bisa merusak cara kerja dan keseimbangan hormon yang mengontrol ovarium untuk melepas sel telur (ovulasi atau masa subur). Hasilnya ovulasi anda menajdi terlambat atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Lakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh dan pikiran anda menjadi rileks.

Batasi Minuman Berkafein
Minuman berkafein seperti teh, kopi, minuman bersoda, dan minuman berenergi. Menurut sebuah penelitian minuman mengandung kafein dapat memperlambat kehamilan pada seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein jika anda sedang merencanakan kehamilan.

Konsumsi Makanan Penyubur Kandungan
Mengkonsumsi makanan penyubur kandungan seperti daging rendah lemak, ikan, tumbuh-tumbuhan berpotein seperti kacang dan biji-bijian, karbohidrat kompleks, makanan mengandung zinc seperti telur, tiram, daging sapi serta perbanyak konsumsi susu.

Konsumsi Obat-obatan Khusus
Setelah keguguran, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang bisa vepat hamil kembali. Obat-obatan tersebut seperti antibiotik, antidepresan, atau vitamin. Minumlah obat tersebut sesuai anjuran dokter dan jangan berhenti tanpa seizin dokter. Anda juga sebaiknya mengkonsumsi asam folat secara teratur pada trisemester pertama untuk membantu perkembangan sistem saraf janin yang baik.

Cek Ke Dokter atau Bidan
Dokter atau bidan akan memeriksa kondisi anda dan melakukan perawatan jika anda mengidap kondisi tertentu. Selain itu, anda juga bisa konsultasi ke tanya bidan untuk menanyakan berbagai hal mengenai kehamilan.

Jika anda benar-benar menginginkan kehamilan secepatnya ada baiknya melakukan beberapa tips diatas. Dan selalu berpikir positif, percayalah anda masih memiliki kesempatan untuk segera hamil dan memiliki si buah hati.

Citra Dewi Amd.Keb - August 1, 2016
Diskusi Dari:
Ratu

Selamat malam bu bidan,
Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

Dijawab Oleh : Ratu
Diskusi Dari:
Della Aprita

Pagi dok. Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 7 bulan. Saat ini anak saya sering kali mengeluarkan darah dari bagian hidungnya yang disertai dengan panas dan juga mata merah. Terusterang saya sebagai orang tua merasakan khawatir dengan keadaan anak saya yang masih balita ini. Kalau boleh tau ini itu jenis gejala penyakit apa ya dok? Tolong berikan penjelasannya, terimakasih.

Perlu Jawaban

Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Rennym

Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

Dijawab Oleh : Rennym
Diskusi Dari:
Santana jaya

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

Dijawab Oleh : Santana jaya