Tips Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Yang Aman

Tips Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Yang AmanBidan Online,- Masalah sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu keluhan ibu hamil yang banyak di rasakan. Dikeahui 50% ibu hamil mengalami masalah sembelit. Sembelit terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Susah buang air besar yang banyak di keluhkan ibu hamil ini dapat muncul akibat dari perubahan hormon pada saat hamil. Dimana hormon progesteron mengalami peningkatan saat hamil yang menyebabkan fungsi kerja sistem pencernaan melambat.

Masalah sembelit memang bukan hal yang membahayakan namun jika muncul berkepanjangan tentunya harus segera diatasi. Penyebab lainnya dari sembelit pada ibu hamil yaitu akibat dari tekanan janin pada lambung juga rahim. Adapun beberapa cara mencegah sembelit pada ibu hamil yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan tinggi serat, jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan dengan rajin minum air putih yang cukup, olahraga ringan secara rutin, juga kurangi asupan zat besi.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi sembelit yang aman pada ibu hamil? Pada saat hamil memang asupan makanan hingga obat-obatan tidak boleh di konsumsi secara sembarangan karena dapat berdampak bagi kesehatan janin. Nah untuk para ibu hamil yang mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar berikut ini cara untuk mengatasinya.

Jus prem hangat

Untuk ibu hamil yang mengalami masalah dengan sembelit dan bingung bagaimana cara untuk mengatasinya anda boleh mencoba jus prem hangat. Jus prem atau plum diketahui mengandung sorbitol tinggi. Dimana kandungan tersebut bermanfaat sebagai obat pencahar alami yang aman di konsumsi ibu hamil. Konsumsi secara rutin 100 ml jus prem setiap harinya. Anda juga dapat mengkonsumsi buah plum kering jika susah menemukan buah plum segar.

Konsumsi probiotik

Probiotik menjadi cara untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil yang aman. Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan jika probiotik memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi sembelit, namun probiotik ini sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Sebenarnya probiotik merupakan bakteri baik yang dapat menyehatkan usus. Para ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt atau langsung mendapatkannya di apaotek.

Konsumsi buah dan sayur dengan serat tinggi

Kandungan serat memang sangat membantu dalam mengatasi sembelit pada ibu hamil. Kandungan serat tinggi bisa ibu hamil dapatkan dari mengkonsumsi buah san sayur. Beberapa buah dan sayur dengan kandungan serat tinggi yaitu pepaya, stroberi, kismis, mentimun, juga wortel.

Nah itulah beberapa cara mengatasi sembelit atau susah buang air besar pada ibu hamil yang aman. Tentunya para ibu hamil dapat mencoba salah satu fara diatas jika mengalami sembelit yang parah. Namun jika masalah sembelit ibu hamil tidak membaik atau semakin parah maka sangat di sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk penanganan yang lebih tepat.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

Citra Dewi Amd.Keb - May 24, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Assalamualaikum bu bidan.
Sy nikah udah 5bulan tapi blom d kasih” momongan apa karna sy setiap abis hubungan sama suami lalu bak sperma ikit kluar ?? Itu Normal ataw gg ya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Tika

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit perut oh ya saya sedang hamil 7 bulan apakah hal ini normal atau berbahaya. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Anonymous

sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Ramadhan

Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

Dijawab Oleh : Ramadhan