Tips Cara Mencegah Agar Tidak Keguguran Saat Hamil Muda

Disaat usia hamil muda dengan ekstra dalam menjaga dan merawat kandungan. Karena janin yang masih muda sangat rentan sekali keguguran yang disebabkan oleh berbagai hal mulai dari gaya hidup, pola makan dan juga salah satu faktor ketidaksengajaan.

Perlu anda ketahui gejala awal keguguran seperti hilangnya ciri-ciri kehamilan seperti payudara menegang, pusing menyerang dan tubuh terasa berat dan lelah, nyeri dibagian tengah perut semakin parah terus menerus dari hari ke hari. Kontraksi yang terlalu sering mulai dari usia kandungan yang tak semestinya disertai perut yang mulas dan kaku atau tegang. Terjadi cukup banyak perdarahan seperti saat menstruasi akan menghabiskan lebih dari dua pembalut dalam waktu satu jam dan berturut-turut selama tiga hari bercak darah keluar biasanya terjadi karena keguguran.

Berikut tips cara mencegah agar tidak terjadi keguguran saat hamil muda:

Istirahat yang cukup
Sebaiknya istirahat yang cukup dapat menghindari ibu hamil dari kelelahan dan aktivitas fisik yang berat.

Bisa mengendalikan stress

Saat hamil muda tidak banyak yang mengalami stress, kondisi stress tersebut bisa membuat anda tidak nafsu makan, perut menjadi kosong sehingga anda akan merasa lemas dan membahayakan janin dalam kandungan.

Menghindari penyakit anemia

Jangan sampai terkena, bahaya penyakit anemia saat hamil bisa menyebabkan anda pusing bahkan pingsan sehingga akan rentan terjatuh dan perutnya terbentur.

Dilarang mengkonsumsi sembarang obat
Jangan mengkonsumsi obat-obatan yang dilarang selama kehamilan karena kandungan didalam obat kimia tersebut sangat tinggi sehingga membuat janin keguguran kecuali mengkonsumsi obat yang telah diberikan dengan resep dokter.

Harus banyak mengkonsumsi asam folat

Akibat dari kekurangan asam folat pada ibu hamil bisa menyebabkan janin keguguran bahkan bisa menyebabkan janin mengalami kecacatan dan janin tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Hindari asap rokok
Sebaiknya ibu hamil menghindari asap rokok sebab menjadi perokok pasif sama berbahayanya dengan perokok yang aktif.

Apapun penyebabnya, anda tetap harus menjaga kandungan jangan sampai mengalami keguguran karena jika anda keguguran, banyak dokter yang mengharuskan untuk menunggu paling sebentar selama 3 bulan dan paling lama selama 6 bulan agar anda bisa program hamil kembali. Karena untuk memulihkan kondisi rahim menjadi normal dan jika dipantang, rahim akan semakin luka dan cidera. Harus selalu rutin periksa dan konsultasi ke bidan atau dokter kandungan agar kehamilan anda tetap sehat dan terjaga.

Citra Dewi Amd.Keb - September 19, 2016
Diskusi Dari:
Risky nur

Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

Dijawab Oleh : Risky nur
Diskusi Dari:
Rennym

Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ivie Suci

Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Rani Anggraeni

Sore bu bidan.
Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Bu bidan saya mau bertanya, anak saya usianya 1,5 tahun, dia sering sekali terkena pilek. Bahkan anak saya sering sekali ingusan yang membuatnya tidak nyaman karena mungkin sulit bernapas. Apakah hal ini wajar ?

Dijawab Oleh :