Tips Cara Mengatasi Morning Sickness, Rasa Mual Dipagi Hari

Tanya Bidan – Bagi sebagian wanita hamil ada yang mengalami mual dan muntah, khususnya di awal awal bulan kehamilannya. Pada umumnya ibu hamil akan merasa mual saat pagi hari dan bahkan bisa terjadi sepanjang hari. Diawal kehamilan memanglah ibu hamil akan mengalami penciuman yang lebih peka sehingga sering kali ibu hamil yang mencium sesutau yang menusuk hidungnya dan bahkan bisa menimbulkan mual dan muntah.

Kondisi seperti ini yang dialami oleh wanita diawal kehamilan sering menjadi tanda tanda kehamilan. Untuk mual dan muntah yang dialami selama kehamilan selain karena didorong adanya kepekaan penciuman bisa terjadi juga karena hormon kehamilan.

Mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil terjadi juga karena adanya hormon yang meningkat selama kehamilan. Hormon estrogen yang juga berpengaruh banyak dikeluarkan oleh ibu hamil dipagi hari.  

Meskipun rasa mual dan muntah yang kerap kali dialami oleh ibu hamil, merupakan suatu hal yang wajar namun apabila terjadi mual dan muntah yang parah maka dapat mengindikasi gangguan kesehatan ibu dan janin, hal ini membutuhkan penanganan segera. Dan berikut ini adalah tanda mual dan muntah yang berbahaya :

  1. Ketika sering berkemih dan dengan jumlah urine yang sedikit
  2. Mengalami lemah, lesu dan juga tidak dapat beraktifitas
  3. Mengalami mual dna juga muntah seetlah makan sehingga asupan nutrisi tidak didapatkan ibu hamil.

Tips Cara Mengatasi Rasa Mual Dan Muntah Dipagi Hari
Mual dan muntah yang nyatanya sering dan juga menggangu kesehatan ibu hamil tentunya harus ditangani karena seorang ibu hamil harus bisa mempertahankan nutrisi untuk dirinya dan juga janin. Dan bagaimana cara kita mengatasinya ? Berikut adalah tipsnya

  • Makanlah sedikit sedikit namun lebih sering
    Seorang ibu hamil akan jauh lebih baik apabila sedikit demi sedikit ketika makan, namun dalam frekuensi yang sering. Cara ini akan membantu anda mempermudah guna menjaga asupan nutrisi bagi janin. Dengan makan dalam porsi yang kecil akan lebih masuk dalam tubuh yang lebih banyak. Hal ini juga akan membantu nutrisi lebih terserap dengan baik oleh tubuh, ibu hamil juga akan jauh lebih baik apabila mengkonsumsi buah dan sayuran.
  • Mengambil Jeda Saat Sarapan
    Seorang ibu hamil yang sedang berusaha mengurasi rasa mual dan muntah, sebaiknya beranjak dari tempat tidur diberi jeda. Dengan cara ini akan membantu mengurangi rasa mual dipagi harinya. Bahkan pada saat bangun dari tempat tidur rasa mual yang anda alami dapat diatasi dengan anda mengambil cemilan atau biskuit.
  • Hindari Makanan yang Bisa Menimbulkan Gas
    Makanan yang ternyata mengandung gas, seperti halnya nangka, durian, kol, makanan fermentasi dan juga sawi hijau tentunya mengandung gas sehingga ibu hamil yang memiliki masalah dengan asam lambung ini tentunya harus menghindari makanan tersebut selama masa kehamilan.

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda coba guna mengatasi rasa mual dan muntah dipagi hari selama kehamilan. Semoga informasinya menginspirasi dan membantu.

Baca Juga : Morning Sickness Selama 9 Bulan Hamil Bisa Picu Kematian

Citra Dewi Amd.Keb - January 2, 2017
Diskusi Dari:
Siti Rohmah

Selamat pagi,
Saya seorang ibu menyusui dan saat ini saya sering mengeluh nyeri tulang belikat sebelah kanan ketika mengambil napas dalam-dalam. Dan akhir-akhir ini kebetulan saya juga memiliki masalah pada lambung. Apakah nyeri tulang belikat tersebut disebabkan karena masalah lambung? Dan apa obat yang aman untuk ibu menyusui saat ini?

Dijawab Oleh : Siti Rohmah
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat pagi,

saya hidayat,
istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

karena saya saat ini sedang keluar kota
dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

mohon jawabannya Ibu Bidan

salam,
hidayat

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman