Tips Dasar Mengasuh Anak Supaya Pintar dan Aktif

Tanya bidan,- Anak menjadi sebuah harapan bagi kedua orang tua untuk bisa tumbuh dengan baik, sehat dan cerdas. Namun, hal ini tentunya sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitarnya, terutama orang tua. Orang tua menjadi dasar pembentukan kepribadian si anak, agar anak bisa tumbuh jadi pintar dan cerdas, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Dan berikut dibawah ini tips dasar mengasuk anak supaya pintar dan aktif.

Tips Dasar Mengasuh Anak Supaya Pintar dan Aktif

Gunakan jari telunjuk
Menurut penelitian yang dipublikasikan di Infant Behavior & Development, balita bisa lebih cepat belajar dan memahami bahasa ketika orang tua menunjuk objek sambil menyebutkan namanya. Hal ini dapat membantu mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak, selain itu Anda juga dituntut untuk menggunakan gaya bahasa tubuh yang jelas dalam membicara atau bermain bersama buah hati Anda.

Saat berbicara, gunakan intonasi tinggi
Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Boston University, berbicara dengan bayi menggunakan tata bahasa yang disederhanakan dan intonasi tinggi yang dilebihkan bisa membantu meningkatkan kemampuannya mengingat kata lebih baik daripada jika diajak bicara dengan cara datar.

Biarkan anak-anak makan sendiri
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Developmental Science, balita yang membuat makanannya berantakan itu bisa mengembangkan kemampuan berbahasanya lebih cepat daripada yang tidak suka bikin berantakan. Hal ini dikarenakan anak-anak bisa belajar sesuatu dari kegiatan mereka yang suka membuat makanan berantakan.

Jangan langsung memberikan yang anak minta
Dengan memanjakan anak setiap waktu malam bisa berdampak kurang baik. Ajarkan anak soal kesabaran dan kemampuan untuk mau menunggu. Dengan demikian, ia akan tumbuh dengan kemampuan kognitif dan akademis yang lebih baik.

Biarkan anak menonton TV
Menonton TV menjadi salah satu kegiatan atau sarana anak untuk belajar sesuatu. Dengan catatan acara yang ditonton memiliki nilai edukatif dan ditonton dalam waktu yang cukup. Selain itu, perlu juga untuk mendampingi anak saat menonton sebuah acara untuk membantu memahami sejumlah kata atau nilai yang diajarkan acara tersebut.

Nah, bunda itulah beberapa tips yang bisa Anda ambil dan coba lakukan pada buah hati untuk menunjang kecerdasan anak. Meski demikian, tetaplah selalu awasi kegiatan anak.

Citra Dewi Amd.Keb - February 9, 2017
Diskusi Dari:
Ivie Suci

Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

Dijawab Oleh : Claudia harapankita
Diskusi Dari:
Marini Sjola Manoppo

Maaf bu bidan saya mau tanya. istri saya hamil 5 bulan dan sering merasakan rasa sakit pada perut, apakah itu tanda gejala penyakit ataukah itu hanya reaksi sang bayi di dalam kandungan ?

Dijawab Oleh : Marini Sjola Manoppo
Diskusi Dari:
Anonymous

Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Rani Anggraeni

Sore bu bidan.
Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

Perlu Jawaban