Tips Cara Merawat Bayi Kembar dengan Benar

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Mungkin di antara anda ada yang ingin melahirkan bayi kembar atau memang baru-baru ini mendapatkan anugerah melahirkan bayi kembar. Apalagi jika bayi kembar tersebut berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Anda pun harus merawat keduanya dengan cara yang cukup berbeda dari cara yang selama ini diterapkan untuk bayi-bayi pada umumnya, (bukan kembar).

    Walaupun persiapan yang cukup matang telah anda siapkan untuk menantikan kehadiran bayi kembar yang akan dilahirkan, terutama kesiapan mental, fisik, dan finansial yang ekstra, anda juga jangan melupakan cara yang tepat untuk mengurus kedua bayi anda tersebut sampai ia tumbuh besar. Untuk membantu para bunda dan ayah yang mungkin merasa kesulitan dalam mengurus bayi kembar, anda bisa ikuti beberapa tips cara merawat bayi kembar dengan benar yang direkomendasikan para bidan berikut ini dilihat dari berbagai hal, di antaranya :

    Memandikan

    Memandikan bayi menjadi salah satu kegiatan yang cukup merepotkan bagi para bunda, apalagi bunda harus memandikan kedua buah hatinya secara bersamaan. Namun, para pakar kesehatan menyarankan untuk memandikan bayi anda secara bergantian atau bergiliran pada usia anak 0-6 bulan, karena tubuhnya masih rentan. Selain itu, anda bisa meminta bantuan suami atau sanak saudara untuk membantu memegang sang buah hati agar ia bisa dimandikan dengan benar. Ketika mereka sudah mulai bisa duduk, baru anda bisa memandikan keduanya bersamaan.

    Mengganti baju

    Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah ketika mengganti pakaian si kecil. Pastikan jika pakaian, kosmetika (jika perlu), handuk, dan perlengkapan lainnya telah anda siapkan sebelum memandikan. Persiapan ini tentu akan memudahkan anda menggantikan baju anak, terutama jika bayi anda mudah rewel. Anak kembar tak harus selalu memakai pakaian yang sama yah.

    Menyusui

    Memberikan ASI eksklusif pada bayi penting untuk anda lakukan. Jika diperlukan, anda mungkin bisa menyiapkan ASI perah yang bisa dibutuhkan secara tiba-tiba. Selain itu, anda juga bisa menggunakan 2 bantal untuk menopang tubuh kedua bayi anda agar bisa menyesuaikan posisi yang nyaman ketika menyusui.

    Makanan pendamping ASI

    Saat anak usia 6 bulan, anda sudah mulai bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk si kecil. Anda bisa siapkan 2 piring makanan (porsi bayi) untuk melihat porsi makan mereka. Selain itu, anda pun bisa menyuapi mereka berdua secara bergantian atau memanggil suami dalam membantu memberikan makan untuk kedua buah hati. yang perlu anda ingat adalah, berusahalah untuk selalu memberikan makanan yang menyenangkan agar mereka bisa makan dengan lahap.

    Stroller

    Stroller atau roda bayi tentu akan anda butuhkan untuk bayi kembar agar bisa anda bawa kemanapun, karena tak mungkin jika anda harus menggendong kedua buah hati anda tersebut. Anda pun harus memilih jenis stroller khusus bayi kembar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa memberikan kenyamanan pada si kecil.

    Ketika kedua buah hati sudah tumbuh, berikan mereka kesadaran bahwa mereka merupakan 2 orang yang sama, namun memiliki beberapa perbedaan yang perlu dimengerti juga, seperti hobby, kekuatan mental, kecerdasan, juga ketahanan tubuh.

    Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat atau mengurus bayi kembar yang selama ini dianggap merepotkan ketika ia masih kecil, namun akan terlihat menarik dan cute ketika mereka mulai tumbuh besar. Jangan sampai anda salah dalam melakukan perawatan bayi kembar, karena ini berkaitan pula dengan pertumbuhan, perkembangan, maupun kesehatannya mereka.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - October 25, 2016
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    Dijawab Oleh : Ramadhan
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
    Diskusi Dari:
    Alwia

    Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

    Dijawab Oleh : Alwia
    Diskusi Dari:
    arinagustin

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : arinagustin
    Diskusi Dari:
    Ratna Fitria Febriani

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

    Perlu Jawaban