Tips Ibu Hamil Untuk Program Kehamilan Bayi Kembar

Sebagian besar dari kehamilan yang terjadi pada ibu hamil, pasti diantaranya terdapat kehamilan kembar. Kembar laki-laki, kembar perempuan, atau kembar laki-laki dan perempuan, juga kembar identik yang terlihat sama persis sampai sulit dibedakan.

Bagaimanapun kondisi kehamilan dan kelahiran si buah hati, tentu menjadi hal yang paling dinanti oleh setiap pasangan. Pada bayi-bayi kembar, mungkin Anda sebagai orangtua perlu mempersiapkan persiapan yang lebih matang dan lebih banyak. Walaupun akan terlihat melelahkan, namun kesenangan dan kebahagiaan pasti akan hadir dalam keluarga tersebut.

Jika dulu, kehamilan kembar hanya bisa ditunggu secara kebetulan atau karena keluarga memiliki gen kembar, namun tidak untuk sekarang ini. Seiring berkembangnya teknologi, termasuk dalam bidang kesehatan, mempunyai keturunan kembar termasuk bukan hal yang mustahil. Adalah program bayi kembar, yang bisa diikuti oleh calon ibu, yang menginginkan kehamilannya kelak lahir dengan anak-anak kembar. Bagaimana program tersebut? Apakah ada hal-hal yang bisa berdampak pada resiko dan dampak medis lainnya?

Tentang kehamilan kembar.


Kehamilan kembar, berarti terjadi pada satu sel telur yang telah dibuahi, namun kemudian terbagi menjadi 2 (bisa lebih) embrio. Penyebab kehamilan anak kembar Fraternal yang dibagi menjdidua atau lebih sel telur yang dibuahi di dalam rahim. Pada kehamilan Fraternal ini, masing-masing memiliki ketuban dan plasenta yang terpisang untuk tiap-tiap embrio.

Beberapa faktor alami yang mendukung kehamilan kembar, diantaranya :

  • Faktor genetika.

Faktor genetika (keturunan) adalah faktor umum yang menyebabkan kehamilan kembar. Faktor ini berperan cukup besar jika dikeluarga dalam hubungan sedarah sebelumnya melahirkan anak kembar sehingga tidak menutup kemungkinan untuk memiliki anak kembar nantinya.

  • Memiliki berat badan yang berlebih.

Ternyata pada wanita yang memiliki berat badan lebih dari ideal, mereka lebih memungknkan untuk mendapatkan kehamilan kembar. Hal ini didukung dari penelitian yang dilakukan dari Collage Of Obstetrics Gynecology. Mereka menyatakan jika kehamilan kembar sering terjadi pada masa tubuh lebih dari 30, hanya saja dalam penyataan ini harus juga memiliki sejarah dari keluarga kembar.

  • Usia kehamilan.

Penyebab kehamilan kembar lainnya adalah usia kehamilan. Usia kehamilan dimana pada wanita yang mendapatkan bayi kembar 17% adalah pada para wanita dengan usia diatas 45 tahun. Hanya saja kondisi ini harus dipertimbangkan mengingat pada wanita dengan usia tersebut mengalami resiko lebih rentan terhadap keguguran.

  • Pernah mengalami kehamilan kembar sebelumnya.

Wanita yang pernah mengalami kehamilan kembar akan lebih berisiko besar untuk mendapatkan peluang anak kembar di kehamilan berikutnya dibandingkan pada wanita yang yang belum pernah melahirkan anak kembar.

  • Program bayi kembar.

Jika dulu kehamilan kembar termasuk salah satu keuntungan secara acak jika terdapat keluarga yang hamil kembar maka kemungkinan hamil kembar juga akan lebih besar. Sedangkan saat ini, kehamilan kembar bisa dibantu dengan bantuan teknologi canggih. Program yang dilakukan dinamakan dengan program Fertilitas. Program ini bertujuan untuk menstimulasi terjadinya ovulasi di dalam rahim dan menerapkan bayi tabung sehingga menghasilkan embrio yang lebih dari satu didalam rahim.

Tips Ibu Hamil Untuk Program Kehamilan Bayi Kembar

Tips dibawah ini adalah bentuk cara lainnya agar program kehamilan kembar lebih terupayakan dan terdukung.

1. Mengkonsumsi suplemen Asam Folat.

Jika Anda berkeinginan untuk memiliki bayi kembar, mulaikah untuk meningkatkan konsumsi asam folat karena diketahui dapat memicu proses terbentunya bayi kembar. Memenuhi kebutuhan asam folat selama kehamilan memiliki prosentase 40% apabila wanita (dengan keturunan kembar) mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat.

2. Mengkonsumsi makanan olahan susu.

Pada penelitian yang dilakukan Jewish Medical Center, menyatakan jika dengan mengkonsumsi produk makanan olahan susu seperti Yogurt, ice cream dan keju dapat membantu mendapatkan bayi kembar. Sehingga tidak ada salahnya bagi wanita yang menginginkan bayi kembar untuk memperbanyak konsumsi olahan susu.

3. Menyusui saat hamil.

Wanita yang berpeluang besar mendapatkan bayi kembar adalah wanita  yang hamil ketika menyusui. Bahkan, kemungkinan ini dapat terjadi 9 kali kesempatan untuk mendapatkan anak kembar.

Demikianlah artikel diatas, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Salam, curhat bidan.

Citra Dewi Amd.Keb - July 28, 2017
Diskusi Dari:
Mocil Ngocol

Cara mengatasi disentri dok

Dijawab Oleh : Mocil Ngocol
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Via

ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

Dijawab Oleh : Via
Diskusi Dari:
puji

selamat siang, saya mau bertanya bu, apa bahaya penyakit tifus saat hamil? terima kasih, saya sangat tunggu jawabannya

Dijawab Oleh : puji
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :