Tips Ibu Hamil Agar Terhindar Dari Kelahiran Bayi Prematur

Sebagai ibu hamil, salah satu keinginan yang diharapkan kelak adalah melahirkan bayi-bayi yang lucu, sehat, dan cerdas. Namun selain itu, mengharapkan kelahiran yang normal dan tepat waktu.

Akan tetapi tidak jarang karena beragam kondisi, ibu justru melahirkan bayi saat usianya belum cukup. Kondisi ini disebut dengan kehamilan prematur, dimana bayi yang lahir belum tepat menginjak 9 bulan, dan dibawah dari angka tersebut. Yang lebih membuat khawatir ialah tentang mitos-mitos di masyarakat tentang kelahiran bayi prematur.

Namun seperti yang sudah seharusnya, ada baiknya ibu hamil tidak mempercayai dulu mitos-mitos seputar kehamilan dan kelahiran. Sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang berpengalaman di bidangnya.

Jika Anda ingin mencegah bagaimana agar terhindar dari kelahiran bayi prematur, berikut adalah tips yang bisa dipelajari tentang kondisi tersebut.

  • Tips pertama ternyata cukup pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Salah satu tips ibu hamil dalam mencegah kelahiran bayi prematur ternyata dilakukan dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Caranya yaitu dengan menghindari perasaan malas dalam menggosok gigi setelah makan, maupun sebelum tidur selama kehamilan. Dalam hal ini bisa berkaitan karena, seperti penjelasan dari penelitian ilmiah mengungkap bahwa ternyata akibat penyakit gusi yang terjadi pada ibu hamil, justru bisa meningkatkan resiko bayi lahir prematur. Itulah sebabnya sangat penting bagi ibu hamil menjaga kesehatan mulut saat hamil.

  • Tips yang kedua adalah tidak meninggalkan sarapan.

Sarapan sangat penting bukan hanya untuk ibu hamil saja. Dalam penelitian para ahli, beberapa diantaranya tentang kelahiran bayi prematur didasari oleh kebiasaan sarapan ibu yang sering terlewatkan.

  • Tips ketiga adalah vaksin untuk flu.

Maksudnya ketika ibu hamil, mungkin pemberian vaksin untuk flu dirasa tidak perlu. Namun hal tersebut ternyata cukup penting untuk dilakukan, karena akibat dari sakit flu yang terlihat ringan, justru berdampak pada kelahiran bayi prematur dalam beberapa kasus yang terjadi di dunia.

  • Tips keempat, menghindari alkohol dan rokok.

Lagi, masih dalam beberapa penelitian para ahli disebutkan jika ibu hamil sebenarnya cukup aman jika mengkonsomsi wine. Namun, untuk konsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan karena kebiasaan tersebut beresiko membuat kelahiran bayi lebih cepat dari waktunya.

  • Tips kelima, jaga berat badan.

Walaupun dalam kehamilan berat badan semakin naik akibat pertumbuhan janin didalam perut, namun bukan berarti ibu tidak memperhatikan benar, tentang kenaikan berat badan yang ibu hamil alami. Karena apa? Saat berat badan kurang dari batas normal atau terlalu kurus pada saat hamil dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur.

  • Tips keenam, rutin memeriksakan diri ke dokter dan tidak malas minum Vitamin.

Ibu hamil juga sebaiknya rutin untuk melakukan pemeriksaan pada dokter atau bidan yang dipercaya. Hal ini membantu Anda dalam mengontrol kondisi bayi dalam kandungan. Selain itu, ibu juga sebaiknya tidak malas untuk mengkonsumsi Vitamin demia menjaga diri.

  • Tips ketujuh dan yang terakhir adalah pastikan mengkonsumsi air minum yang cukup.

Penyebab lainnya ibu hamil mengalami kelahiran bayi prematur adalah Dehidrasi. Maka dari itu, selama masa kehamilan, sebaiknya ibu jangan malas untuk minum air yang cukup agar terhindari dari kondisi tersebut.

Itu dia selengkapnya, tentang Tips Ibu Hamil Agar Terhindar Dari Kelahiran Bayi Prematur yang terbit hari ini oleh Curhat Bidan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda ya bunda, Salam!

Citra Dewi Amd.Keb - March 24, 2017
Diskusi Dari:
Rhiyad Suhpriatin

Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

Dijawab Oleh : Rhiyad Suhpriatin
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil 17 minggu. Akhir-akhir saya sering sekali merasa sesak napas dan cepat lelah. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah hal tersebut wajar saat hamil?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Riana

saya telat satu bulan tidak haid, tapi pas coba testpack hasilnya negatif.. Apakah ini normal?

Dijawab Oleh : Riana
Diskusi Dari:
Riana

Selamat pagi, saya sedang hamil usia kandungan 27 minggu, dengan usia kandungan saya yang masih muda saya menghawatirkan terjadinya pendarahan. yang ingin saya tanyakan apa penyebab terjadinya pendarahan ? Terimakasih

Perlu Jawaban