Tips Dasar Mengasuh Anak Supaya Pintar dan Aktif

Tanya bidan,- Anak menjadi sebuah harapan bagi kedua orang tua untuk bisa tumbuh dengan baik, sehat dan cerdas. Namun, hal ini tentunya sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitarnya, terutama orang tua. Orang tua menjadi dasar pembentukan kepribadian si anak, agar anak bisa tumbuh jadi pintar dan cerdas, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Dan berikut dibawah ini tips dasar mengasuk anak supaya pintar dan aktif.

Tips Dasar Mengasuh Anak Supaya Pintar dan Aktif

Gunakan jari telunjuk
Menurut penelitian yang dipublikasikan di Infant Behavior & Development, balita bisa lebih cepat belajar dan memahami bahasa ketika orang tua menunjuk objek sambil menyebutkan namanya. Hal ini dapat membantu mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak, selain itu Anda juga dituntut untuk menggunakan gaya bahasa tubuh yang jelas dalam membicara atau bermain bersama buah hati Anda.

Saat berbicara, gunakan intonasi tinggi
Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Boston University, berbicara dengan bayi menggunakan tata bahasa yang disederhanakan dan intonasi tinggi yang dilebihkan bisa membantu meningkatkan kemampuannya mengingat kata lebih baik daripada jika diajak bicara dengan cara datar.

Biarkan anak-anak makan sendiri
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Developmental Science, balita yang membuat makanannya berantakan itu bisa mengembangkan kemampuan berbahasanya lebih cepat daripada yang tidak suka bikin berantakan. Hal ini dikarenakan anak-anak bisa belajar sesuatu dari kegiatan mereka yang suka membuat makanan berantakan.

Jangan langsung memberikan yang anak minta
Dengan memanjakan anak setiap waktu malam bisa berdampak kurang baik. Ajarkan anak soal kesabaran dan kemampuan untuk mau menunggu. Dengan demikian, ia akan tumbuh dengan kemampuan kognitif dan akademis yang lebih baik.

Biarkan anak menonton TV
Menonton TV menjadi salah satu kegiatan atau sarana anak untuk belajar sesuatu. Dengan catatan acara yang ditonton memiliki nilai edukatif dan ditonton dalam waktu yang cukup. Selain itu, perlu juga untuk mendampingi anak saat menonton sebuah acara untuk membantu memahami sejumlah kata atau nilai yang diajarkan acara tersebut.

Nah, bunda itulah beberapa tips yang bisa Anda ambil dan coba lakukan pada buah hati untuk menunjang kecerdasan anak. Meski demikian, tetaplah selalu awasi kegiatan anak.

Citra Dewi Amd.Keb - February 9, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Rikha Fatimah

Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
maya

Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

Dijawab Oleh : maya
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

Dijawab Oleh :