Tips Ibu Hamil Melahirkan Normal Dengan Bayi Yang Sehat

Bagi seorang ibu hamil, hal-hal yang tidak sabar untuk ditunggu lagi adalah saat-saat janin yang selama 9 bulan hidup di dalam tubuh dan bersatu bersama ibu, akhirnya keluar untuk menyapa dunia. Namun, seiring dengan rasa antusias menyambut kelahiran sang bayi, ibu hamil juga memiliki perasaan was-was.

Hal ini akibat ketakutan yang terjadi tentang bagaimana kondisi ibu saat melahirkan nanti, apakah menemui kesulitan atau sebaliknya. Juga tentang bayi yang lahir apakah akan terlahir sehat dan normal, atau justru kemungkinan yang tidak ingin ibu hamil bayangkan seperti kecacatan dan hal-hal serupa lainnya.

Oleh karenanya, sedini mungkin sebaiknya seorang wanita sangat penting untuk selalu ingat dalam melakoni pola hidup yang sehat, jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk melangsungkan pernikahan. Jika Anda termasuk calon orangtua yang kelak ingin memiliki bayi Anda terlahir dalam kondisi sehat dan sempurna, ada baiknya mengikuti arahan beberapa Tips Ibu Hamil Melahirkan Normal Dengan Bayi Yang Sehat, yang bisa jadi acuan seperti yang dilansir dari situs kehamilan. Ini dia tips selengkapnya.

  • Penuhi kebutuhan asam folat setiap hari.

Asam folat diketahui salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah terjadinya kerusakan pada bagian otak dan juga sumsum tulang belakang. Asam folat juga dapat membantu menurunkan resiko kelahiran, bayi cacat seperti bibir sumbing juga juga cacat jantung. Bahkan, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan asam folat juga mampu mengurangi risiko pre-eklampsia.

Sumber makanan yang memiliki kandungan asam folat dapat ditemukan pada jenis sayuran yang berdaun hijau, kacang-kacangan juga sereal. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, usahakan selalu untuk memasukan jenis-jenis makanan tersebut sedikitnya 400 mcg asam folat setiap harinya.

  • Melakukan vaksinasi.

Beberapa jenis vaksinasi yang cukup aman, sangat direkomendasikan jika dilakukan saat kehamilan. Dengan adanya vaksinasi, hal ini bisa membuat ibu terlindungi dari berbagai infeksi penyebab kelahiran cacat. Selain itu, vaksinasi juga berguna agar bayi yang lahir akan lebih besar berpeluang dalam keadaan sehat.

  • Berhentilah dengan kebiasaan merokok.

Kebiasaan merokok sejatinya juga sudah berbahaya untuk kesehatan, terlebih bagi wanita hamil. Jika Bunda adalah seorang perokok saat sebelum hamil, sebaiknya ketika hamil kebiasaan tersebut dihilangkan sepenuhnya. Karena selama masa kehamilan, zat-zat berbahaya dalam rokok dapat berakibat pada kelahiran bayi prematur, bayi lahir dengan bibir sumbing, bahkan mengakibatkan kematian bayi. Tidak hanya perokok aktif, wanita perokok pasif juga akan mengalami hal yang tidak jauh berbeda.

  • Menghindari alkohol.

Selain merokok, kebiasaan minum-minuman beralkohol juga sebaiknya tidak dilakukan lagi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan alkohol yang mengalir di dalam darah, bisa diteruskan pada bayi melalui tali pusat seperti halnya pengaliran zat nutrisi dari makanan-makanan yang ibu hamil konsumsi. Selain itu tidak ada alasan lain, jika ingin bayi lahir dengan sehat dan melahirkan normal, sebaiknya ikuti anjuran tersebut.

  • Sebisa mungkin mengoptimalkan dengan melindungi diri dari infeksi.

Beragam jenis infeksi bisa menyerang ibu hamil, dan hal ini tentu saja sangat membahayakan janin serta beresiko menyebabkan bayi lahir dalam keadaan cacat. Infeksi tersebut dapat dicegah dengan cara melakukan kebiasaan mudah seperti mencuci tangan memakai sabun secara teratur. Lalu pastikan ketika memasak untuk makanan yang berbahan daging untuk memastikannya benar-benar matang dan jagalah kebersihan makanan dan tubuh ibu secara menyeluruh.

  • Tetap bekonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan Anda.

Penting sekali untuk seorang ibu hamil merencanakan pemeriksaan dengan rutin kepada seorang bidan atau dokter kandungan. Dengan cara ini, Bunda bisa terus memantau perkembangan janin serta kontrol kesehatan Anda. Jadi, tiap-tiap ada kondisi yang salah atau gangguan kesehatan entah pada bunda atau janin, akan segera ditangani dan hal ini tentunya mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk terjadi.

Itu saja, semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi Bunda. Semoga Bunda diberi kelancaraan dalam kelahirannya nanti dan bunda juga mendapatkan buah hati yang senantiasa sehat dan normal. Salam, Curhat Bidan.

Citra Dewi Amd.Keb - January 26, 2017
Diskusi Dari:
Tika

Saya mau bertanya kasus mengenai let it ovum.. itu kasus yang seperti apa ya? Ada nama lain nya tidak? Saya cari di google tdk ada

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Rhiyad Suhpriatin

Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
ade

Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

Dijawab Oleh : ade
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
dorthymickle

Selamat pagi, maaf bu bidan saya ingin menanyakan perihal kehamilan saya yang disertai dengan gejala kaki bengkak dan kini usia kehamilan saya menginjal trimester 3. Apakah hal ini wajar dan bagaimana cara mengatasinya ?

Dijawab Oleh : dorthymickle