Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Tanya Bidan,- Kesehatan reproduksi wanita ialah hal paling penting yang harus diperhatikan. Namun tidak semua wanita mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Tidak hanya cukup dengan mengetahuinya saja, tapi anda harus menjaga kesehatan reproduksi wanita supaya terhindar dari gangguan kesehatan reproduksi wanita seperti endometriosis, kanker pasa sistem reproduksi, menstruasi tidak teratur dan sebagainya. Berikut ini adalah tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang harus anda ketahui.

Beberapa Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Membersihkan area kewanitaan

Salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah membersihkan area kewanitaan sesudah buang air kecil ataupun air besar dengan menggunakan air yang bersih.

Ganti celana 2 kali dalam sehari

Usahakan ganti celana dalam 2 kalai dalam sehari, terlebih bila celana dalam anda basah maka segera ganti celana dalamnya. Karena bila terus memakai celana dalam yang basah makadapat menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan dalam organ reproduksi wanita.

Mengeringkan organ reproduksi

Bila sudah Buang air besar ataupun buang air kecil sebaiknya mengeringkan organ reproduksi anda , tapi jangan menggunakan tisyu karena zat pemutih dapat menempel pada organ reproduksi anda dan tentu sangat berbahaya. Sebaiknya gunakan handuk untuk mengerikannya.

Membasuh organ reproduksi wanita yang benar

Mungkin bagi sebagian orang masih salah saat membasuh kemaluannya, yang justru dapat menyebbakan gangguan masalah kesehatan kelamin. Nah, cara membasuh kemaluan yang benar adalah dari depan ke belakang.

Rajin mengganti pembalut saat menstruasi

Usahakan untuk mengganti pembalut saat menstruasi, terlebih bila darah mentruasi sudah penuh pada pembalut sebaiknya ganti pembalut anda. Karena jika tidak diganti, maka dapat menyebabkan iritasi, gatal dan timbul rasa panas pada kemaluan anda.

Selain itu juga, harus menjaga kesebersihan organ intim anda saat menstruasi, sebab jika tidak benar membersihkan organ intimnya , maka dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri pada organ intim anda.

Menjaga berat badan ideal

Bila anda memiliki berat badan yang ideal maka terhindar dari cairan vagina berlebihan. Oleh karena itu atur pola makan agar berat badan anda ideal.

Memeriksakan alat reproduksi wanita secara rutin pada dokter

Usahakan untuk memeriksakan alat reproduksi anda kepada dokter, sehingga andapun akan mengetahui masa subur dan apakah terkena penyakit kelamin atau tidak. Jadi sangat penting untuk memeriksakan alat reproduksi.

Demikian informasi mengenai tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Jangan hanya peduli dengan penampilan luar saja , tapi juga harus peduli dengan penampilan dalam salah satunya anda harus menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Citra Dewi Amd.Keb - June 16, 2016
Diskusi Dari:
Indri Ekawaty

Selamat pagi ibu bidan, saya sedang hamil usia 7 bulan, kok saya sering merasa perut saya tegang dan debaynya bergerak tapi saat debaynya gerak di vagina saya terasa ngilu, apakah itu bisa dbilang kontraksi palsu? Mohon penjelasannya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dessi Yudha Arisandy

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih

Dijawab Oleh : Dessi Yudha Arisandy
Diskusi Dari:
ANGGUN

Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat saya dalam keadaan sadar atau bahkan ketika sedang bermimpi. Bagaimana cara menyembuhkannya bu ? Saya merasa terganggu dengan kondisi seperti ini dan tolong segera dijawab ya. Terima kasih bu bidan.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

Dijawab Oleh :