Tips Ibu Hamil Melahirkan Normal Dengan Bayi Yang Sehat

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Bagi seorang ibu hamil, hal-hal yang tidak sabar untuk ditunggu lagi adalah saat-saat janin yang selama 9 bulan hidup di dalam tubuh dan bersatu bersama ibu, akhirnya keluar untuk menyapa dunia. Namun, seiring dengan rasa antusias menyambut kelahiran sang bayi, ibu hamil juga memiliki perasaan was-was.

    Hal ini akibat ketakutan yang terjadi tentang bagaimana kondisi ibu saat melahirkan nanti, apakah menemui kesulitan atau sebaliknya. Juga tentang bayi yang lahir apakah akan terlahir sehat dan normal, atau justru kemungkinan yang tidak ingin ibu hamil bayangkan seperti kecacatan dan hal-hal serupa lainnya.

    Oleh karenanya, sedini mungkin sebaiknya seorang wanita sangat penting untuk selalu ingat dalam melakoni pola hidup yang sehat, jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk melangsungkan pernikahan. Jika Anda termasuk calon orangtua yang kelak ingin memiliki bayi Anda terlahir dalam kondisi sehat dan sempurna, ada baiknya mengikuti arahan beberapa Tips Ibu Hamil Melahirkan Normal Dengan Bayi Yang Sehat, yang bisa jadi acuan seperti yang dilansir dari situs kehamilan. Ini dia tips selengkapnya.

    • Penuhi kebutuhan asam folat setiap hari.

    Asam folat diketahui salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah terjadinya kerusakan pada bagian otak dan juga sumsum tulang belakang. Asam folat juga dapat membantu menurunkan resiko kelahiran, bayi cacat seperti bibir sumbing juga juga cacat jantung. Bahkan, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan asam folat juga mampu mengurangi risiko pre-eklampsia.

    Sumber makanan yang memiliki kandungan asam folat dapat ditemukan pada jenis sayuran yang berdaun hijau, kacang-kacangan juga sereal. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, usahakan selalu untuk memasukan jenis-jenis makanan tersebut sedikitnya 400 mcg asam folat setiap harinya.

    • Melakukan vaksinasi.

    Beberapa jenis vaksinasi yang cukup aman, sangat direkomendasikan jika dilakukan saat kehamilan. Dengan adanya vaksinasi, hal ini bisa membuat ibu terlindungi dari berbagai infeksi penyebab kelahiran cacat. Selain itu, vaksinasi juga berguna agar bayi yang lahir akan lebih besar berpeluang dalam keadaan sehat.

    • Berhentilah dengan kebiasaan merokok.

    Kebiasaan merokok sejatinya juga sudah berbahaya untuk kesehatan, terlebih bagi wanita hamil. Jika Bunda adalah seorang perokok saat sebelum hamil, sebaiknya ketika hamil kebiasaan tersebut dihilangkan sepenuhnya. Karena selama masa kehamilan, zat-zat berbahaya dalam rokok dapat berakibat pada kelahiran bayi prematur, bayi lahir dengan bibir sumbing, bahkan mengakibatkan kematian bayi. Tidak hanya perokok aktif, wanita perokok pasif juga akan mengalami hal yang tidak jauh berbeda.

    • Menghindari alkohol.

    Selain merokok, kebiasaan minum-minuman beralkohol juga sebaiknya tidak dilakukan lagi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan alkohol yang mengalir di dalam darah, bisa diteruskan pada bayi melalui tali pusat seperti halnya pengaliran zat nutrisi dari makanan-makanan yang ibu hamil konsumsi. Selain itu tidak ada alasan lain, jika ingin bayi lahir dengan sehat dan melahirkan normal, sebaiknya ikuti anjuran tersebut.

    • Sebisa mungkin mengoptimalkan dengan melindungi diri dari infeksi.

    Beragam jenis infeksi bisa menyerang ibu hamil, dan hal ini tentu saja sangat membahayakan janin serta beresiko menyebabkan bayi lahir dalam keadaan cacat. Infeksi tersebut dapat dicegah dengan cara melakukan kebiasaan mudah seperti mencuci tangan memakai sabun secara teratur. Lalu pastikan ketika memasak untuk makanan yang berbahan daging untuk memastikannya benar-benar matang dan jagalah kebersihan makanan dan tubuh ibu secara menyeluruh.

    • Tetap bekonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan Anda.

    Penting sekali untuk seorang ibu hamil merencanakan pemeriksaan dengan rutin kepada seorang bidan atau dokter kandungan. Dengan cara ini, Bunda bisa terus memantau perkembangan janin serta kontrol kesehatan Anda. Jadi, tiap-tiap ada kondisi yang salah atau gangguan kesehatan entah pada bunda atau janin, akan segera ditangani dan hal ini tentunya mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk terjadi.

    Itu saja, semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi Bunda. Semoga Bunda diberi kelancaraan dalam kelahirannya nanti dan bunda juga mendapatkan buah hati yang senantiasa sehat dan normal. Salam, Curhat Bidan.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - January 26, 2017
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    Dijawab Oleh : Risky nur
    Diskusi Dari:
    Tika

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Dijawab Oleh : Tika
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

    Dijawab Oleh :
    Diskusi Dari:
    Fitriyan Tng

    Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
    Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

    Dijawab Oleh : Fitriyan Tng
    Diskusi Dari:
    Fauzi

    Halo Bu Bidan, saya mau bertanya, bolehkah bayi mandi dengan air dingin ? Sejak umur berapa bayi boleh dimandikan dengan air dingin ?

    Dijawab Oleh : Fauzi